Kamis, 20 September 2018 | 13.57 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Setoran Rp5 Juta, Kabid Pemberdayaan Dinsos Simalungun Dalang Pengutipan

Setoran Rp5 Juta, Kabid Pemberdayaan Dinsos Simalungun Dalang Pengutipan

Selasa, 13 Maret 2018 - 09:26 WIB

IMG-54067

Friska Sipayung (Ga/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Uang sebesar Rp5 juta yang telah disetor dan diserahkan melalui Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) semakin menguak karakter mental oknum pejabat Dinas Sosial Simalungun. Bahkan, menunjukkan sikap puas kurang puas.

Arahan dan kewajiban supaya setor ternyata didalangi Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Dinsos Simalungun, Halasan Silitonga.

“Karena, pengakuan TKSK disuruh dan pak Silitonga minta lagi. Kami nggak yakin untuk pengurusan,” beber anggota Kelompok Usaha Bersama (KUBE) asal Kecamatan Panei dan Panombeian Panei, Senin (12/3/2018) sekira jam 09.30 wib.

Diketahui, kali pertama, masing-masing KUBE setor sekira bulan November 2017 lalu. Selanjutnya, TKSK menyerahkan setoran ke Dinsos Simalungun melalui oknum pejabat, Friska Sipayung.

“Kami serahkan ke TKSK. Selanjutnya, TKSK yang menyserahkan ke dinas Sosial Simalungun melalui ibu Friska Sipayung,” sebutnya sembari mengaku takut jika ketahuan telah memberitahu adanya kewajiban setor tersebut.

Selain itu, KUBE mengaku arahan yang mewajibkan setor, setelah bantuan dana ditarik dari Bank. “Setelah kami tarik dari bank, kemudian datang TKSK menyampaikan supaya setor Rp5 juta,” jelasnya.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Simalungun, Frans Togatorop ketika coba ditemui di kantornya, Senin (12/3/2018) sekira jam 11.04 wib tidak berada di tempat.

Tetapi ketika dihubungi melalui telepon selulernya mengaku tidak mengetahui KUBE wajib setor. “Belum tahu saya itu. Saya telusuri dulu ya. Karena, tidak ada saya instruksikan,” ujarnya.

Mantan sekretaris Dinas Pertanian Simalungun itu membenarkan bantuan dana KUBE 2017 sudah direalisasikan. “Dananya sudah dicairkan Kemensos didampingi Dinas Sosial Simalungun. Untuk tahun ini belum ada petunjuk,” ucapnya.

Kabid Pemberdayaan Dinsos Simalungun, Halasan Silitonga ketika konfirmasi perihal itu via seluler, semula mengaku tidak ada. “Tidak ada. Karena, langsung ditransfer ke rekening masing-masing KUBE,” elaknya.

Ketika ditegaskan, masing-masing KUBE menyampaikan setoran setelah ditarik dari bank. Mantan Camat Tanah Jawa justru terdengar melempem. “Nantilah ya, lagi rapat rastra (beras kesejahteraan) di Sidamanik,” ujarnya.

Ditanya berapa total seluruh KUBE se-Kabupaten Simalungun dan siapa, Friska Sipayung, Halasan mengaku sebanyak 30 KUBE. “Di Panei sama Panombeian Panei 10 KUBE. Dia (Friska) anggota saya sebagai kepala seksi,” jelasnya.

Sementara, Friska Sipayung yang coba ditemui mengaku tidak ada menerima dari KUBE. “KUBE mana? Tunjukan saja. Tidak ada saya menerimanya. Inilah Kemensos. Kalau sudah masalah, kami yang disalahkan,” ucap perempuan berkacamata sembari menggelengkan kepalanya. (ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Jalan Dusun Barisan Panjang Butuh Perhatian Pemkab Sergai
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 13:32 WIB

Jalan Dusun Barisan Panjang Butuh Perhatian Pemkab Sergai

Kondisi infrastruktur jalan di Dusun Barisan Panjang, Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan Bandar Khalifa, Serdang Bedagai saat ini rusak parah. ...
Tahanan Polsek Patumbak yang Kabur Ditangkap di Parapat, Mau Lari Lagi, Dorr…!
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 13:25 WIB

Tahanan Polsek Patumbak yang Kabur Ditangkap di Parapat, Mau Lari Lagi, Dorr…!

Setelah hampir sebulan, polisi akhirnya meringkus kembali satu di antara 4 tahanan yang kabur dari sel Mapolsek Patumbak pada 23 ...
BNN RI Amankan 31 Kg Sabu, Barang Bukti Dibawa ke Mako Brimob Tanjungbalai-Asahan
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 12:57 WIB

BNN RI Amankan 31 Kg Sabu, Barang Bukti Dibawa ke Mako Brimob Tanjungbalai-Asahan

Personel Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, telah mengamankan sabu-sabu dari kediaman seorang pria berinisial AD, warga Jalan Al-Watoniah, Kelurahan ...
BNN RI Grebek Rumah di Tanjungbalai, 31 Kg Sabu-sabu Diamankan
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 12:38 WIB
BREAKING NEWS

BNN RI Grebek Rumah di Tanjungbalai, 31 Kg Sabu-sabu Diamankan

Personel Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, dikabarkan telah mengamankan sabu-sabu dari kediaman seorang pria berinisial AD, warga Jalan Al-Watoniah, ...
Finalis Indonesian Idol Asal Medan Jadi Maling Spesialis Pecah Kaca, Katanya Untuk Biaya Pesantren Anak
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 12:08 WIB

Finalis Indonesian Idol Asal Medan Jadi Maling Spesialis Pecah Kaca, Katanya Untuk Biaya Pesantren Anak

Tak tahan hidup miskin, Dede Richo Ramalinggam alias Dede Idol, finalis ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2008 akhirnya nekat alih ...
Istri Bunuh Suami Gara-gara Kurang Jatah Belanja, Terungkap Setelah Ambil Sepeda Motor Titipan di  BSM, Polisi Buru TTM-nya
Metro 24 Jam - Kamis, 20 September 2018 - 11:35 WIB

Istri Bunuh Suami Gara-gara Kurang Jatah Belanja, Terungkap Setelah Ambil Sepeda Motor Titipan di BSM, Polisi Buru TTM-nya

Personel Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan bersama Unit Reskrim PolsGadaek Pancurbatu akhirnya meringkus Chory Kumulia Dewi alias Dewi (25), warga ...