Selasa, 19 Juni 2018 | 03.54 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Revitalisasi TPA Terjun, 14 Ha Lahan Mampu Tampung 1500 Ton Sampah per Hari

Revitalisasi TPA Terjun, 14 Ha Lahan Mampu Tampung 1500 Ton Sampah per Hari

Minggu, 15 April 2018 - 20:00 WIB

IMG-56034

TPA Terjun saat ini memiliki lahan seluas 14 hektar, dalam sehari mampu menampung sampah sebanyak 1500 ton dari seluruh Kota Medan. (Syahril/metro24jam.com)

MARELAN, metro24jam.com – Pemerintah Kota (Pemko) Medan tampaknya mulai serius melakukan revitalisasi tempat pembuangan akhir (TPA) Terjun, Jalan Paluh Nibung, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Pada tahun ini, Dinas Perkim Kota Medan selaku pelaksana pengerjaan akan membuka akses jalan untuk pengembangan lahan sisa sekitar 4 hektar di TPA Terjun.

Kepala Seksi TPA Terjun, Pahala Rajagukguk, mengatakan, pihaknya telah menerima konfirmasi revitalisasi atau perluasan sisa lahan sekitar 4 hektar di TPA Terjun.

Revitalisasi sisa lahan yang akan dibuka, rencananya akan dibangun oleh Dinas Perkim Kota Medan pada tahun 2019.

Sebelum pembangunan itu dilaksanakan, tahun ini Dinas Perkim Kota Medan akan membuka akses jalan menuju sisa lahan 4 hekter tersebut.

“Untuk akses membuka lahan itu, rencana tahun ini akan dikerjakan, dan pembangunan sisa lahan akan dikerjakan tahun depan, karena proyek itu masuk anggaran tahun 2019,” jelas Rajagukguk, Minggu (15/4/2018) siang.

Rajagukguk juga menambahkan, TPA Terjun saat ini memiliki lahan seluas 14 hektar, dalam sehari mampu menampung sampah sebanyak 1500 ton dari seluruh kota Medan. Kondisi ini, akan bertahan sampai tahun 2020.

Artinya, proses revitalisasi yang akan dilaksanakan, mampu mengatasi muatan sampah ke depannya, sehingga sampah dapat bertahan hingga tahun 2025.

“Kalau revitalisasi terlaksana, TPA Terjun dapat bertahan hingga tahun 2025. Harapan kita, ini dapat terlaksana pada tahun depan, agar kondisi TPA Terjun bebas dari krisis sampah yang terus menumpuk,” harap Pahala.

Meski demikian, orang nomor satu di TPA Terjun ini mengatakan, lahan baru atau cadangan harus tetap dibuka, agar sampah yang ada di kota Medan dapat ditampung di lokasi baru.

“Jadi, kalau belum ada lahan baru, akan menjadi masalah juga ke depannya. Makanya, kita berharap lahan baru sudah perlu dicari dari sekarang, agar masalah sampah di Kota Medan dapat teratasi,” sebutnya.

Sementara itu, Camat Medan Marelan, T Chairuniza mengatakan, pihaknya belum menerima penjelasan mengenai adanya revitalisasi dan perluasan lahan di TPA Terjun.

“Sejauh ini belum kita terima, biasanya, kalau ada program dari dinas ke wilayah kita, jarang diberi tahu ke kita. Kalaupun ada, sifatnya mendadak. Walaupun begitu, kita bersyukur pelaksanaan revitalisasi itu terlaksana agar sampah di Kota Medan dapat teratasi,” sebut camat akrab disapa Yudi ini. (ril)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
KM Sinar Bangun Tenggelam, 19  Penumpang Sudah Dievakuasi, 1 Meninggal Dunia
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 01:01 WIB

KM Sinar Bangun Tenggelam, 19 Penumpang Sudah Dievakuasi, 1 Meninggal Dunia

Koordinator Basarnas Wilayah Danau Toba, Torang Hutahaean mengatakan saat ini sudah mengkerahkan dua kapal untuk menyelamatkan korban yang masih hilang.Meski ...
Toyota Fortuner Nyebur ke Danau Toba, Sekeluarga dari Bekasi Gagal Liburan
Metro 24 Jam - Senin, 18 Juni 2018 - 22:09 WIB

Toyota Fortuner Nyebur ke Danau Toba, Sekeluarga dari Bekasi Gagal Liburan

Satu unit mobil Toyota Fortuner, B 1915 KJI, yang dikemudikan Lijon Lumbanraja (46), warga Harmoni Blok HZ 16 No 23, ...
Video: Detik-detik Penyelamatan Penumpang KM Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Senin, 18 Juni 2018 - 21:40 WIB

Video: Detik-detik Penyelamatan Penumpang KM Sinar Bangun

Tim penyelamat gabungan masih terus melakukan pencarian penumpang yang menjadi korban dalam insiden terbaliknya KM Sinar Bangun. KM Sinar Bangun ...
KM Sinar Bangun Tenggelam, Poldasu Turunkan Tim Medis, Ini Beberapa Nama Korban Selamat
Metro 24 Jam - Senin, 18 Juni 2018 - 21:19 WIB

KM Sinar Bangun Tenggelam, Poldasu Turunkan Tim Medis, Ini Beberapa Nama Korban Selamat

Tim medis Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu), turun dengan kekuatan penuh membantu para penumpang ke lokasi tenggelamnya Kapal KM Sinar ...
Kapal KM Bangun Tenggelam, 1 Orang Meninggal Dunia
Metro 24 Jam - Senin, 18 Juni 2018 - 20:43 WIB

Kapal KM Bangun Tenggelam, 1 Orang Meninggal Dunia

Tim gabungan masih terus melakukan para penumpang Kapal Kayu KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba perbatasan Kecamatan ...
Kapal KM Bangun Terbalik di Danau Toba, Sudah 16 Penumpang Ditemukan Selamat
Metro 24 Jam - Senin, 18 Juni 2018 - 20:15 WIB

Kapal KM Bangun Terbalik di Danau Toba, Sudah 16 Penumpang Ditemukan Selamat

Tim Basarnas dibantu kepolisian, masih terus melakukan pencarian penumpang Kapal KM Sinar Bangun yang terbalik di Danau Toba. Dua jam ...