Jumat, 19 Oktober 2018 | 06.16 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>AKP Basar Siregar, dari Pahlawan Jadi Pesakitan Narkoba

AKP Basar Siregar, dari Pahlawan Jadi Pesakitan Narkoba

Rabu, 6 Desember 2017 - 22:10 WIB

IMG-46899

Detik-detik penangkapan AKP Basar Siregar. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Personel Poldasu berhasil membongkar sindikat sabu-sabu internasional khususnya yang berada di Sumatera Utara dalam dua pekan terakhir.

Namun, kesigapan personel Dit Res Narkoba Polda Sumatera itu tak urung menyisakan sejumlah ironi, karena dua di antara tersangka yang berhasil ditangkap ternyata memiliki seragam yang sama dengan petugas yang meringkus mereka.

AKP Basar Siregar, yang saat ditangkap masih tercatat sebagai Kapolsek Lolowau, Kabupaten Nias Selatan, dengan dugaan terlibat dalam peredaran sabu senilai miliaran rupiah itu, ternyata bukan polisi sembarangan.

Berdasarkan penelusuran Metro24Jam, perwira pertama yang sebelumnya bertugas di Polres Tanjungbalai tersebut, pernah mendapat penghargaan dari Kapoldasu menyusul keberhasilannya mengungkap peredaran kasus narkoba pada 2012 silam.

Penghargaan Kapoldasu Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, diterima melalui Kapolres Tanjungbalai, yang saat itu dijabat oleh AKBP Edward T Sirait, bersamaan dengan 20 personel Polres Tanjungbalai lainnya.

Inspektur Satu (Iptu) Basar Siregar, diberi penghargaan atas keberhasilannya mengungkap peredaran sabu seberat 2,8 kg di Jalan Arteri, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai.

“Iya, betul itu. Pernah dia itu dapat penghargaan dulu. Tapi udah lama lah itu,” sebut seorang personel Polres Tanjungbalai yang berhasil dihubungi Metro24Jam via selular, Rabu (6/12/2017).

Bersama Basar Siregar, yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Teluk Nibung dan Kasubbagdalops Bagops Polres Tanjungbalai, personel yang mendapat penghargaan serupa saat itu antara lain, AKP Nopiardi, Bripka D Mora Pane, Brigadir Supangat dan Briptu Sulhani.

Direktorat Narkoba Polda Sumut, menangkap AKP Basar Siregar bersama 3 orang lainnya saat membawa sabu sebanyak 15 kilogram, Minggu (3/12/2017) lalu.

Berdasarkan keterangan Kapolda Sumatera Utara, Bersama AKP Basar Siregar, seorang personel Polri lainnya yang diringkus adalah Bripda Yogi Maulana Sitompul, yang berstatus sebagai personel Polres Tanjungbalai. (*/asp)

BACA JUGA:
Bawa Sabu, Mantan KBO Narkoba Polres Tanjungbalai Ditangkap Personel Poldasu, Kawannya Ditembak Mati


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sore Curi Notebook, Handphone dan Uang Ringgit, Malamnya Ditangkap Polisi, Gigit Jari!
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:32 WIB

Sore Curi Notebook, Handphone dan Uang Ringgit, Malamnya Ditangkap Polisi, Gigit Jari!

Aliansyah Nawar alias (28), warga Dusun II, Desa Pantai Cermin Kiri, Kecamatan Pantai Cermin, Sergai diringkus polisi akibat melakukan pencurian, ...
Terdengar Suara Ledakan, 4 Rumah Hangus di Tanjungbalai
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:14 WIB

Terdengar Suara Ledakan, 4 Rumah Hangus di Tanjungbalai

Empat rumah di Jalan Suka Dame, Lingkungan V, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sei Tualang Raso, rata dengan tanah akibat dilahap ...
Disangka Penculik Anak, Pria Berpakaian Wanita Ditangkap Warga
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:03 WIB

Disangka Penculik Anak, Pria Berpakaian Wanita Ditangkap Warga

Maraknya isu penculikan anak di Kisaran, membuat banyak warga trauma dan semakin khawatir. Alhasil, seorang pria yang mengenakan pakaian wanita ...
Dalam Waktu 1 Jam, 3 Pengedar Sabu Tanjungbalai Ditangkapi Polisi, Ini Identitasnya
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:59 WIB

Dalam Waktu 1 Jam, 3 Pengedar Sabu Tanjungbalai Ditangkapi Polisi, Ini Identitasnya

Terhitung hanya dalam waktu satu jam, personel Satnarkoba Polres Tanjungbalai berhasil mengungkap jaringan peredaran gelap narkotika lokal.Mereka adalah, Hendra Syahputra ...
Sidak ke Mapolsek Medan Area, Kapolrestabes Minta Anggota Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:38 WIB

Sidak ke Mapolsek Medan Area, Kapolrestabes Minta Anggota Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, melakukan Sidak ke Polsek Medan Area di Jalan Semeru No 14 Medan, Kamis (18/10/2018) ...
Dihentikan Polantas Saat Razia, 2 Pria Terciduk Bawa Sabu, Gol lah…!
Metro 24 Jam - Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:27 WIB

Dihentikan Polantas Saat Razia, 2 Pria Terciduk Bawa Sabu, Gol lah…!

Cipta Prana dan Sumardi, masing-masing warga Jalan Pergam dan Jalan Dr Wahidin Kisaran, tak berkutik ketika terciduk membawa sabi-sabu oleh ...