Jumat, 19 Oktober 2018 | 04.55 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Beli BBM untuk Diecer, Kijang BK 1612 TJ Meledak di SPBU

Beli BBM untuk Diecer, Kijang BK 1612 TJ Meledak di SPBU

Kamis, 7 Desember 2017 - 12:17 WIB

IMG-46929

Mobil yang terbakar. (Jonathan/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Sebuah peristiwa kebakaran terjadi di stasiun pengisian bahan bakar minyak (BBM) Jalan Asahan, KM 3,5, Kecamatan Siantar, Simalungun. Kejadian ini tentu mengejutkan banyak pihak. Selain oleh suara ledakan dan kobaran api, peristiwa itu juga terjadi di SPBT yang notabene milik TNI AD.

Masyarakat tiba-tiba heboh, satu unit mobil Toyota Kijang BK 1612 TJ dengan muatan 10 jerigen ukuran 30 liter berisi BBM meledak dan terbakar di Stasiun Pompa Bahan Bakar TNI (SPBB TNI) No 12.211.201, Jalan Asahan, KM 3,5, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Rabu (6/12/2017) sekira jam 14.00 Wib.

Peristiwa itu membuat pengendara dan warga sekitar lari tunggang langgang menyelamatkan diri. Menurut saksi mata, mobil tersebut sedang mengisi minyak untuk jerigen. Melihat kejadian itu, warga sekitar menghubungi unit pemadam kebakaran (damkar).

“Untungnya ada seorang yang nekat mendorong mobil ke pinggir, jauh dari pompa SPBT, menjauhi nozzle (penyemprot bahan bakar, red). Kalau tak bisa menyambar,” katanya.

Beberapa menit kemudian tiga unit mobil pemadam kebakaran datang. Dua unit mobil damkar Pemko Siantar dan satu unit milik PT STTC LA. Kemudian, para petugas langsung menyemprotkan air untuk melakukan upaya pemadaman api di mobil tersebut.

“Api berhasil dipadamkan dan tak sempat menjalar membakar SPBT TNI dan kendaraan lainnya,” ucap pengendara yang minta nama dan identitasnya tak disebutkan.

Informasi dihimpun, mobil itu milik Riswandi (40), warga Huta B, Nagori Margo Mulio, Kecamatan Gunung Malela. Dia dikenal sebagai pengecer bahan bakar minyak jenis premium dan pertalite terbesar di Kecamatan Gunung Malela. Kabarnya dia punya hubungan keluarga dengan personel TNI.

Akibat kejadian, Riswandi dikabarkan mengalami luka bakar dan harus dirawat di rumah sakit. Belum diketahui secara pasti penyebab meledak dan terbakarnya mobil. “Mungkin korseleting listrik di mobil. Saat ini kasus ini masih ditangani,” kata warga.

Amatan Siantar 24 Jam, di lokasi kejadian, setelah api dapat dipadamkan terlihat beberapa personel TNI mengevakuasi sekitar 10 jerigen minyak yang sempat terbakar.

Saat awak koran ini mendatangi rumah Riswandi, yang juga dijadikan toko grosir sembako di Jalan Jaumar, Nagori Margo Mulio, Kecamatan Gunung Malela, terlihat tertutup dan sepi aktivitas.

Menurut keterangan warga sekitar, mengatakan orang yang dimaksud tak berada di rumah. “Tutup, Bang. Tadi siang setengah hari dia (Riswandi, red) berangkat ke Siantar untuk belanja dagangannya,” jelas warga.

Ketika awak media ini mempertanyakan kepemilikan mobil Toyota Kijang yang terbakar dan memperlihatkan nomor polisi mobil tersebut, warga membenarkan kepemilikan mobil tersebut.

“Ya, Bang. Mobil Bang Riswandi ini. Kenapa, Bang?” tanya warga dengan keheranan.

Akan Ditindak Jika…
Sedangkan Danrem 022 PT, Kolonel Arm Khoirul Hadi yang ditemui di lokasi mengatakan, penyebab terjadinya kebakaran diduga akibat adanya keteledoran pengemudi mobil. Khoirul menegaskan, pengemudi dikenal sebagai prajurit Korem 022 PT berpangkat Bintara.

“Mungkin ada keteledoran seperti apa. Jadi mungkin pas lagi mengisi (bensin), kebetulan di dalamnya ada jerigen untuk keperluan latihan kita,” kata Danrem.

Diterangkannya, dari pengakuan sopir, saat kejadian tak ada yang merokok baik sopir maupun penumpang. Meskipun demikian, pihaknya, kata Khoriul, masih melakukan penyelidikan pada kasus ini.

“Kalau tadi versinya yang mengisi tidak ada yang merokok tapi sekrang kita selidiki dulu jadi kita panggil personel yang ngisi tadi kita usut dulu penyebabnya dari mana,” ujarnya.

Jika terdapat kesalahan yang dilakukan anggotanya, Khoirul menegaskan akan memberikan sanksi sesuai hukum. “Kalau ada kesalahan yang dilakukan anggota, kita akan berikan sanksi secaa tegas sesuai hukum,” tegas Khoirul. (ag/jo)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sore Curi Notebook, Handphone dan Uang Ringgit, Malamnya Ditangkap Polisi, Gigit Jari!
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:32 WIB

Sore Curi Notebook, Handphone dan Uang Ringgit, Malamnya Ditangkap Polisi, Gigit Jari!

Aliansyah Nawar alias (28), warga Dusun II, Desa Pantai Cermin Kiri, Kecamatan Pantai Cermin, Sergai diringkus polisi akibat melakukan pencurian, ...
Terdengar Suara Ledakan, 4 Rumah Hangus di Tanjungbalai
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:14 WIB

Terdengar Suara Ledakan, 4 Rumah Hangus di Tanjungbalai

Empat rumah di Jalan Suka Dame, Lingkungan V, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sei Tualang Raso, rata dengan tanah akibat dilahap ...
Disangka Penculik Anak, Pria Berpakaian Wanita Ditangkap Warga
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:03 WIB

Disangka Penculik Anak, Pria Berpakaian Wanita Ditangkap Warga

Maraknya isu penculikan anak di Kisaran, membuat banyak warga trauma dan semakin khawatir. Alhasil, seorang pria yang mengenakan pakaian wanita ...
Dalam Waktu 1 Jam, 3 Pengedar Sabu Tanjungbalai Ditangkapi Polisi, Ini Identitasnya
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:59 WIB

Dalam Waktu 1 Jam, 3 Pengedar Sabu Tanjungbalai Ditangkapi Polisi, Ini Identitasnya

Terhitung hanya dalam waktu satu jam, personel Satnarkoba Polres Tanjungbalai berhasil mengungkap jaringan peredaran gelap narkotika lokal.Mereka adalah, Hendra Syahputra ...
Sidak ke Mapolsek Medan Area, Kapolrestabes Minta Anggota Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:38 WIB

Sidak ke Mapolsek Medan Area, Kapolrestabes Minta Anggota Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, melakukan Sidak ke Polsek Medan Area di Jalan Semeru No 14 Medan, Kamis (18/10/2018) ...
Dihentikan Polantas Saat Razia, 2 Pria Terciduk Bawa Sabu, Gol lah…!
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:27 WIB

Dihentikan Polantas Saat Razia, 2 Pria Terciduk Bawa Sabu, Gol lah…!

Cipta Prana dan Sumardi, masing-masing warga Jalan Pergam dan Jalan Dr Wahidin Kisaran, tak berkutik ketika terciduk membawa sabi-sabu oleh ...