Jumat, 20 Juli 2018 | 06.04 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Geger Begu Ganjang di Nagori Siatasan! Dituduh Jadi Dukun, Warga Jakarta Babak Belur Dimassa

Geger Begu Ganjang di Nagori Siatasan! Dituduh Jadi Dukun, Warga Jakarta Babak Belur Dimassa

Kamis, 12 Juli 2018 - 00:38 WIB

IMG-59502

Rumah yang dirusak warga. Insert: Wasda Nainggolan. (ist/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Seorang pria yang dituduh sebagai dukun pemelihara ‘Begu Ganjang’ alias’Gendoruwo’, babak belur dianiaya warga di Dusun Siatasan, Nagori Siatasan, Kecamatan Dolok Panribuan, Simalungun, Rabu (11/8/2018).

Wasda Nainggolan (27), pria yang tercatat sebagai warga Jalan Sungai Tiram, No 103, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dipukuli sejumlah pria hingga terluka parah.

Tak sampai disitu, para penganiaya itu juga membakar 2 unit sepeda motor serta merusak rumah tempat Wasda menumpang selama di Simalungun.

Informasi yang diperoleh, Rabu (11/7/2018) sore, peristiwa itu diawali dari kedatangan Gamot (Kepala Dusun) Siatasan, Jimmi Sirait, ke kediaman bibi Wasda yang biasa dipanggil Mama Meri Br Nainggolan, Selasa (10/7/2018) sekira jam 23.30 Wib.

Tiba di sana, Gamot kemudian bertemu dengan Wasda. Diduga tak pernah melihat pria itu, Jimmi Sirait kemudian bertanya kepada Wasda. “Siapa kau?” begitu tanya Gamot Jimmi kepada Wasda.

Wasda kemudian menjelaskan kepada sang Gamot bahwa dirinya adalah keponakan sang empunya rumah. “Yang punya rumah ini namboru (bibi) ku,” jawab Wasda.

Selanjutnya, kepada Wasda bahwa Gamot mengatakan bahwa ada laporan dari masyarakat kepadanya bahwa pemilik rumah tersebut memelihara Begu Ganjang. Namun, hal itu tidak begitu ditanggapi oleh Wasda. Selanjutnya, Gamot pun meninggalkan kediaman Boru Nainggolan.

Namun, sekira jam 3.00 Wib, warga beramai-ramai mendadak mendatangi kediaman Br Naonggolan dan mengajak Wasda bersama namborunya itu ke sebuah warung milik Sitio untuk membicarakan isu begu ganjang tersebut.

“Sesudah selesai pembicaraan tersebut, saya pun pulang ke rumah bibi saya,” sebut Wasda saat membuat pengaduan di Polsek Tiga Dolok.

Warung yang dirusak. (ist/metro24jam.com)

Namun, tak berapa lama tiba di rumah, warga kembali datang dan langsung menyeret Wasda dari dalam rumah.

“Mereka mengikat dan memukuli saya di luar rumah,” jelas Wasda.

Beruntung, tak lama kemudian pihak kepolisian datang dan mengamankan Wasda dari amuk warga tersebut. Selanjutnya, pria itu diboyong ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Kasubbid Humas Polres Simalungun, AKP M Siburian menjelaskan, pemilik rumah, masing-masing Hasmaron Sidabutar dan Daniel Sidabutar, sebelumnya sudah pergi menuju Pematang Siantar saat peristiwa itu terjadi.

“Personel Polsek Dolok Panribuan kemudian melakukan cek TKP dan menemukan 2 unit bangunan rumah permanen serta barang-barang yang ada dalamnya dan sebuah kedai serta 2 unit sepeda motor sudah dirusak oleh warga,” sebutnya.

Sepeda motor hangus dibakar warga. (ist/metro24jam.com)

Terkait insiden itu, tiga pria, masing-masing berinisial DM (20), AM (24) dan MS (40), telah dilaporkan Wasda Nainggolan ke polisi sebagai otak pelaku penganiyaan, sesuai Surat Tanda Bukti Lapor Nomor: LP/20/VII/SU/SIMAL/DOPAN.

“Kita masih meminta keterangan saksi-saksi untuk menyelidiki keterlibatan ketiga terduga pelaku,” pungkasnya. (Zeg)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
BRI Gelar Evaluasi dan Monitoring Penyaluran BPNT Bersama Agen Brilink
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 03:21 WIB

BRI Gelar Evaluasi dan Monitoring Penyaluran BPNT Bersama Agen Brilink

BRI Cabang Kisaran mengajak agen Brilink-nya yang tersebar di tiga kabupaten, masing-masing Asahan, Tanjungbalai dan Batubara untuk duduk bersama dalam ...
Tanding Futsal, Tim Pemenang Katanya Dipukuli Belasan Orang, Nyaris Diamuk Orang Sekampung
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 03:11 WIB

Tanding Futsal, Tim Pemenang Katanya Dipukuli Belasan Orang, Nyaris Diamuk Orang Sekampung

Suasana di Kenanga Futsal, Jalan Bunga Kenanga, Kelurahan Padang Bulan Selayang II, Kecamatan Medan Selayang, mendadak riuh. Dua tim yang ...
Banting Stir Jadi Pengecer Sabu, Nelayan Terciduk di Rumahnya
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 02:25 WIB

Banting Stir Jadi Pengecer Sabu, Nelayan Terciduk di Rumahnya

Penghasilan sebagai nelayan mulai seret. Kadang melaut, terkadang tidak. Alhasil Sukma Pauji Hasibuan alias Pauji (21) jadi gelap mata. Tergiur ...
“Abang Sangat Menyayangi Kalian Berdua Sampai Mati”: Lelaki Itu Pun Gantung Diri
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 02:04 WIB

“Abang Sangat Menyayangi Kalian Berdua Sampai Mati”: Lelaki Itu Pun Gantung Diri

Seorang pria bernama Dedi Siswanto (31) ditemukan tewas dalam kondisi tergantung dengan seutas tali nilon, di kediamannya, Komplek Jakarta, Dusun ...
Ditabrak KA di Lintasan Tanpa Palang, Istri Sekarat, Suami Tewas di Tempat
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Juli 2018 - 21:23 WIB

Ditabrak KA di Lintasan Tanpa Palang, Istri Sekarat, Suami Tewas di Tempat

Malang tak dapat ditolak. Itulah yang terjadi pada pasangan suami istri yang sehari-harinya berjualan ikan asin ini. Keduanya tertabrak kereta ...
Air Tirtadeli Mati Lagi, Warga Meminta Bupati Copot Direkturnya
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Juli 2018 - 20:28 WIB

Air Tirtadeli Mati Lagi, Warga Meminta Bupati Copot Direkturnya

Air PDAM Tirtadeli Deliserdang kembali 'mandek'. Sebelumnya pada bulan Juni 2018 lalu, yang bertepatan dengan Ramadhan, air dari pipa PDAM ...