Kamis, 28 Oktober 2021 | 23.50 WIB
Regal Springs
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Setoran Rp5 Juta, Kabid Pemberdayaan Dinsos Simalungun Dalang Pengutipan

Setoran Rp5 Juta, Kabid Pemberdayaan Dinsos Simalungun Dalang Pengutipan

Selasa, 13 Maret 2018 - 09:26 WIB

IMG-54067

Friska Sipayung (Ga/metro24jam.com)

AdvertNative 160×600

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Uang sebesar Rp5 juta yang telah disetor dan diserahkan melalui Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) semakin menguak karakter mental oknum pejabat Dinas Sosial Simalungun. Bahkan, menunjukkan sikap puas kurang puas.

Arahan dan kewajiban supaya setor ternyata didalangi Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Dinsos Simalungun, Halasan Silitonga.

“Karena, pengakuan TKSK disuruh dan pak Silitonga minta lagi. Kami nggak yakin untuk pengurusan,” beber anggota Kelompok Usaha Bersama (KUBE) asal Kecamatan Panei dan Panombeian Panei, Senin (12/3/2018) sekira jam 09.30 wib.

Diketahui, kali pertama, masing-masing KUBE setor sekira bulan November 2017 lalu. Selanjutnya, TKSK menyerahkan setoran ke Dinsos Simalungun melalui oknum pejabat, Friska Sipayung.

“Kami serahkan ke TKSK. Selanjutnya, TKSK yang menyserahkan ke dinas Sosial Simalungun melalui ibu Friska Sipayung,” sebutnya sembari mengaku takut jika ketahuan telah memberitahu adanya kewajiban setor tersebut.

Selain itu, KUBE mengaku arahan yang mewajibkan setor, setelah bantuan dana ditarik dari Bank. “Setelah kami tarik dari bank, kemudian datang TKSK menyampaikan supaya setor Rp5 juta,” jelasnya.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Simalungun, Frans Togatorop ketika coba ditemui di kantornya, Senin (12/3/2018) sekira jam 11.04 wib tidak berada di tempat.

Tetapi ketika dihubungi melalui telepon selulernya mengaku tidak mengetahui KUBE wajib setor. “Belum tahu saya itu. Saya telusuri dulu ya. Karena, tidak ada saya instruksikan,” ujarnya.

Mantan sekretaris Dinas Pertanian Simalungun itu membenarkan bantuan dana KUBE 2017 sudah direalisasikan. “Dananya sudah dicairkan Kemensos didampingi Dinas Sosial Simalungun. Untuk tahun ini belum ada petunjuk,” ucapnya.

Kabid Pemberdayaan Dinsos Simalungun, Halasan Silitonga ketika konfirmasi perihal itu via seluler, semula mengaku tidak ada. “Tidak ada. Karena, langsung ditransfer ke rekening masing-masing KUBE,” elaknya.

Ketika ditegaskan, masing-masing KUBE menyampaikan setoran setelah ditarik dari bank. Mantan Camat Tanah Jawa justru terdengar melempem. “Nantilah ya, lagi rapat rastra (beras kesejahteraan) di Sidamanik,” ujarnya.

Ditanya berapa total seluruh KUBE se-Kabupaten Simalungun dan siapa, Friska Sipayung, Halasan mengaku sebanyak 30 KUBE. “Di Panei sama Panombeian Panei 10 KUBE. Dia (Friska) anggota saya sebagai kepala seksi,” jelasnya.

Sementara, Friska Sipayung yang coba ditemui mengaku tidak ada menerima dari KUBE. “KUBE mana? Tunjukan saja. Tidak ada saya menerimanya. Inilah Kemensos. Kalau sudah masalah, kami yang disalahkan,” ucap perempuan berkacamata sembari menggelengkan kepalanya. (ga)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Rumah Sekaligus Bengkel Sepedamotor di Jalan Bakaran Batu Lubukpakam Terbakar

Rumah Sekaligus Bengkel Sepedamotor di Jalan Bakaran Batu Lubukpakam Terbakar

Rumah salah seorang warga di Jalan Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang ludes terbakar, Kamis (28/10/2021) sekira pukul 18.00 ...
Pelaku Pemerkosaan di Aceh Utara Diciduk Polisi, Korban Diancam Rekaman Mesum Akan Disebarkan

Pelaku Pemerkosaan di Aceh Utara Diciduk Polisi, Korban Diancam Rekaman Mesum Akan Disebarkan

Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Aceh Utara, meringkus 2 pelaku pemerkosaan terhadap anak di bawah umur. Kedua tersangka, masing-masing SY ...
Oknum Perangkat Nagori Bandar Siantar Disebut Bantu Urus Identitas Palsu DPO Kasus Curanmor

Oknum Perangkat Nagori Bandar Siantar Disebut Bantu Urus Identitas Palsu DPO Kasus Curanmor

Penyebab kematian seorang terduga pelaku pencurian sepedamotor yang sempat dipertanyakan, menyeret banyak pihak dan menyisakan banyak cerita bagi warga Nagori ...
Sarang Narkoba di Kelurahan Banjar dan Karo Digrebek, 3 Pengedar Sabu dan Ganja Diciduk

Sarang Narkoba di Kelurahan Banjar dan Karo Digrebek, 3 Pengedar Sabu dan Ganja Diciduk

Selama 2 hari 'mengendap' melakukan penyelidikan, personel Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar menggerebek 'sarang narkoba' di Kelurahan (Kampung) Banjar ...
Polisi Lhokseumawe Ringkus 3 Pengedar Sabu-sabu, Lebih 2 Kilogram Disita

Polisi Lhokseumawe Ringkus 3 Pengedar Sabu-sabu, Lebih 2 Kilogram Disita

Satuan Reserse Narkoba Polres Lhokseumawe berhasil meringkus tiga pengedar sabu dari Kecamatan Muara Batu dan Samudera selama 2 pekan terakhir. ...
Tugas Khusus BPJS Kesehatan dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Tugas Khusus BPJS Kesehatan dalam Penanganan Pandemi Covid-19

BPJS Kesehatan menggelar kegiatan Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2021. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan ...
MGID

Loading…


Awie
Horas Laundry
AdvertNative 320 x 200