Rabu, 21 November 2018 | 04.28 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Ambulance Langsir Dokter, Pasien Naik Betor

Ambulance Langsir Dokter, Pasien Naik Betor

Kamis, 12 Oktober 2017 - 10:10 WIB

IMG-41749

Pasien luka parah diusung ke betor. (Agus Suhendra/metro24jam.com)

TANAH JAWA, metro24jam.com – Pelayanan Puskesmas Tanah Jawa di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa dikeluhkan warga sekitar. Pasalnya, mobil ambulance yang sejatinya digunakan transportasi darurat untuk para pasien, malah dijadikan kendaraan ‘eksekutif’ untuk melangsir dokter.

Seperti yang terjadi, Rabu (11/10) siang. Seorang pasien bermarga Saragih yang kakinya cidera berat akibat tersabet pisau babat rumput harus terlantar di salah satu ruangan Puskesmas Tanah Jawa karena tenaga medis yang ada tidak sanggup menanganinya.

Akibat kondisinya begitu mengkawatirkan, pasien terpaksa dirujuk ke RSU Balimbingan yang masih berada di kecamatan Tanah Jawa. Ironisnya, pasien harus menunggu mobil ambulance dipakai menjadi mobil dinas dokter, pasien yang tinggal di Kecamatan Hatonduan, Kabupaten Simalungun.

Karena ambulance tak kunjung datang, pasien pun terpaksa dilarikan menggunakan becak motor (betor) yang kebetulan melintas di depan Puskesmas.

Informasi yang diperoleh, mobil ambulance ternyata dibawa salah seorang oknum dokter Puskesmas.

“Itu kan bukan mobil operasional dokter Puskesmas, tetapi untuk membawa pasien,” beber salah seorang pasien Puskesmas.

Diungkapkan bahwa peristiwa tersebut bukan yang pertama kali. Tetapi, sudah sering terjadi. Kebiasaan itu, diharapkan warga agar menjadi perhatian serius, karena pasien yang membutuhkan ambulance harus dijadikan prioritas.

“Inikan menyangkut nyawa manusia dan hal seperti itu tidak terulang kembali kepada pasien-pasien lain,” sambungnya.

Amatan Siantar24Jam, saat pasien yang mengalami luka serius itu diangkut dari Puskesmas menuju RSU Balimbingan, tak seorang pun tenaga medis yang mendampingi atau membantu pasien saat akan dibawa ke RS Balimbingan.

Ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler sekira jam 15.10 Wib, Kepala Puskesmas Tanah Jawa, dr Sahrul mengakui jika mobil ambulance tersebut dibawa ke Raya dalam rangka dinas ke gudang farmasi.

“Iya tadi ambulance dibawa ke Raya karena hari ini jadwal mengambil obat-obatan, untuk mengangkut obat di Raya,” ucapnya sembari menerangkan bahwa dokter tersebut kebetulan menghadiri serah terima pergantian Kapus di Raya.

Sebelumnya, seorang petugas tata usaha Puskesmas Tanah Jawa mengatakan, pihaknya hanya sebisa mungkin melakukan pertolong pertama. “Kita tidak punya fasilitas UGD maka kita rujuk ke RSU terdekat di Balimbingan karena darah pasien tidak berhenti mengalir,” jelasnya.

Sementara identitas pasien diindetinfikasi karena dalam situasi emergency. Pasien itu katanya terkena mesin babat rumput. Akibatnya darah terus mengalir dari luka sabetan di kaki sebelah kanannya. (ag)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Bawa 4 Kg Ganja Tujuan Pekanbaru, Pelajar Aceh Ditangkap di Kwala Begumit
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 22:54 WIB

Bawa 4 Kg Ganja Tujuan Pekanbaru, Pelajar Aceh Ditangkap di Kwala Begumit

Seorang pelajar asal Aceh ditangkap personel Polres Langkat yang menggelar razia di Jalan Lintas Sumatera, Pos Lantas Sei Karang, Desa ...
Bangunan Kosong Dekat Mapolsek Percut Sei Tuan Kembali Digerebek, Polisi Temukan Sabu dan Bong
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 21:29 WIB

Bangunan Kosong Dekat Mapolsek Percut Sei Tuan Kembali Digerebek, Polisi Temukan Sabu dan Bong

Personel Percut Sei Tuan menggerebek sebuah gedung bekas sekolah lantaran terindikasi menjadi lapak pengguna dan transaksi narkoba di Jalan Letda ...
Sering Beroperasi Hingga Larut Malam, Warnet L-NET Disegel Polisi, 13 Pemain Diamankan
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 15:43 WIB

Sering Beroperasi Hingga Larut Malam, Warnet L-NET Disegel Polisi, 13 Pemain Diamankan

Kepolisian Sektor (Polsek) Percut Sei Tuan menutup salah satu warung internet (warnet) di Perumnas Mandala, Jalan Garuda Raya, Kelurahan Kenangan, ...
Tujuan Tangerang, Kurir Asal Aceh Diciduk Bersama 1 Kg Sabu-sabu
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 15:31 WIB

Tujuan Tangerang, Kurir Asal Aceh Diciduk Bersama 1 Kg Sabu-sabu

Personel Satuan Narkoba Polres Langkat, menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu, bernilai miliaran rupiah. Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan melalui Kasubbag ...
Polsek Padang Hilir Sosialisasi Pileg dan Pilpres
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 10:38 WIB

Polsek Padang Hilir Sosialisasi Pileg dan Pilpres

Jelang Pemilu 2019, Polsek Padang Hilir melakukan Sosialisasi Pileg dan Pilpres yang bertujuan menciptakan suasana damai, aman, tertib dan sejuk ...
Wartawan Dibunuh di Klapanunggal Bogor, FPII Desak Polisi Usut Pelaku dan Motifnya
Metro 24 Jam - Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Wartawan Dibunuh di Klapanunggal Bogor, FPII Desak Polisi Usut Pelaku dan Motifnya

Dunia jurnalistik kembali berduka dengan ditemukannya sosok jenazah yang dimasukkan ke dalam drum plastik di Klapanunggal, Bogor, Minggu pagi (18/11/2018). ...
bupati serdang bedagai
Loading...