Kamis, 16 Agustus 2018 | 11.35 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Rakyat Curiga, Siapa Yang Diuntungkan Dengan Gagalnya JR-Ance?

Rakyat Curiga, Siapa Yang Diuntungkan Dengan Gagalnya JR-Ance?

Senin, 12 Februari 2018 - 19:07 WIB

IMG-51989

Shohibul Anshor Siregar. (file/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Berbagai spekulasi bermunculan setelah JR Saragih – Ance Selian gagal bertarung dalam Pilgubsu 2018. Sebagian masyarakat sangat terkejut dan kecewa dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, sedangkan yang lainnya mulai curiga. Siapa yang diuntungkan dengan keadaan ini?

Pengamat hukum dan politik Sumatera Utara, Shohibul Anshor Siregar yang diminta tanggapannya, Senin (12/2/2018) sekira jam 15.30 Wib menyepakati dugaan itu. Menurutnya, merupakan hal yang wajar jika masyarakat mencurigai ada konspirasi besar di balik peristiwa ini.

“Catatan publik adalah, mustahil JR Saragih tak memenuhi persyaratan apalagi ijazah SMA-nya. Dalam sejarah karirnya ia pernah perwira dan tentunya tak mungkin diterima tanpa ijazah SMA. Dua periode menjadi Bupati tentu membawa persyaratan yang sama,” kata Shohibul.

Menurutnya, publik sedang menunggu apakah apakah JR Saragih dan Ance bisa menerima penetapan KPU, meski Ia tentu punya hak melawan melalui peradilan. Jika gugatan dilakukan, maka prosesnya akan dikonfrontasikan data-data di bawah kewibawaan yang dimiliki oleh pengadilan terkait.

“Salah satu parameter Pemilu ialah fairness atau keadilan. Karena itu terbuka kesempatan bagi JR-Ance menggunakan perlawanan di ranah hukum di pengadilan terkait. Di sana akan dikonfrontasikan data-data untuk menentukan siapa yang benar dari kedua belah pihak,” ungkapnya.

Ketika ditanya tanggapannya tentang isu di tengah masyarakat yang menyatakan bahwa JR-Ance ‘ditekan’ oleh pihak tertentu sampai harus ‘mundur terhormat’ atau menciptakan skenario khusus, Shohibul menyebut itu wajar saja.

Dia juga tidak menutup kemungkinan ada ‘keuntungan’ yang didapat dari pihak lain jika mundur. Dia mengatakan bahwa dugaan itu kini sama-sama kuat di benak publik.

“Dugaan itu sama-sama kuat, karena JR adalah bupati aktif, ketua partai politik besar dengan pasangan ketua partai pula, maka ini adalah sebuah iklan politik dan demokrasi yang sulit dijawab,” katanya.

Namun karena JR Saragih dan Ance Selian punya hak untuk melawan melalui jalur hukum, maka tentu itu akan membantu menepis kecurigaan masyarakat.

Sementara Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumut, Meilizar Latif belum dapat dikonfirmasi. Anggota DPRD Sumut itu mengaku sedang rapat di kantor DPD Partai Demokrat, Jalan Abdullah Lubis Medan. “Sebentar ya, saya lagi rapat,” ujarnya singkat.

Sedangkan anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut lainnya, Muhri Fauzi Hafiz, tidak bisa dihubungi via selularnya. Namun dari status Facebook-nya, Muhri tetap optimis, seraya menuliskan tagar: #semangatbaru. (san)

BACA JUGA:
Tak Lolos Cagub, Puluhan Masa JR Saragih-Ance ‎Gelar Aksi di Hotel Grand Mercure


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Lagi Heboh! Ada Pohon Randu ‘Kencing’ di Rembang
Metro 24 Jam - Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:52 WIB

Lagi Heboh! Ada Pohon Randu ‘Kencing’ di Rembang

Warga Desa Jolotundo, Kecamatan Lasem, Rembang, sejak Selasa (14/8/2018) kemarin dihebohkan fenomena unik. Sebatang pohon randu tiba-tiba bisa menyemburkan air, ...
2 Tahun Berdiri, PT Todo Raka Prawira Semakin Mendapat Kepercayaan Mitra Usaha
BISNIS - Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:14 WIB

2 Tahun Berdiri, PT Todo Raka Prawira Semakin Mendapat Kepercayaan Mitra Usaha

PT Todo Raka Prawira, perusahaan yang bergerak di bidang Eksternal Leasing Mitra Jasa, merayakan HUT ke-2 di Cafe OH 5 ...
Tak ke Laut Utang ‘Mandosak’, Jual Sabu Saufi ke Balik ‘Jarojak’
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:36 WIB

Tak ke Laut Utang ‘Mandosak’, Jual Sabu Saufi ke Balik ‘Jarojak’

Tak ke laut utang mandosak (mendesak). Demikian sepenggal pepatah di daerah pesisir Asahan. Seperti bunyinya, berdalih mencari tambahan, Muhammad Saufi ...
Meninggal Dunia Usai Latihan, Siska Susanti ‘Menunaikan Tugas Pengabdian Sampai Nafas Terakhir’
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:19 WIB

Meninggal Dunia Usai Latihan, Siska Susanti ‘Menunaikan Tugas Pengabdian Sampai Nafas Terakhir’

Kepergiaan Siska Susanti (18), siswi kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Al-Wasliyah, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai, menyisakan duka mendalam bagi keluarga ...
Kasihan…! Pengemudi Betor Ini Tewas Gara-gara Kesetrum Busi
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:11 WIB

Kasihan…! Pengemudi Betor Ini Tewas Gara-gara Kesetrum Busi

Kasihan...! Pria ini meregang nyawa saat memperbaiki becak bermotor miliknya di Jalan Datuk Kabu Pasar III, Desa Tembung, Percut Sei ...
Terkait OTT ASN Inspektorat dan Kades, Inspektur Batubara Diperiksa Selama 3 Jam
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Terkait OTT ASN Inspektorat dan Kades, Inspektur Batubara Diperiksa Selama 3 Jam

Dua orang pejabat Inspektorat diperiksa polisi, menyusul 3 oknum ASN yang terjaring OTT bebearpa waktu lalu. Salah satunya adalah Inspektur ...