Selasa, 19 Juni 2018 | 03.58 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Hefriansyah Lemah, Diminta Perbaiki Komunikasi Politik

Hefriansyah Lemah, Diminta Perbaiki Komunikasi Politik

Minggu, 15 April 2018 - 11:57 WIB

IMG-55989

Kristian Silitonga

SIANTAR, metro24jam.com – Karena berbagai kebijakannya yang dilakukan tak jelas dan cendrung bermasalah, kepemimpinan Walikota Siantar Hefriansyah dinilai kurang tegas bahkan lemah.

“Lemah dalam pengertian menata, memenej dan memimpin pelaksanaan program yang dipimpin walikota bersama SKPD-nya,” demikian Ketua Studi Otonomi Politik (SOPo), Kristian Silitonga, Kamis (12/4) siang.

Selain kelemahan gaya kepemimpinan walikota, fungsi pengawasan DPRD Siantar juga tak lepas dari kritikan Kristian. Dia menilai DPRD tak optimal menjalankan trilogi fungsi, yakni budgeting, legislasi dan pengawasan.

“Persoalan yang kita lihat sekarang, sebagai bukti bahwa kepemimpinan Siantar yang kurang efektif. Mau dibawa kemana arah kebijakan kota ini, belum jelas dibuat oleh walikota, wakil Walikota dan DPRD beserta sejumlah SKPD yang ada,” ucap Kristian.

Siantar saat ini, terangnya, dilihat dari segi mana pun cukup lemah. Mulai dari konsolidasi birokrasi hingga sinergisitas dengan DPRD. Semua dipicu buruknya koordinasi memadai antarlembaga yang ada.

Lebih jauh, Kristian menilai program yang dijalankan walikota dan jajarannya saat ini, ketika bersentuhan langsung dengan warga, masih bersifat parsial, sepihak dan kurang melibatkan stakeholder.

“Kita melihat secara objektif, ada sinergi yang tak jalan antara walikota dengan DPRD. Ada komunikasi yang terputus terlihat di berbagai persoalan,” ujarnya.

Diutarakannya, segala persoalan yang saat ini terjadi masih persoalan  hilir. Persoalan paling pokok sebenarnya persoalan hulu kebijakan. Misalnya tentang kegiatan, dirinya khawatir segala program dari Pemko Siantar belum didesain secara benar dan kurang tepat sasaran sehingga kurang terasa.

“Masalah paling mendasar sebenarnya di tingkat hulu kebijakan. Karena tak jelasnya arah kreatifitas dan kurangnya ketegasan walikota beserta jajarannya. Semua terlihat masih serba prosedural,” tutur Kristian.

Sarannya, ke depan walikota diminta memperbaiki pola komunikasi politiknya, untuk segala persoalan yang ada. “Ujung semua ketidakoptimalan ini dalam konteks otonomi sekarang, bergantung pada kreatifitas dan terobosan kepala daerahnya,” jelasnya.

Dijelaskannya lebih jauh, dalam desain kebijakan publik tak hanya rencana dan implementasi, namun juga pengawasan.

“Artinya kebijakan yang baik sekali pun, jika tak diawasi, tak akan terukur. Sehingga di sini peran DPRD melakukan perannya. Apalagi program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tuturnya.

Dalam amatan Kristian, ada sesuatu yang tak beres komunikasi antara walikota dan DPRD, sehingga dua lembaga itu seperti tidak sejalan dalam menjalankan program pemerintahan.

“Saya tak tahu apa yang terjadi antara DPRD dengan walikota, mungkin mereka lah yang tahu,” sambungnya.

Begitu pun dia berharap, Walikota Hefriansyah bisa menangkap getaran yang ada pada warga. Semua program itu baik, namun bukan skala prioritas. (Harus) dimulai dari musyawarah rencana pembangunan dan ada desain untuk program Pemko Siantar. (Tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
KM Sinar Bangun Tenggelam, 19  Penumpang Sudah Dievakuasi, 1 Meninggal Dunia
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 01:01 WIB

KM Sinar Bangun Tenggelam, 19 Penumpang Sudah Dievakuasi, 1 Meninggal Dunia

Koordinator Basarnas Wilayah Danau Toba, Torang Hutahaean mengatakan saat ini sudah mengkerahkan dua kapal untuk menyelamatkan korban yang masih hilang.Meski ...
Toyota Fortuner Nyebur ke Danau Toba, Sekeluarga dari Bekasi Gagal Liburan
Metro 24 Jam - Senin, 18 Juni 2018 - 22:09 WIB

Toyota Fortuner Nyebur ke Danau Toba, Sekeluarga dari Bekasi Gagal Liburan

Satu unit mobil Toyota Fortuner, B 1915 KJI, yang dikemudikan Lijon Lumbanraja (46), warga Harmoni Blok HZ 16 No 23, ...
Video: Detik-detik Penyelamatan Penumpang KM Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Senin, 18 Juni 2018 - 21:40 WIB

Video: Detik-detik Penyelamatan Penumpang KM Sinar Bangun

Tim penyelamat gabungan masih terus melakukan pencarian penumpang yang menjadi korban dalam insiden terbaliknya KM Sinar Bangun. KM Sinar Bangun ...
KM Sinar Bangun Tenggelam, Poldasu Turunkan Tim Medis, Ini Beberapa Nama Korban Selamat
Metro 24 Jam - Senin, 18 Juni 2018 - 21:19 WIB

KM Sinar Bangun Tenggelam, Poldasu Turunkan Tim Medis, Ini Beberapa Nama Korban Selamat

Tim medis Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu), turun dengan kekuatan penuh membantu para penumpang ke lokasi tenggelamnya Kapal KM Sinar ...
Kapal KM Bangun Tenggelam, 1 Orang Meninggal Dunia
Metro 24 Jam - Senin, 18 Juni 2018 - 20:43 WIB

Kapal KM Bangun Tenggelam, 1 Orang Meninggal Dunia

Tim gabungan masih terus melakukan para penumpang Kapal Kayu KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba perbatasan Kecamatan ...
Kapal KM Bangun Terbalik di Danau Toba, Sudah 16 Penumpang Ditemukan Selamat
Metro 24 Jam - Senin, 18 Juni 2018 - 20:15 WIB

Kapal KM Bangun Terbalik di Danau Toba, Sudah 16 Penumpang Ditemukan Selamat

Tim Basarnas dibantu kepolisian, masih terus melakukan pencarian penumpang Kapal KM Sinar Bangun yang terbalik di Danau Toba. Dua jam ...