Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.02 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Genderang Pilgubsu 2018: PDI P Beri Efendi Simbolon Kesempatan Kedua, Wakilnya Ketua DPRD

Genderang Pilgubsu 2018: PDI P Beri Efendi Simbolon Kesempatan Kedua, Wakilnya Ketua DPRD

Rabu, 15 November 2017 - 00:57 WIB

IMG-45045

Efendi Simbolon bersama istri. (Simbolonnews)

MEDAN, metro24jam.com – Genderang politik Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan kembali bergema seiring manuver yang dilakukan mereka jelang Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 mendatang.

Setelah sebelumnya memunculkan sosok yang dianggap pantas diusung dalam kontestasi Pilgubsu 2018–mulai dari akan bergabung mendukung Tengku Erry Nuradi, sebagai calon petahana dan kemudian menyebut nama Komjen Pol Budi Waseso–sekarang, Partai berlogo kepala banteng moncong putih itu, mencuatkan satu lagi nama baru, meski tergolong stok lama, yakni Efendi Simbolon.

Anggota Komisi I DPR RI itu diketahui pernah “keok” saat berlaga dengan Gatot Pujonugroho pada Pilgubsu 2013 lalu. Meski dalam pepatah lama disebutkan, ‘pisang tidak bisa berbuah dua kali’, tapi hal itu tentu tidak berlaku di dalam dunia politik.

Kendati pernah gagal, namun Ketua Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI), kembali dipercaya Megawati Soekarno Putri untuk bertarung.

“Kabar terbaru yang saya dapatkan dari internal partai kami adalah bahwa, Bapak Efendi Simbolon akan diusung PDI Perjuangan untuk Pilgub 2018. Yang mengejutkan bagi saya adalah, bakal calon wakilnya adalah Ketua DPRD Sumut, Bapak Wagirin Arman. Walau belum 100 persen, tapi saya yakin ini adalah pasangan yang mendekati fix,” ujar Wakil Bendahara Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, Sutrisno Pangaribuan, Selasa (14/11/2017) jam 21.00 Wib.

Sutrisno mengaku tidak terlalu terkejut dengan kabar itu. Menurutnya, Efendi Simbolon memang belakangan ini kerap menghadiri beberapa kegiatan bersama masyarakat di beberapa lokasi di Sumut. Sutrisno menganggap itu sebagai safari politik biasa.

Meski demikian, politik adalah sesuatu yang cair, sehingga bisa saja dengan roadshow itu membuat DPP PDI Perjuangan yakin memberikan kesempatan kedua pada Efendi Simbolon.

“Beliau pernah mencoba dan nyaris berhasil. Saya pikir, beliau bisa belajar dari kesalahan dan tentu saja akan diperbaiki,” ujarnya.

Jika benar pasangan ini akan “bermain” bersama, maka Sutrisno menyebut nama Wagirin Arman yang menjadi wakil, sedangkan Efendi akan jadi gubernurnya.

Wagirin Arman. (tribunnews)

Dengan komposisi ini, Sutrisno yakin bahwa PDI Perjuangan akan berkoalisi dengan Partai Golkar. Dia belum berani mengatakan partai lain calon koalisi, tapi dia yakin bahwa ‘Pasangan Pelangi’ ini akan mempengaruhi konstalasi politik. Bahkan, akan banyak partai yang akan bergabung.

“Keduanya sangat baik di mata masyarakat. Efendi Simbolon dengan latarbelakang yang cukup dikenal dan bisa jadi representasi masyarakat Batak, begitu juga dengan sosok Wagirin Arman yang sangat kaya pengalaman politik serta merupakan tokoh panutan bagi masyarakat Jawa. Sangat komplit sekali,” ujarnya.

Namun, Indra Alamsyah, Ketua Soksi Sumut yang juga anggota DPRD Sumut dari Partai Golkar menyambut dingin terkait usulan Wagirin Arman menjadi wakil Efendi Simbolon. Menurutnya hingga saat ini Partai Golkar tetap berpegang pada keputusan DPP yang lalu.

“Sampai saat ini kami masih berpedoman pada SK DPP yang lama, yakni rekomendasi pasangan Tengku Erry Nuradi – Ngogesa Sitepu. Selama SK itu belum berubah, maka tidak terjadi,” ujarnya. (san)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:24 WIB

Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas

Bus berpenumpang 35 orang terjun bebas ke jurang Jembatan Sipegepege, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 18/8/18 sekira jam 07.00 ...
Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 19:04 WIB

Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Briptu Muhammad Reza Fatwa, personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun sudah ditetapkan menjadi tersangka atas tindak pidana penyalahgunaan ...
Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:36 WIB

Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan, Ny Kusumawati Ibnu Triwidodo didampingi Wakil Ketua Ny Dwiane Hassanudin menyalurkan bantuan ...
Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:14 WIB

Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin

Ketua Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar bersama Ketua DPRD Deliserdang, Ricky prandana Nasution mendatangi SMAN 1 Beringin di SMPN ...
Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:02 WIB

Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh Indonesia. Ajang perlombaan merupakan kesempatan paling efisien dalam ...
Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:47 WIB

Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja

Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Nanggroe Aceh Darusaalam diamankan tim Reskrim Polsek Medan Timur dari Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat ...