Kamis, 20 September 2018 | 03.09 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Fatimah Siregar, Cuap-Cuap Soal Tol & Pariwisata

Fatimah Siregar, Cuap-Cuap Soal Tol & Pariwisata

Selasa, 13 Maret 2018 - 09:22 WIB

IMG-54065

Rapat Komisi I DPRD Siantar dengan Kadis Pariwisata.(Elisbet/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I dan Dinas Pariwisata Siantar, Senin (12/3/2018), sejumlah anggota DPRD Siantar mempertanyakan proyek jalan tol yang saat ini menjadi program pemerintah pusat.

Terkait hal itu, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Siantar, Fatimah Siregar menjelaskan, dia sudah berkoordinasi dengan Kementrian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk membahas nasib Kota Siantar.

Dalam rapat tersebut, Fatimah menyebutkan, Kota Siantar menjadi simpul penting dalam pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke, Danau Toba dan Bandara Silangit.

“Jadi kita jelaskan di sana. Karena kita jelaskan dari jarak tempuh antara Bandara Silangit ke Danau Toba dan Bandara Kualanamu ke Danau Toba tak ada bedanya,” katanya, seraya menyebut banyak alam yang dapat dinikmati kalau dari Kota Siantar ke Danau Toba.

Terkait sisi ekonomi, dia berkilah Kota Siantar menjadi salah satu kota di Sumut yang memiliki kantor perwakilan Bank Indonesia (BI), menandakan perekonomian di Kota Siantar sangat baik.

“Di Siantar ini juga rumah sakitnya sangat memadai, kemudian dari kulinernya juga sangat baik, dan segala distributor dari makanan itu diambilnya dari Kota Siantar,” terangnya di depan sejumlah anggota Komisi I DPRD Siantar.

Terkait keberagaman penduduknya, Fatimah menjelaskan bahwa Kota Siantar merupakan kota yang paling toleran di Indonesia. “Kalau ada pengunjung datang menanyakan makanan kalau dia berpakaian Muslim orang Siantar sudah tahu mau membawanya kemana, kemudian untuk yang non Muslim ada pangsit yang sudah cukup dikenal,” paparnya.

Fatimah kemudian mendadak menyebut saat ini Kota Siantar menjadi kota penghubung, hal ini terungkap juga pada saat pertemuan pihaknya di kementrian. “Siantar menjadi daerah pengubung atau pintu masuk KEK Sei Mangke dan Danau Toba. Namun untuk pintu tol saya tidak bisa menjelaskan karena itu adalah pekerjaan dari pusat, jadi bukan kapasitas kita menjelaskan,” tuturnya.

Diterangkan Fatimah, terkait hari jadi Kota Siantar nanti akan ada acara yakni Semarak Budaya (Serbu) Kota Siantar yang saat ini dikerjakan oleh Kreasi Anak Siantar (KAS) dari tanggal 23-28 April.

“Di situ nanti akan adakan pertandingan permainan tradisional antar sekolah SD sampai SMP se Kota Siantar, mengadakan kanvas pluralisme dengan menampilkan soal keberagaman di Siantar dan kemilau modren kreatif,” ucapnya.

Dalam acara Kemilau Modern Kreatif akan diisi oleh seluruh komunitas di Kota Siantar yang saat sudah mendaftar sebanyak 13 komunitas. “Jadi saya sudah berbicara dengan Bekraf agar mereka nanti diberikan bantuan dalam bentuk pelatihan dan kebutuhan alat,” tutupnya. (els)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Katanya Cuma Dikasih Jatah Belanja Rp200.000 Tiap Bulan, Bersama TTM Wanita Ini Bunuh Suami
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 20:12 WIB

Katanya Cuma Dikasih Jatah Belanja Rp200.000 Tiap Bulan, Bersama TTM Wanita Ini Bunuh Suami

Polisi akhirnya mengungkap kasus pembunuhan jasad yang ditemukan di perladangan Dusun I, Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang, Jumat (14/9/2018) lalu. ...
Kepergok Gerayangi Rumah Warga, Pemuda Ini Ancam Penghuninya Pakai Obeng, Bonyoklah!
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 19:16 WIB

Kepergok Gerayangi Rumah Warga, Pemuda Ini Ancam Penghuninya Pakai Obeng, Bonyoklah!

Pria satu ini bisa dibilang memang kurang kerjaan. Saat kepergok mencuri di rumah warga, dia malah mengancam sang pemilik. Akibatnya, ...
Distop Polisi Buang Bungkusan Kecil, Pria Ini Terciduk!
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 16:55 WIB

Distop Polisi Buang Bungkusan Kecil, Pria Ini Terciduk!

Satuan Narkoba Polres Siantar menangkap seorang pengendara sepeda motor saat melintas di Jalan Langkat, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, Minggu ...
Polres Siantar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 16:41 WIB

Polres Siantar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018

Polres Pematangsiantar apel gelar pasukan operasi mantap Brata 2018 yang dilaksanakan di Lapangan H Adam Malik, Rabu (19/09/2018) sekira jam ...
Jual Sabu Pakai Catatan, Pengecer Asal Sei Apung Diciduk di Kos-Kosan
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 16:29 WIB

Jual Sabu Pakai Catatan, Pengecer Asal Sei Apung Diciduk di Kos-Kosan

Adriansyah mungkin ingin menjalankan bisnis secara profesional. Semua transaksinya ditulis dalam sebuah block notes alias buku catatan. Sayang, bisnis sabu ...
Bupati dan Pimpinan DPRD Pakpak Bharat Tandatangani Nota Kesepkatan KUA PPAS P-APBD 2018
Metro 24 Jam - Rabu, 19 September 2018 - 16:05 WIB

Bupati dan Pimpinan DPRD Pakpak Bharat Tandatangani Nota Kesepkatan KUA PPAS P-APBD 2018

Bupati Dr Remigo Yolando Berutu MFin MBA, bersama unsur pimpinan DPRD, yaitu Ketua Sonni P Berutu STh, Wakil Ketua Edison ...