Sabtu, 22 September 2018 | 17.38 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Pemkab Simalungun Gagal Cegah AIDS

Pemkab Simalungun Gagal Cegah AIDS

Jumat, 12 Januari 2018 - 09:04 WIB

IMG-49689

Surbabel Saragih. (ist/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pemkab Simalungun melalui Dinas Kesehatan dinilai gagal total dalam melakukan pencegahan penyakit menular seperti HIV/AIDS. “Pemkab melalui Dinas Kesehatan Simalungun tergolong gagal dalam melakukan P2M,” kata seorang petugas kesehatan, Kamis (11/1/2018) jam 09.30 WIB.

Sedikitnya, ada lima orang korban pada 2017 terjangkit penyakit mematikan yakni Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang sampai hari ini belum ditemukan obat penyembuhnya.

“Kalau tidak salah sekira bulan Oktober 2017. Pokoknya, sebelum tahun baru lah, ada sekitar 5 orang warga Simalungun yang mengidap penyakit HIV,” jelas pria berkepala plontos.

Ke lima warga Simalungun yang terjangkit HIV tersebut di antaranya AP berasal dari Raya Bayu, Kecamatan Raya. Kemudian, SS dan S merupakan pasutri (pasangan suami istri) berasal dari Tiga Runggu, Kecamatan Purba.

“Kalau si AP itu sempat dirawat di ruang rawat inap Sitalasari RSUD T Rondahaim. Sementara, yang pasangan suami istri sudah pulang. Tapi, sudah mengkonsumsi obat HRV,” sebutnya.

Diketahui adanya warga Simalungun terjangkit HIV dari hasil diagnosa yang menyebutkan HIV plus dan saat membawa dua pasien ke RSUD T Rondahaim Raya milik Pemkab Simalungun.

“Yang ku bawa saja ada dua pasien yang kena HIV. Tambah ada tiga yang ku temukan di RSUD Rondahaim Raya. Makanya, terhitung lima orang kena HIV. Dan diagnosanya menyebutkan HIV plus,” paparnya.

Selain itu, adanya lima warga Simalungun terjangkit penyakit HIV, membuktikan Pemkab minim melakukan sosialisasi pentingnya penanggulangan HIV atau P2M.

“Berarti, selama ini. Sosialisasi pentingnya penanggulangan HIV atau P2M malas dilakukan kepada warga. Lima orang kena HIV, sudah termasuk banyak itu,” ujarnya.

Jauh hari sebelumnya juga, seorang warga Nagori Raja Maligas I, Kecamatan Hutabayu Raja, AS (29) terjangkit HIV.

“Tahun 2014 lalu juga ada kena HIV orang Hutabayu Raja. Aku juga membawa berobat dan mengurus surat pengantar dari pangulu untuk BPJS. Tapi, sekarang kondisinya sudah lumayan dan sekarang di Batam,” paparnya.

Kabid Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Simalungun, Serubabel Saragih ketika coba ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/1/2018) jam 13.57 wib tak berhasil. Melalui selular mengaku ada melakukan sosialisasi. “Sosialisasi pasti ada dilakukan. Selaku kita lakukan,” katanya.

Disinggung mengenai adanya lima warga Simalungun terkena penyakit HIV. Serubabel malah menyarankan agar besok saja. “Besok sajalah di kantor. Kurang jelas dari telepon,” kilahnya. (ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 15:20 WIB

Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya

Personel Polsek Patumbak mengamankan seorang oknum polisi gadungan dari kediamannya, Perumahan Lembayung Asri No 52, Jalan Pertahanan, Gang Lembayun, ...
Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 14:59 WIB

Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi

Personel Polres Siantar mengamankan seorang pelajar inisial AH (16), karena diduga melakukan ujaran kebencian terhadap agama Kristendengan kalimat yang tak ...
5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 03:01 WIB

5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit

Sabar Prianto alias Anto (34), warga Dusun 1, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sergai, ditangkap personel Polsek Teluk Mengkudu, Kamis ...
Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK  Melepuh
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 02:45 WIB

Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK Melepuh

Satu unit boat pukat tarik mini yang sedang mencari ikan di perairan sekitar wilayah Desa Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Batubara, ...
Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar
BISNIS - Sabtu, 22 September 2018 - 01:06 WIB

Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar

Pria yang akrab disapa Wak Keteng ini, kesehariannya hanya sebagai penjaga kos-kosan Pondok Joy, di Jalan Panyabungan, Kelurahan Timbang Galung, ...
UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2
Metro 24 Jam - Jumat, 21 September 2018 - 21:24 WIB

UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMSU yang sudah terakreditasi B memberikan keringanan potongan uang kuliah sebanyak 50 persen kepada para ...