Kamis, 16 Agustus 2018 | 11.35 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Dicoret KPU, JR Saragih Resmi Daftarkan Gugatan ke Bawaslu

Dicoret KPU, JR Saragih Resmi Daftarkan Gugatan ke Bawaslu

Rabu, 14 Februari 2018 - 19:36 WIB

IMG-52169

Tim kuasa hukum JR Saragih - Ance Selian usai menyerahkan berkas gugatan ke Bawaslu Sumut. (Arvin/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Pasangan JR Saragih-Ance Selian secara resmi mengajukan gugatan terhadap KPU Sumatera Utara terkait pencoretan keduanya dalam kontestasi Pilgubsu 2018, Rabu (14/2) siang.

Dalam gugatan yang diajukan ke Bawaslu Sumut itu, pasangan yang diusung tiga partai politik tersebut, diwakili tim kuasa hukum yang diketuai Ikhwaludin Simatupang SH.

Seusai mendaftarkan gugatan, ketua tim kuasa hukum pasangan JR Saragih-Ance, Ikhwaluddin Simatupang menjelaskan, pihaknya melayangkan gugatan karena KPU dianggap telah melakukan kesalahan dengan menetapkan JR Saragih-Ance tidak memenuhi syarat (TMS) dengan alasan fotokopi ijazah JR Saragih tidak dilegalisir.

“Kita melakukan gugatan, karena kita telah menyampaikan syarat yang sah untuk menjadi calon gubernur/wakil gubernur. Mereka mengatakan kalau fotolopi ijazah yang tidak dilegalisir karena surat keterangan dari Sekretaris Disdik DKI. Tapi pada kenyataannya kita sudah ada menyerahkan surat keterangan dari Kepala Dinas Disdik DKI,” ujarnya.

Menurutnya, dalam hal ini KPU telah melakukan kesalahan dengan mengambil keputusan berdasarkan surat keterangan dari Sekretaris Dinas Pendidikan DKI.

“Sudah ada surat dari kepala dinas, kenapa keputusan diambil dengan bukti dari surat keterangan Sekretaris. Selain itu, dalam surat yang disampaikan Sekretaris Disdik ke KPU Sumut, jelas kalau nomor ijazah yang diserahkan oleh tim JR Saragih adalah ijazah asli,” tegasnya.

Ketika disinggung apakah ada tindakan dari tim kuasa hukum JR Saragih-Ance untuk melaporkan masalah ini ke DKPP, Ikhwaluddin menegaskan pihaknya masih fokus dengan gugatan ke Bawaslu ini.

“Itu nanti, kalau disini sudah selesai ada kemungkinan kita mengarah ke sana,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan mengatakan, pihaknya sudah menerima gugatan sengketa Pilkada 2018 yang dilayangkan oleh pasangan JR Saragih-Ance.

“Kita sudah terima gugatannya dan akan kita proses dalam 12 hari,” ujar Syafrida.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya akan segera meneliti berkas-berkas gugatan untuk menentukan apakah gugatan ini bersifat pelanggaran administratif, pidana atau kode etik.

“Kita akan lihat dulu berkasnya untuk diteliti apakah pelanggaran yang digugat ini masuk klasifikasi yang mana. Setelah itu baru kita lalukan proses,” tutupnya. (vin)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Lagi Heboh! Ada Pohon Randu ‘Kencing’ di Rembang
Metro 24 Jam - Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:52 WIB

Lagi Heboh! Ada Pohon Randu ‘Kencing’ di Rembang

Warga Desa Jolotundo, Kecamatan Lasem, Rembang, sejak Selasa (14/8/2018) kemarin dihebohkan fenomena unik. Sebatang pohon randu tiba-tiba bisa menyemburkan air, ...
2 Tahun Berdiri, PT Todo Raka Prawira Semakin Mendapat Kepercayaan Mitra Usaha
BISNIS - Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:14 WIB

2 Tahun Berdiri, PT Todo Raka Prawira Semakin Mendapat Kepercayaan Mitra Usaha

PT Todo Raka Prawira, perusahaan yang bergerak di bidang Eksternal Leasing Mitra Jasa, merayakan HUT ke-2 di Cafe OH 5 ...
Tak ke Laut Utang ‘Mandosak’, Jual Sabu Saufi ke Balik ‘Jarojak’
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:36 WIB

Tak ke Laut Utang ‘Mandosak’, Jual Sabu Saufi ke Balik ‘Jarojak’

Tak ke laut utang mandosak (mendesak). Demikian sepenggal pepatah di daerah pesisir Asahan. Seperti bunyinya, berdalih mencari tambahan, Muhammad Saufi ...
Meninggal Dunia Usai Latihan, Siska Susanti ‘Menunaikan Tugas Pengabdian Sampai Nafas Terakhir’
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:19 WIB

Meninggal Dunia Usai Latihan, Siska Susanti ‘Menunaikan Tugas Pengabdian Sampai Nafas Terakhir’

Kepergiaan Siska Susanti (18), siswi kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Al-Wasliyah, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai, menyisakan duka mendalam bagi keluarga ...
Kasihan…! Pengemudi Betor Ini Tewas Gara-gara Kesetrum Busi
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:11 WIB

Kasihan…! Pengemudi Betor Ini Tewas Gara-gara Kesetrum Busi

Kasihan...! Pria ini meregang nyawa saat memperbaiki becak bermotor miliknya di Jalan Datuk Kabu Pasar III, Desa Tembung, Percut Sei ...
Terkait OTT ASN Inspektorat dan Kades, Inspektur Batubara Diperiksa Selama 3 Jam
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Terkait OTT ASN Inspektorat dan Kades, Inspektur Batubara Diperiksa Selama 3 Jam

Dua orang pejabat Inspektorat diperiksa polisi, menyusul 3 oknum ASN yang terjaring OTT bebearpa waktu lalu. Salah satunya adalah Inspektur ...