Sabtu, 21 April 2018 | 14.48 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Revitalisasi TPA Terjun, 14 Ha Lahan Mampu Tampung 1500 Ton Sampah per Hari

Revitalisasi TPA Terjun, 14 Ha Lahan Mampu Tampung 1500 Ton Sampah per Hari

Minggu, 15 April 2018 - 20:00 WIB

IMG-56034

TPA Terjun saat ini memiliki lahan seluas 14 hektar, dalam sehari mampu menampung sampah sebanyak 1500 ton dari seluruh Kota Medan. (Syahril/metro24jam.com)

MARELAN, metro24jam.com – Pemerintah Kota (Pemko) Medan tampaknya mulai serius melakukan revitalisasi tempat pembuangan akhir (TPA) Terjun, Jalan Paluh Nibung, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Pada tahun ini, Dinas Perkim Kota Medan selaku pelaksana pengerjaan akan membuka akses jalan untuk pengembangan lahan sisa sekitar 4 hektar di TPA Terjun.

Kepala Seksi TPA Terjun, Pahala Rajagukguk, mengatakan, pihaknya telah menerima konfirmasi revitalisasi atau perluasan sisa lahan sekitar 4 hektar di TPA Terjun.

Revitalisasi sisa lahan yang akan dibuka, rencananya akan dibangun oleh Dinas Perkim Kota Medan pada tahun 2019.

Sebelum pembangunan itu dilaksanakan, tahun ini Dinas Perkim Kota Medan akan membuka akses jalan menuju sisa lahan 4 hekter tersebut.

“Untuk akses membuka lahan itu, rencana tahun ini akan dikerjakan, dan pembangunan sisa lahan akan dikerjakan tahun depan, karena proyek itu masuk anggaran tahun 2019,” jelas Rajagukguk, Minggu (15/4/2018) siang.

Rajagukguk juga menambahkan, TPA Terjun saat ini memiliki lahan seluas 14 hektar, dalam sehari mampu menampung sampah sebanyak 1500 ton dari seluruh kota Medan. Kondisi ini, akan bertahan sampai tahun 2020.

Artinya, proses revitalisasi yang akan dilaksanakan, mampu mengatasi muatan sampah ke depannya, sehingga sampah dapat bertahan hingga tahun 2025.

“Kalau revitalisasi terlaksana, TPA Terjun dapat bertahan hingga tahun 2025. Harapan kita, ini dapat terlaksana pada tahun depan, agar kondisi TPA Terjun bebas dari krisis sampah yang terus menumpuk,” harap Pahala.

Meski demikian, orang nomor satu di TPA Terjun ini mengatakan, lahan baru atau cadangan harus tetap dibuka, agar sampah yang ada di kota Medan dapat ditampung di lokasi baru.

“Jadi, kalau belum ada lahan baru, akan menjadi masalah juga ke depannya. Makanya, kita berharap lahan baru sudah perlu dicari dari sekarang, agar masalah sampah di Kota Medan dapat teratasi,” sebutnya.

Sementara itu, Camat Medan Marelan, T Chairuniza mengatakan, pihaknya belum menerima penjelasan mengenai adanya revitalisasi dan perluasan lahan di TPA Terjun.

“Sejauh ini belum kita terima, biasanya, kalau ada program dari dinas ke wilayah kita, jarang diberi tahu ke kita. Kalaupun ada, sifatnya mendadak. Walaupun begitu, kita bersyukur pelaksanaan revitalisasi itu terlaksana agar sampah di Kota Medan dapat teratasi,” sebut camat akrab disapa Yudi ini. (ril)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Hadiah Akhir Pekan Bertemu Sihar
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 05:05 WIB

Hadiah Akhir Pekan Bertemu Sihar

Waktu makan siang yang dimanfaatkan Sihar Sitorus untuk mengunjungi pusat perbelanjaan di Medan ternyata mengundang perhatian sejumlah pengunjung. Kedatangan Calon ...
Hukuman Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Diperberat
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 04:59 WIB

Hukuman Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Diperberat

Hukuman Savita Linda Hora Panjaitan selaku mantan bendahara pemenangan pasangan calon Walikota/Wakil Walikota Medan Periode 2015-2020 yakni Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma, ...
Kreta Tak Kunjung Ditemukan, Aktivis Pemulung Lapor Kapolda Sumut
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:35 WIB

Kreta Tak Kunjung Ditemukan, Aktivis Pemulung Lapor Kapolda Sumut

Sudah lebih seminggu kreta milik Uba Pasaribu hilang digasak maling. Hingga kini, Polsek Medan Sunggal tak kunjung berhasil menemukan pelaku ...
Jaksa dan Hakim Kompak, Tompel Dipenjara 6 Tahun
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:27 WIB

Jaksa dan Hakim Kompak, Tompel Dipenjara 6 Tahun

Wira Pranata alias Tompel, terdakwa pemilik 8 paket sabu, divonis selama 6 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) ...
Walikota Abaikan Rekomendasi KASN dan DPRD, Pelantikan Pejabat Pemko Siantar Diprotes
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:18 WIB

Walikota Abaikan Rekomendasi KASN dan DPRD, Pelantikan Pejabat Pemko Siantar Diprotes

Pemerintahan Kota (Pemko) Siantar melantik pejabat Eselon III dan IV di ruang data Balai Kota, Jalan Merdeka. Komite Pemerhati Aparatur ...
Bahas Revitalisasi Pasar Horas ‘Panas’, Pedagang Menolak, PD PHJ Tetap Lanjut
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:05 WIB

Bahas Revitalisasi Pasar Horas ‘Panas’, Pedagang Menolak, PD PHJ Tetap Lanjut

Pertemuan pembahasan rencana revitalisasi Pasar Horas antara Aliansi Pedagang Balerong, Kaki Lima dan Kios Tempel (Balimbel) dengan Perusahaan Daerah Pasar ...