Kamis, 16 Agustus 2018 | 11.35 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Terpidana Seumur Hidup Divonis Mati

Terpidana Seumur Hidup Divonis Mati

Kamis, 15 Februari 2018 - 08:55 WIB

IMG-52200

Terdakwa Udo Tohar yang divonis mati. (Reza/metro24jam.com)

PENGADILAN, metro24jam.com – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan menjatuhkan vonis hukuman mati kepada terpidana seumur hidup, Udo Tohar yang terbukti mengendalikan sabu seberat 17 Kg dari Lapas Klas IA Tanjung Gusta, Rabu (14/2/2018).

Dalam sidang yang digelar di Ruang Cakra VII, mejelis hakim yang diketuai oleh Sapril Batubara menyebut ?Udo Tohar terbukti sah dan meyakinkan telah melakukan permufakatan jahat, memiliki dan menguasai narkotika golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram.

“Menjatuhkan hukuman dengan pidana mati,” ucap Sapril Batubara yang membacakan putusan.

Majelis hakim menganggap tidak ada hal meringankan untuk terpidana seumur hidup itu. Sementara hal yang memberatkan, terdakwa mengulangi perbuatan yang sama dan tidak ada merasa menyesal.

Udo Tohar dinyatakan terbukti melanggar pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Vonis yang dijatuhkan sesuai dengan tuntutan JPU, Sindu Hutomo.

Usai mendengar vonis hakim, Udo Tohar keluar ruang sidang dikawal pengawal tahanan (waltha), memarahi wartawan yang memotret. “Apa lagi kalian? Kok foto-foto? Sudah tak usah foto-foto aku lagi,” ucapnya dengan wajah beringas.

Udo Tohar divonis seumur hidup karena terjerat kasus sabu seberat 6 Kg. Ia diamankan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Oktober 2014 lalu. Dari balik penjara, Udo Tohar tetap menjalankan bisnis haramnya hingga akhirnya dipidana mati.

JPU Sindu Hutomo menyebut, lima terdakwa lainnya sudah lebih dulu disidang dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh hakim PN Medan pada 13 Agustus 2016 lalu.

“Julianto bersama empat terdakwa lain berperan sebagai kurir masing-masing bernama Bambang Zulkarnain Sayuti, Sofyan Dalimunthe, Dedy Guntary Panjaitan dan Saiful Amri alias Amat dijatuhi hukuman seumur hidup. Bahkan, ditingkat kasasi mereka juga dihukum seumur hidup,” jelasnya.

Penangkapan terhadap Udo Tohar merupakan pengembangan dari kasus yang menjerat Julianto. Petugas BNN menemukan keterlibatan Udo Tohar setelah melacak nomor hape kurir narkoba 17 Kg yang diperintahkan Julianto untuk membawa sabu.

“Petugas kemudian memeriksa Tohar dan menemukan empat unit hape di selnya. Dari hape ini terbukti keterlibatan Tohar,” tutur Sindu. Seluruh terdakwa dalam kasus narkoba 17 Kg sabu diamankan dari sejumlah tempat di Medan dan Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan pada Mei 2016 lalu. (rez)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Lagi Heboh! Ada Pohon Randu ‘Kencing’ di Rembang
Metro 24 Jam - Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:52 WIB

Lagi Heboh! Ada Pohon Randu ‘Kencing’ di Rembang

Warga Desa Jolotundo, Kecamatan Lasem, Rembang, sejak Selasa (14/8/2018) kemarin dihebohkan fenomena unik. Sebatang pohon randu tiba-tiba bisa menyemburkan air, ...
2 Tahun Berdiri, PT Todo Raka Prawira Semakin Mendapat Kepercayaan Mitra Usaha
BISNIS - Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:14 WIB

2 Tahun Berdiri, PT Todo Raka Prawira Semakin Mendapat Kepercayaan Mitra Usaha

PT Todo Raka Prawira, perusahaan yang bergerak di bidang Eksternal Leasing Mitra Jasa, merayakan HUT ke-2 di Cafe OH 5 ...
Tak ke Laut Utang ‘Mandosak’, Jual Sabu Saufi ke Balik ‘Jarojak’
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:36 WIB

Tak ke Laut Utang ‘Mandosak’, Jual Sabu Saufi ke Balik ‘Jarojak’

Tak ke laut utang mandosak (mendesak). Demikian sepenggal pepatah di daerah pesisir Asahan. Seperti bunyinya, berdalih mencari tambahan, Muhammad Saufi ...
Meninggal Dunia Usai Latihan, Siska Susanti ‘Menunaikan Tugas Pengabdian Sampai Nafas Terakhir’
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:19 WIB

Meninggal Dunia Usai Latihan, Siska Susanti ‘Menunaikan Tugas Pengabdian Sampai Nafas Terakhir’

Kepergiaan Siska Susanti (18), siswi kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Al-Wasliyah, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai, menyisakan duka mendalam bagi keluarga ...
Kasihan…! Pengemudi Betor Ini Tewas Gara-gara Kesetrum Busi
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:11 WIB

Kasihan…! Pengemudi Betor Ini Tewas Gara-gara Kesetrum Busi

Kasihan...! Pria ini meregang nyawa saat memperbaiki becak bermotor miliknya di Jalan Datuk Kabu Pasar III, Desa Tembung, Percut Sei ...
Terkait OTT ASN Inspektorat dan Kades, Inspektur Batubara Diperiksa Selama 3 Jam
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Terkait OTT ASN Inspektorat dan Kades, Inspektur Batubara Diperiksa Selama 3 Jam

Dua orang pejabat Inspektorat diperiksa polisi, menyusul 3 oknum ASN yang terjaring OTT bebearpa waktu lalu. Salah satunya adalah Inspektur ...