Kamis, 18 Oktober 2018 | 10.33 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Ribuan Paving Blok Raib, Proyek Dinas PUPR Bermasalah

Ribuan Paving Blok Raib, Proyek Dinas PUPR Bermasalah

Kamis, 11 Januari 2018 - 10:22 WIB

IMG-49562

Ribuan paving blok yang raib saat ditumpukan usai dibongkar (Rudi/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Jika dirunut satu demi satu, proyek yang dikelola Dinas Tata Ruang Pemukiman–sekarang Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Simalungun–nyaris semua bermasalah.

Tak hanya empat paket proyek Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) tahun 2016 berbiaya Rp1 miliar lebih yang kini masih disidik Kejatisu, sejumlah proyek lain harusnya diusut juga.

Salah satunya, pembongkaran ribuan batang paving blok dari pelataran halaman kantor Bupati Simalungun pada April 2017 lalu juga mendatangkan tanda tanya besar. Pasalnya, setelah dibongkar, keberadaan ribuan paving blok berwarna merah tersebut raib.

“Paving blok di pelataran kantor bupati itu kan sudah dibongkar. Itu lah pertanyakan. Karena, gak tau dimana keberadaannya sekarang,” kata seorang pemborong, Rabu (10/1) sekira jam 11.30 Wib.

Diketahui, ribuan paving blok tersebut dibongkar setelah adanya proyek penataan pelataran halaman kantor Bupati pada tahun 2017 yang menelan biaya sebesar Rp5 miliar bersumber dari APBD 2017.

“Waktu awal dibongkar, masih nampak. Sekarang sudah gak ada lagi. Kalau pembongkarannya karena ada lagi proyek penataan pelataran halaman kantor Bupati tahun 2017,” jelasnya.

“Kalau tidak salah, rekanannya pada saat itu PT Suan Risma. Sekaligus pengadaan sejumlah bunga yang berkelas. Makanya, anggarannya sampai sebesar Rp2 miliar,” paparnya.

Kadis PUPR Kabupaten Simalungun, Beny Saragih ketika akan ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/1) sekira jam 12.05 Wib, tak ada di tempat. Coba melalui selular juga tak menyahut, baik melalui pesan dan kontak langsung.

Anggota DPRD Simalungun, Bernhard Damanik ketika diminta tanggapannya, menegaskan dia segera mempertanyakan keberadaan ribuan paving blok yang dibongkar dari pelataran halaman kantor Bupati.

“Mengenai ribuan paving blok tersebut pastinya kita pertanyakan kepada Beny Saragih selaku kepala dinas. Di mana sekarang keberadaan ribuan paving blok tersebut setelah dibongkar,” tegas Bernhard.

Menurut Bernhard, ribuan paving blok tersebut merupakan aset bagi Pemkab Simalungun. Karena saat pengadaan menggunakan dana yang bersumber dari APBD.

“Maka, jika telah dibongkar. Keberadaan dan jumlah seluruh paving harus jelas. Satu batang pun tidak boleh raib. Kemudian, jika dijual, harus melalui proses lelang. Kalau tidak salah, dananya pada saat itu sebesar Rp2 miliar,” tandas Ketua Fraksi NasDem itu. (ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Suzuki Ertiga Hangus Terbakar, Beruntung Penumpangnya Selamat
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 01:21 WIB

Suzuki Ertiga Hangus Terbakar, Beruntung Penumpangnya Selamat

Mobil Suzuki Ertiga nomor polisi W 1774 YT mendadak terbakar saat melintas di Jalan Raya Alpha, Desa Sawotratap, Gedangan, Rabu ...
Iming-Iming Uang Jajan 5 Ribu, Petugas Kebersihan Berhasil Cabuli Puluhan Siswi
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 00:43 WIB

Iming-Iming Uang Jajan 5 Ribu, Petugas Kebersihan Berhasil Cabuli Puluhan Siswi

Dengan memberikan iming-iming uang jajan Rp 5 ribu, akhirnya Ud (62) berhasil mencabuli puluhan siswi Sekolah Dasar (SD). Warga pendatang ...
Jatuh Dari Rakit Melintasi Sungai, Kek Asman Belum Ditemukan
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 00:14 WIB

Jatuh Dari Rakit Melintasi Sungai, Kek Asman Belum Ditemukan

Asman (60) warga Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terjatuh dari rakitnya sehingga hanyut terbawa arus sungai Cisadane ...
Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Tebing Tinggi Semen Lubang Jalan, Salut!
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Oktober 2018 - 20:50 WIB

Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Tebing Tinggi Semen Lubang Jalan, Salut!

Personel Satlantas Polres Tebing Tinggi melakukan upaya meminimalisir kecelakaan lalulintas dengan menutup lobang jalan yang menganga di beberapa titik, di ...
Kabur dari Sel Polsek Simpang Empat, Tersangka Pencurian Ditembak Polisi di Tanjungbalai
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Oktober 2018 - 20:30 WIB

Kabur dari Sel Polsek Simpang Empat, Tersangka Pencurian Ditembak Polisi di Tanjungbalai

Tim gabungan dari Polres Asahan dan Polsek Simpang Empat mengakhiri pelarian Bambang Hirwansyah (27), tersangka pencurian yang sempat kabur dari ...
Klaim Keluarga, Jasad Wanita di Perairan Batubara Adalah Suniati, Desy: Gigi Ibu Pernah Dikikir
Metro 24 Jam - Rabu, 17 Oktober 2018 - 20:19 WIB

Klaim Keluarga, Jasad Wanita di Perairan Batubara Adalah Suniati, Desy: Gigi Ibu Pernah Dikikir

Misteri hilangnya 3 orang sekeluarga akhirnya terungkap sebagian. Pertanyaan terkait keberadaan Muhajir (49) dan istrinya Suniati (50) serta putra mereka ...