Kamis, 16 Agustus 2018 | 11.37 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Bawaslu Periksa Gideon Purba, Pejabat Lain Menyusul

Bawaslu Periksa Gideon Purba, Pejabat Lain Menyusul

Sabtu, 10 Februari 2018 - 22:51 WIB

IMG-51815

Gideon Purba (kemeja biru) bersama JR Saragih-Ance

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Bawaslu Sumut melalui Panwaslih Simalungun periksa Gideon Purba karena diduga terlibat dalam proses pendaftaran pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut pada 9 Januari 2018 lalu di kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan.

Pemeriksaan atau meminta klarifikasi terhadap Sekda Simalungun itu dilakukan Panwaslih pada Kamis (8/2), di kantor Panwaslih, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

“Benar, beliau kita mintai klarifikasi atas dugaan keterlibatan dalam pendaftaran pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur di KPU Sumut,” kata Bobby Purba, Ketua Panwaslih Simalungun kepada awak koran ini, Sabtu (10/2) sore.

Menurut Bobby, kasus dugaan keterlibatan Gideon ini merupakan hasil dari laporan masyarakat kepada Bawaslu Sumut. Karena oknumnya berada di Kabupaten Simalungun, maka pihaknya sebagai perpanjangan tangan Bawaslu, diberikan tugas melakukan proses pemeriksaan atau klarifikasi.

Dalam proses pemeriksaan itu, Gideon hadir langsung dan memberikan klarifikasi kurang lebih satu jam lamanya. Materi pertanyaan yang diajukan kepada Gideon, sebelumnya poin-poin untuk itu sudah ditentukan oleh Bawaslu Sumut.

Hasil klarifikasi itu sendiri menurut Bobby, sudah pihaknya sampaikan langsung ke Bawaslu Sumut.

“Dari data yang kita peroleh, Gideon Purba berada di seputaran kantor KPU Sumut saat proses pendaftaran pasangan bakal calon,” terangnya.

Dugaan keterlibatan ASN di Pemkab Simalungun, menurut Bobby, tak hanya melibatkan Sekda Gideon Purba. Bakal ada sejumlah ASN lainnya yang akan dimintai keterangan oleh Bawaslu, karena mereka hadir saat proses pendaftaran di KPU Sumut.

“Kemungkinan masih akan ada ASN lainnya yang akan dimintai klarifikasi oleh Bawaslu. Karena cukup banyak ASN Pemkab Simalungun hadir saat itu di kantor KPU Sumut,” terang Bobby. 

Gideon Purba kepada awak koran ini, Sabtu (10/2) sore, mengakui dirinya dimintai keterangan atau klarifikasi oleh Panwaslih Simalungun pada Kamis lalu.

“Benar, saya datang ke Panwaslih dan memberikan klarifikasi atas keberadaan saya di seputaran pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di KPU Sumut,” kata Gideon.

Permintaan klarifikasi itu, kata Gideon atas masalah dugaan keterlibatan dirinya dalam proses pendaftaran pasangan bakal calon. Namun menurut Gideon, dia hadir di sana guna melihat dan bukan menghantar dan mendampingi.

“Saya sebagai warga negara kan bisa saja hadir dan melihat, tapi bukan mendampingi. Tapi kalau hanya hadir dan melihat dinilai salah, ya saya siap,” tegas Gideon.

Gideon mengakui saat itu dia datang dan melihat proses pendaftaran pasangan bakal calon, tidak mengenakan pakaian dinas ASN. Dia juga mengakui saat itu merupakan hari kerja. (tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Lagi Heboh! Ada Pohon Randu ‘Kencing’ di Rembang
Metro 24 Jam - Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:52 WIB

Lagi Heboh! Ada Pohon Randu ‘Kencing’ di Rembang

Warga Desa Jolotundo, Kecamatan Lasem, Rembang, sejak Selasa (14/8/2018) kemarin dihebohkan fenomena unik. Sebatang pohon randu tiba-tiba bisa menyemburkan air, ...
2 Tahun Berdiri, PT Todo Raka Prawira Semakin Mendapat Kepercayaan Mitra Usaha
BISNIS - Kamis, 16 Agustus 2018 - 07:14 WIB

2 Tahun Berdiri, PT Todo Raka Prawira Semakin Mendapat Kepercayaan Mitra Usaha

PT Todo Raka Prawira, perusahaan yang bergerak di bidang Eksternal Leasing Mitra Jasa, merayakan HUT ke-2 di Cafe OH 5 ...
Tak ke Laut Utang ‘Mandosak’, Jual Sabu Saufi ke Balik ‘Jarojak’
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:36 WIB

Tak ke Laut Utang ‘Mandosak’, Jual Sabu Saufi ke Balik ‘Jarojak’

Tak ke laut utang mandosak (mendesak). Demikian sepenggal pepatah di daerah pesisir Asahan. Seperti bunyinya, berdalih mencari tambahan, Muhammad Saufi ...
Meninggal Dunia Usai Latihan, Siska Susanti ‘Menunaikan Tugas Pengabdian Sampai Nafas Terakhir’
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:19 WIB

Meninggal Dunia Usai Latihan, Siska Susanti ‘Menunaikan Tugas Pengabdian Sampai Nafas Terakhir’

Kepergiaan Siska Susanti (18), siswi kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Al-Wasliyah, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai, menyisakan duka mendalam bagi keluarga ...
Kasihan…! Pengemudi Betor Ini Tewas Gara-gara Kesetrum Busi
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:11 WIB

Kasihan…! Pengemudi Betor Ini Tewas Gara-gara Kesetrum Busi

Kasihan...! Pria ini meregang nyawa saat memperbaiki becak bermotor miliknya di Jalan Datuk Kabu Pasar III, Desa Tembung, Percut Sei ...
Terkait OTT ASN Inspektorat dan Kades, Inspektur Batubara Diperiksa Selama 3 Jam
Metro 24 Jam - Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Terkait OTT ASN Inspektorat dan Kades, Inspektur Batubara Diperiksa Selama 3 Jam

Dua orang pejabat Inspektorat diperiksa polisi, menyusul 3 oknum ASN yang terjaring OTT bebearpa waktu lalu. Salah satunya adalah Inspektur ...