Sabtu, 22 September 2018 | 17.47 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Ambulance Langsir Dokter, Pasien Naik Betor

Ambulance Langsir Dokter, Pasien Naik Betor

Kamis, 12 Oktober 2017 - 10:10 WIB

IMG-41749

Pasien luka parah diusung ke betor. (Agus Suhendra/metro24jam.com)

TANAH JAWA, metro24jam.com – Pelayanan Puskesmas Tanah Jawa di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa dikeluhkan warga sekitar. Pasalnya, mobil ambulance yang sejatinya digunakan transportasi darurat untuk para pasien, malah dijadikan kendaraan ‘eksekutif’ untuk melangsir dokter.

Seperti yang terjadi, Rabu (11/10) siang. Seorang pasien bermarga Saragih yang kakinya cidera berat akibat tersabet pisau babat rumput harus terlantar di salah satu ruangan Puskesmas Tanah Jawa karena tenaga medis yang ada tidak sanggup menanganinya.

Akibat kondisinya begitu mengkawatirkan, pasien terpaksa dirujuk ke RSU Balimbingan yang masih berada di kecamatan Tanah Jawa. Ironisnya, pasien harus menunggu mobil ambulance dipakai menjadi mobil dinas dokter, pasien yang tinggal di Kecamatan Hatonduan, Kabupaten Simalungun.

Karena ambulance tak kunjung datang, pasien pun terpaksa dilarikan menggunakan becak motor (betor) yang kebetulan melintas di depan Puskesmas.

Informasi yang diperoleh, mobil ambulance ternyata dibawa salah seorang oknum dokter Puskesmas.

“Itu kan bukan mobil operasional dokter Puskesmas, tetapi untuk membawa pasien,” beber salah seorang pasien Puskesmas.

Diungkapkan bahwa peristiwa tersebut bukan yang pertama kali. Tetapi, sudah sering terjadi. Kebiasaan itu, diharapkan warga agar menjadi perhatian serius, karena pasien yang membutuhkan ambulance harus dijadikan prioritas.

“Inikan menyangkut nyawa manusia dan hal seperti itu tidak terulang kembali kepada pasien-pasien lain,” sambungnya.

Amatan Siantar24Jam, saat pasien yang mengalami luka serius itu diangkut dari Puskesmas menuju RSU Balimbingan, tak seorang pun tenaga medis yang mendampingi atau membantu pasien saat akan dibawa ke RS Balimbingan.

Ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler sekira jam 15.10 Wib, Kepala Puskesmas Tanah Jawa, dr Sahrul mengakui jika mobil ambulance tersebut dibawa ke Raya dalam rangka dinas ke gudang farmasi.

“Iya tadi ambulance dibawa ke Raya karena hari ini jadwal mengambil obat-obatan, untuk mengangkut obat di Raya,” ucapnya sembari menerangkan bahwa dokter tersebut kebetulan menghadiri serah terima pergantian Kapus di Raya.

Sebelumnya, seorang petugas tata usaha Puskesmas Tanah Jawa mengatakan, pihaknya hanya sebisa mungkin melakukan pertolong pertama. “Kita tidak punya fasilitas UGD maka kita rujuk ke RSU terdekat di Balimbingan karena darah pasien tidak berhenti mengalir,” jelasnya.

Sementara identitas pasien diindetinfikasi karena dalam situasi emergency. Pasien itu katanya terkena mesin babat rumput. Akibatnya darah terus mengalir dari luka sabetan di kaki sebelah kanannya. (ag)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 15:20 WIB

Sering Ngaku Polisi, Pria Ini Ditangkap Polisi Betulan di Rumahnya

Personel Polsek Patumbak mengamankan seorang oknum polisi gadungan dari kediamannya, Perumahan Lembayung Asri No 52, Jalan Pertahanan, Gang Lembayun, ...
Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 14:59 WIB

Posting Ujaran Kebencian Agama Melalui Facebook, Remaja 16 Tahun Diamankan Polisi

Personel Polres Siantar mengamankan seorang pelajar inisial AH (16), karena diduga melakukan ujaran kebencian terhadap agama Kristendengan kalimat yang tak ...
5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 03:01 WIB

5 Bulan Lalu Lolos Saat Disergap Satpam Kebon, Pria Ini Tertangkap Saat akan Kembali Curi Sawit

Sabar Prianto alias Anto (34), warga Dusun 1, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Sergai, ditangkap personel Polsek Teluk Mengkudu, Kamis ...
Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK  Melepuh
Metro 24 Jam - Sabtu, 22 September 2018 - 02:45 WIB

Biat Pukat Tarik Mini Dibakar, 4 ABK Melepuh

Satu unit boat pukat tarik mini yang sedang mencari ikan di perairan sekitar wilayah Desa Mesjid Lama, Kecamatan Talawi, Batubara, ...
Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar
BISNIS - Sabtu, 22 September 2018 - 01:06 WIB

Kegigihan Wak Keteng, Jaga Kos-kosan Nyambi Pengerajin Pot Bunga di Siantar

Pria yang akrab disapa Wak Keteng ini, kesehariannya hanya sebagai penjaga kos-kosan Pondok Joy, di Jalan Panyabungan, Kelurahan Timbang Galung, ...
UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2
Metro 24 Jam - Jumat, 21 September 2018 - 21:24 WIB

UMSU Dorong Anggota PFI Medan Kuliah S2

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMSU yang sudah terakreditasi B memberikan keringanan potongan uang kuliah sebanyak 50 persen kepada para ...