Sabtu, 21 April 2018 | 14.56 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Kejatisu Ancam Kembalikan Berkas JR Saragih, Ada Apa?

Kejatisu Ancam Kembalikan Berkas JR Saragih, Ada Apa?

Kamis, 5 April 2018 - 20:31 WIB

IMG-55514

JR Saragih usai pemeriksaan di Bawaslu beberapa waktu lalu. (file/metro24jam.com)

KEJATISU, metro24jam.com – Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) mengancam akan mengembalikan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dan berkas pemeriksaan JR Saragih ke penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Res Krimum) Poldasu.

Alasannya, sudah 7 hari terlewati setelah berkas perkara Bupati Simalungun itu dinyatakan lengkap (P21), beberapa waktu lalu, penyidik belum juga melakukan pelimpahan tahap dua (tersangka dan barang bukti).

JR Saragih ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penggunaan dokumen atau tandatangan palsu saat mendaftar sebagai calon Gubernur Sumut periode 2018-2023 di KPU Sumut.

“Karena ini Undang-Undang Pilkada, jadi waktunya dibatasi. Dalam UU tersebut, penyidik diberi waktu selama 7 hari untuk pelimpahan tahap dua. Nah, ini kan sekarang waktunya sudah lewat,” jelas Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejatisu, Sumanggar Siagian kepada wartawan, Kamis (5/4/2018) sore.

Oleh karena itu, tak lama lagi Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan menyurati penyidik kepolisian untuk segera dilakukan pelimpahan tahap dua.

“Kita akan surati penyidik,” ujar Sumanggar. Jika surat dari JPU tersebut tidak diindahkan, maka JPU akan mengembalikan SPDP dan berkas milik JR Saragih.

Untuk itu, Sumangar berharap, penyidik profesional dalam menangani perkara tersebut, mengingat kasus ini sudah menjadi perhatian masyarakat luas.

“Saat ini, kita hanya bisa menunggu sampai batas waktu yang ditentukan,” cetus mantan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Binjai itu.

Berkas perkara milik JR Saragih telah dilimpahkan dalam tahap satu oleh penyidik Poldasu Kejatisu pada Senin (26/3/2018) lalu. Tak lama, JPU menyatakan berkas tersebut telah lengkap.

Sebelumnya, Kejatisu telah memastikan tiga jaksa Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yaitu Amru Siregar, Haslinda dan Irma Hasibuan yang menangani kasus ini. Penunjukkan ketiganya setelah Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) diterima Kejatisu dari Poldasu.

Diketahui, Gakkumdu yang merupakan gabungan penyidik dari Polda Sumut, Kejati Sumut dan Bawaslu Sumut menetapkan JR Saragih sebagai tersangka dugaan pemalsuan dokumen (tanda tangan). (rez)

BACA JUGA:
Panggilan Pertama Mangkir, JR Saragih Gagal Dilimpahkan ke Jaksa


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Hadiah Akhir Pekan Bertemu Sihar
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 05:05 WIB

Hadiah Akhir Pekan Bertemu Sihar

Waktu makan siang yang dimanfaatkan Sihar Sitorus untuk mengunjungi pusat perbelanjaan di Medan ternyata mengundang perhatian sejumlah pengunjung. Kedatangan Calon ...
Hukuman Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Diperberat
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 04:59 WIB

Hukuman Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Diperberat

Hukuman Savita Linda Hora Panjaitan selaku mantan bendahara pemenangan pasangan calon Walikota/Wakil Walikota Medan Periode 2015-2020 yakni Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma, ...
Kreta Tak Kunjung Ditemukan, Aktivis Pemulung Lapor Kapolda Sumut
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:35 WIB

Kreta Tak Kunjung Ditemukan, Aktivis Pemulung Lapor Kapolda Sumut

Sudah lebih seminggu kreta milik Uba Pasaribu hilang digasak maling. Hingga kini, Polsek Medan Sunggal tak kunjung berhasil menemukan pelaku ...
Jaksa dan Hakim Kompak, Tompel Dipenjara 6 Tahun
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:27 WIB

Jaksa dan Hakim Kompak, Tompel Dipenjara 6 Tahun

Wira Pranata alias Tompel, terdakwa pemilik 8 paket sabu, divonis selama 6 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) ...
Walikota Abaikan Rekomendasi KASN dan DPRD, Pelantikan Pejabat Pemko Siantar Diprotes
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:18 WIB

Walikota Abaikan Rekomendasi KASN dan DPRD, Pelantikan Pejabat Pemko Siantar Diprotes

Pemerintahan Kota (Pemko) Siantar melantik pejabat Eselon III dan IV di ruang data Balai Kota, Jalan Merdeka. Komite Pemerhati Aparatur ...
Bahas Revitalisasi Pasar Horas ‘Panas’, Pedagang Menolak, PD PHJ Tetap Lanjut
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:05 WIB

Bahas Revitalisasi Pasar Horas ‘Panas’, Pedagang Menolak, PD PHJ Tetap Lanjut

Pertemuan pembahasan rencana revitalisasi Pasar Horas antara Aliansi Pedagang Balerong, Kaki Lima dan Kios Tempel (Balimbel) dengan Perusahaan Daerah Pasar ...