Minggu, 19 Agustus 2018 | 01.02 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>4 Parpol di Siantar Belum Sesuai Sipol

4 Parpol di Siantar Belum Sesuai Sipol

Kamis, 19 Oktober 2017 - 14:14 WIB

IMG-42247

Mangasi Purba. (Elisbet/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – KPUD Siantar perpanjang pendaftaran partai politik (parpol) kepesertaan Pemilu 2019 hingga 17 Oktober 2017, sesuai Surat Edaran KPU RI nomor 585 tertanggal 16 Oktober 2017.

Dari sebelumnya 18 parpol, bertambah menjadi 21 parpol yang mendaftar dan menyerahkan dokumen. Namun dokumen empat parpol di antaranya tak sesuai dengan sistem informasi parpol (Sipol). Hal ini disampaikan Ketua KPUD Siantar, Mangasi Tua Purba, Rabu (18/10) sekira jam 14.00 Wib.

“Sudah 21 parpol yang menyerahkan dokumen keanggotaan. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, hanya 17 parpol yang sesuai dengan data Sipol,” katanya.

Sedangkan empat parpol lagi belum sesuai dengan data Sipol, di antaranya, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Indonesia Kerja (Pika), Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Republik.

“Untuk ke-4 parpol tersebut kita buat catatan dan diserahkan ke KPU RI. Karena ini menjadi wewenang mereka. Apalagi penetapan parpol di KPU RI,” jelasnya.

Dia membenarkan pihaknya menerima penyerahan dokumen tiga parpol pada Selasa (17/10) malam, meski masa pendaftaran telah berakhir tanggal 16 Oktober 2017 lalu. Itu dilakukan terhadap parpol yang sudah mendaftar di KPU RI.

“Pastinya parpol yang menyerahkan dokumen ke KPUD Siantar, merupakan partai yang telah mendaftar di KPU RI. Seandainya ada partai politik yang mendaftar di KPU RI lewat tanggal 16 Oktober, pastinya tak dilayani. Logikanya, kalau DPP partai politik mendaftar ke KPU RI tapi partai yang ada di daerah tidak menyerahkan dokumen ke KPU di daerah, maka pendaftaran di DPP tidak ada artinya,” ungkapnya.

Lanjutnya, hasil penelitian administrasi parpol nanti akan disampaikan pada 15 November mendatang. “Di penelitian administrasi nanti tak memenuhi syarat kita akan sampaikan hasilnya. Seandainya diserahkan KTP elektronik, namun penelitian administrasi nanti dari 500 KTP elektronik tak memenuhi ambang batas, maka kita akan minta diperbaiki,” ujarnya.

Disampaikan Mangasi, untuk analisis kegandaan keanggotaan nantinya akan dicek di KPU RI dan hasilnya akan disampaikan ke KPU di daerah. “Jadi yang tidak sesuai kita akan tetapkan anggota partai politik yang tidak memenuhi syarat (TMS), misalnya salinan KTP elektoronik yang tidak ada, data tidak sesuai dengan KTA dengan salinan KTP,” terangnya. (Els)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:24 WIB

Sopir Mengantuk, Bus Bawa Rombongan Pesta Terjun di Jurang Sipegepege, Belasan Orang Tewas

Bus berpenumpang 35 orang terjun bebas ke jurang Jembatan Sipegepege, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba Samosir, Sabtu 18/8/18 sekira jam 07.00 ...
Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 19:04 WIB

Tertangkap Pegang Sabu, Briptu Reza Jadi Tersangka, Dilimpahkan ke Poldasu

Briptu Muhammad Reza Fatwa, personel Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun sudah ditetapkan menjadi tersangka atas tindak pidana penyalahgunaan ...
Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:36 WIB

Persit KCK PD I/BB Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa NTB

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I/Bukit Barisan, Ny Kusumawati Ibnu Triwidodo didampingi Wakil Ketua Ny Dwiane Hassanudin menyalurkan bantuan ...
Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:14 WIB

Bahas Persoalan Gedung, Ombusman dan Ketua DPRD Kunjungi SMAN 1 Beringin

Ketua Ombusman Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar bersama Ketua DPRD Deliserdang, Ricky prandana Nasution mendatangi SMAN 1 Beringin di SMPN ...
Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 18:02 WIB

Lomba 17-an Ajang Silaturahmi Paling Efisien

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di seluruh Indonesia. Ajang perlombaan merupakan kesempatan paling efisien dalam ...
Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 Agustus 2018 - 17:47 WIB

Pikul 12 Bal Ganja, IRT Asal Aceh Diciduk Polisi di Jalan Sisingamangaraja

Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Nanggroe Aceh Darusaalam diamankan tim Reskrim Polsek Medan Timur dari Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat ...