Jumat, 19 Oktober 2018 | 05.12 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>PKPI Tarik Dukungan dari JR Saragih?

PKPI Tarik Dukungan dari JR Saragih?

Rabu, 10 Januari 2018 - 22:39 WIB

IMG-49602

Djarot-Sihar bersama pengurus PKPI. (ist/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Salah satu parpol pengusung Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus yang ikut menghantarkan pasangan itu mendaftar ke KPU Sumut, Rabu (10/1/2018) sore, adalah PKPI. Dua parpol lainnya, PDIP dan PPP.

Informasi diperoleh dari sumber yang ikut menghantarkan pasangan Djarot-Sihar pada Rabu sore menyebut, pengurus PKPI ikut dan hadir ke KPU Sumut menyerahkan dukungan pendaftaran.

Menurut pria bermarga Simanjuntak itu, dia melihat langsung ada empat orang pengurus DPP PKPI, salah satunya adik dari Hendropriyono, Ketua Umum PKPI.

“Ada pencabutan dukungan dari PKPI. 4 orang dari DPP PKPI turut serta menyerahkan dukungan ke Djarot-Sihar. Rekomendasi itu dibawa langsung oleh Waketum PKPI Bapak Djati didampingi Sekjend dan salah seorang ketua dan wakil sekretaris PKPI yang selanjutnya bersama PPP dan PDIP mendaftarkan Djarot-Sihar ke KPU Sumut,” kata Simanjuntak.

Dia menyebut, informasinya surat dukungan ke salah satu pasangan sebelumnya yang dikeluarkan pada Desember 2017 lalu. Namun belakangan surat dukungan itu dicabut kembali dengan sebuah surat oleh Ketua Umum DPP PKPI.

“Jadi surat dukungan itu memang ada ke salah satu pasangan pada Desember 2017 lalu. Namun sudah dicabut kembali. Surat pencabutan itu turut serta diserahkan ke KPU Sumut tadi,” ungkapnya.

Terkait ini, Wakil Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Sumut, Silverius Bangun dihubungi Rabu (10/1) sekira jam 20.30 Wib, melalui whatsapp belum memberikan jawaban.

Jawaban baru diperoleh dari Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Johalim Purba pada sekitar jam 20.35 Wib.

Melalui sambungan telepon, Johalim mengakui menerima informasi adanya pengalihan dukungan PKPI dari JR Saragih-Ance ke Djarot-Sihar.

Hanya saja menurut Johalim, penarikan dukungan tidak semudah itu. Semua menurut dia sudah diatur dalam undang-undang, bahwa dukungan yang sudah dimasukkan ke KPU tidak bisa ditarik lagi.

“Saya dengar isu itu. Tapi kita fokus ke undang-undang saja. Dukungan yang sudah dimasukkan tak bisa ditarik lagi,” katanya.

Johalim kemudian menegaskan keyakinannya KPU Sumut akan tetap berpedoman terhadap aturan.

Berdasarkan Peraturan KPU No 3 Tahun 2017, pada Pasal 6 ayat 4 tertera, “Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang telah mendaftarkan Bakal Pasangan Calon kepada KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota, tidak dapat menarik dukungannya sejak pendaftaran.”

Selanjutnya, pada Pasal 6 ayat 5 ditegaskan, “Dalam hal Partai Politik atau Gabungan Partai Politik menarik dukungan dan/atau menarik bakal calon dan/atau Bakal Pasangan Calon yang telah didaftarkan, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik tersebut dianggap tetap mendukung Bakal Pasangan Calon yang bersangkutan dan tidak dapat mengusulkan bakal calon atau Bakal Pasangan Calon pengganti.” (tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sore Curi Notebook, Handphone dan Uang Ringgit, Malamnya Ditangkap Polisi, Gigit Jari!
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:32 WIB

Sore Curi Notebook, Handphone dan Uang Ringgit, Malamnya Ditangkap Polisi, Gigit Jari!

Aliansyah Nawar alias (28), warga Dusun II, Desa Pantai Cermin Kiri, Kecamatan Pantai Cermin, Sergai diringkus polisi akibat melakukan pencurian, ...
Terdengar Suara Ledakan, 4 Rumah Hangus di Tanjungbalai
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:14 WIB

Terdengar Suara Ledakan, 4 Rumah Hangus di Tanjungbalai

Empat rumah di Jalan Suka Dame, Lingkungan V, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sei Tualang Raso, rata dengan tanah akibat dilahap ...
Disangka Penculik Anak, Pria Berpakaian Wanita Ditangkap Warga
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:03 WIB

Disangka Penculik Anak, Pria Berpakaian Wanita Ditangkap Warga

Maraknya isu penculikan anak di Kisaran, membuat banyak warga trauma dan semakin khawatir. Alhasil, seorang pria yang mengenakan pakaian wanita ...
Dalam Waktu 1 Jam, 3 Pengedar Sabu Tanjungbalai Ditangkapi Polisi, Ini Identitasnya
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:59 WIB

Dalam Waktu 1 Jam, 3 Pengedar Sabu Tanjungbalai Ditangkapi Polisi, Ini Identitasnya

Terhitung hanya dalam waktu satu jam, personel Satnarkoba Polres Tanjungbalai berhasil mengungkap jaringan peredaran gelap narkotika lokal.Mereka adalah, Hendra Syahputra ...
Sidak ke Mapolsek Medan Area, Kapolrestabes Minta Anggota Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:38 WIB

Sidak ke Mapolsek Medan Area, Kapolrestabes Minta Anggota Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, melakukan Sidak ke Polsek Medan Area di Jalan Semeru No 14 Medan, Kamis (18/10/2018) ...
Dihentikan Polantas Saat Razia, 2 Pria Terciduk Bawa Sabu, Gol lah…!
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:27 WIB

Dihentikan Polantas Saat Razia, 2 Pria Terciduk Bawa Sabu, Gol lah…!

Cipta Prana dan Sumardi, masing-masing warga Jalan Pergam dan Jalan Dr Wahidin Kisaran, tak berkutik ketika terciduk membawa sabi-sabu oleh ...