Rabu, 18 Juli 2018 | 02.11 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Nasib Hefriansyah Dibahas 25 Mei 2018

Nasib Hefriansyah Dibahas 25 Mei 2018

Selasa, 15 Mei 2018 - 18:45 WIB

IMG-57447

Aksi massa etnis Simlaungun di deoan gedung DPRD Siantar, Senin (14/5).

SIANTAR, metro24jam.com – Kalau tidak ada halangan, 25 Mei 2018 mendatang, DPRD Siantar akan membahas masalah dugaan pelecehan suku Simalungun yang dilakukan Walikota Siantar, Hefriansyah.

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPRD Siantar, Marulitua Hutapea didampingi beberapa anggota DPRD saat menerima asapirasi pengunjuk rasa Gerakan Kebangkitan Simalungun (GKSB), Senin (14/5) sekira jam 12.00 WIB.

Sama seperti sebelumnya, massa aksi meminta DPRD segera memakzulkan atau memberhentikan Hefriansyah sebagai Walikota Siantar. 

“Makzulkan Hefriansyah, makzulkan..!!!” teriak massa yang mengusung puluhan spanduk dan poster di depan kantor DPRD Siantar, Jalan H Adam Malik.

Sempat melakukan orasi secara bergantian selama 30 menit dan tak ada anggota atau pimpinan DPRD yang menerima kehadiran mereka, suasana aksi sempat  memanas. 

Pengunjuk rasa yang mengenakan pakaian adat Simalungun diiringi dengan gondrang tradisional itu berupaya masuk paksa ke gedung DPRD.

“Tolong Satpol PP jangan menghalangi kami. Kami mau bertemu dengan wakil rakyat kami,” ujar pengunjuk rasa, Hotlan Purba kepada personel Satpol PP yang melakukan pengamanan.

Selanjutnya, massa berusaha menerobos masuk tetapi dihalangi puluhan Satpol PP sehingga  terjadi saling dorong untuk kemudian, muncul Ketua DPRD, Marulitua Hutapea didampingi beberapa anggota dewan lainnya.

Hasilnya, Marulitua menegaskan akan menggelar rapat pimpinan dan anggota pada 25 Mei 2018 mendatang untuk membahas aspirasi yang disampaikan massa.

Atas jawaban itu, para demonstran bertekad mengawal dan menunggunya. Apabila rapat tidak dilakukan, mereka akan kembali berunjuk rasa dengan massa yang lebih banyak lagi.

Ditemui setelah aksi unjuk rasa, Marulitua menyampaikan bahwa upaya mediasi dalam kasus tersebut sudah sangat sulit dilakukan. “Sikap pengunjuk rasa sudah tegas,” katanya.

Marulitua melanjutkan, apa pun sikap para pengunjuk rasa, pasti mereka tanggapi. ”Ini sikap politik kita. Kita tanggapi,” ujarnya.

Namun, saat disinggung mengenai sikapnya dalam upaya pemakzulan tersebut, Marulitua tidak bisa memberikan jawaban pasti. “Kalau saya sendiri tidak bisa menjawab itu. Saya juga bukan ketua Fraksi Demokrat, saya anggota fraksi,” jelasnya.

Begitu pula ketika ditanya apakah Hefriansyah memang menista suku Simalungun, Marulitua menjawabnya dengan peribahasa. “Ini seperti api dalam sekam. Apinya kecil, sekarang makin besar,” ucapnya. (fer)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Upacara Kesadaran Nasional di Deliserdang, Bupati Ingatkan Hari Aksara Internasional
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 02:01 WIB

Upacara Kesadaran Nasional di Deliserdang, Bupati Ingatkan Hari Aksara Internasional

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan pimpin upacara Hari Kesadaran Nasional Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Selasa (17/7), di Lapangan Kantor Bupati, bersamaan ...
DPC Partai Garuda Serahkan Berkas Bacaleg ke KPUD Siantar
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 01:45 WIB

DPC Partai Garuda Serahkan Berkas Bacaleg ke KPUD Siantar

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Garuda Pematangsiantar hadir di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pematangsiantar, untuk menyerahkan berkas pengajuan ...
Sambut HBA-58 dan HUT IAD-18, Kejari Deliserdang Bagikan 1.000 Nasi Bungkus
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 01:36 WIB

Sambut HBA-58 dan HUT IAD-18, Kejari Deliserdang Bagikan 1.000 Nasi Bungkus

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencari simpatik masyarakat dalam menyambut Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-58 tahun dan HUT Ikatan ...
Pengedar Sabu Ditembak Mati: Jaringan Rizal Cs dan Kasus 14 Kg Sabu di Namorambe
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 01:23 WIB

Pengedar Sabu Ditembak Mati: Jaringan Rizal Cs dan Kasus 14 Kg Sabu di Namorambe

Salah satu terduga jaringan pengedari sabu yang ditembak mati oleh polisi, Selasa (17/7/2018), merupakan bagian dari jaringan Rizal, yang sebelumnya ...
Maling Kreta Kualat! Sering Beraksi di Masjid, Ditembak Polisi
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 00:57 WIB

Maling Kreta Kualat! Sering Beraksi di Masjid, Ditembak Polisi

Sekali maen berhasil, duo kawanan maling kreta jadi ketagihan. Kemarin, aksi keduanya berakhir setelah ditembak tim anti bandit Polres Binjai ...
Pengedar Sabu Ditembak Mati, Ini Penjelasan Kapolrestabes Medan
Metro 24 Jam - Selasa, 17 Juli 2018 - 21:50 WIB

Pengedar Sabu Ditembak Mati, Ini Penjelasan Kapolrestabes Medan

Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan meringkus 3 pengedar sabu asal Aceh di Jalan Rakyat, Kecamatan Medan Timur, Selasa (17/7/2018) pagi ...