Selasa, 19 Juni 2018 | 23.19 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Polrestabes Medan Tabligh Akbar dan Dzikir dengan Ribuan Masyarakat

Polrestabes Medan Tabligh Akbar dan Dzikir dengan Ribuan Masyarakat

Senin, 2 April 2018 - 08:26 WIB

IMG-55255

Kapoldasu bersama, Walikota Medan dan para ulama serta pejabat yang hadir dalam Tabligh Akbar. (ist/mero24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Ribuan masyarakat yang kebanyakan terdiri anak-anak muda dan remaja, memadati Lapangan Merdeka Medan mengikuti acara Tabligh Akbar, yang diselenggarakan Polrestabes Medan, Sabtu (31/3/2018) sekira jam 20.00 wib.

Acara tersebut digelar dengan Tema “Melalui Dzikir Bersama Kita Pelihara Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Demi Terwujudnya Kamtibmas Kota Medan dan Sekitarnya uang Kondusif”.

Diisi penceramah kondang, Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA, yang merupakan Imam Besar Mesjid Istiqlal Jakarta, kegiatan tersebut diawali sholat Isya berjamaah yang dipimpin Kapolsek Patumbak, Kompol Yasir Ahmadi SH SIK MH, sebagai imam.

Dari ribuan masyarakat, juga turut hadir, Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi (Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Ekonomi), Kapoldasu Irjren Pol Paulus Waterpauw, Wakapoldasu Brigjend Pol Agus Andrianto, Irwasda, PJU Polda Sumut, Kapolres Belawan, Kapolres Langkat.

Selain itu, hadir juga Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin MSi, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Bambang Herqutanto, Ketua MUI Kota Medan Prof M Hatta, Ketua Tanfidfidziah PW NU Sumut Drs H Afifuddin Lubis MSi, Ketua Muhammadiyah Kota Medan Anwar Sembiring.

Juga, Majelis Taklim KBIH Jabal Noor Ustadz KH Zulfikar Hajar Lc, Pengasuh Pengajian Majelis Taklim Halimah dan Ketua Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) Sumut Hj Bunda Indah, Buya Dr KH Amiruddin, serta tokoh agama Islam dan orang berpengaruh lainnya dan undangan yang mencapai 3000 orang.

Kegiatan acara ini maksud dan tujuan Dzikir dan Tabligh Akbar, untuk mempersatukan elemen masyarakat agar terhindarnya dari isu-isu negatif dan konflik antar agama. Tabligh akbar ini juga bertujuan untuk memelihara kesatuan dan persatuan demi terwujudnya Kamtibmas di wilayah Sumatera Utara. Pembukaan acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qori H. Fadlan ZA.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr. Dadang Hartanto SH SIK MSi selaku penyelenggara mengatakan, sangat berterimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tamu yang telah hadir dan selamat datang kepada Prof Dr KH Nasaruddin MA, yang di tengah kesibukannya masih menyempatkan waktu untuk memberikan tausiah kepada warga Kota Medan.

Menjelang Pilkada Sumut 2018 mendatang, diharapkan suasana wilayah Kota Medan tetap terjaga aman dan kondusif.

“Tentunya untuk mewujudkan hal ini diperlukan kerjasama dengan seluruh pihak khususnya para tokoh agama guna membantu menyejukkan suasana Kota Medan,” ujarnya Dadang Hartanto.

Kapolrestabes juga menambahkan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memelihara kesatuan dan persatuan, khususnya di Sumut demi terwujudnya Kamtibmas yang baik di wilayah Sumatera Utara.

“Wilayah Kota Medan ini merupakan barometer wilayah Sumatera Utara oleh karena itu kita bersama harus menjaga keamanan dan kondusifitas Kota Medan terkhusus saat Pilkada 2018,” jelasnya.

Kombes Pol Dr Dadang Hartanto menambahkan, tabligh akbar yang direncanakan ini merupakan dzikir dan do’a, untuk melakukan yang terbaik, yang sudah dilakukan dan harus diserakan kepada Allah SWT.

Dan berharap somoga apa yang dilaksanakan berjalan dengan baik. Dalam hal ini, seluruhnya agar mendo’a kan dan membawa daerah Kota Medan menjadi kondusif.

“Kita tau bahwa Pilkada ini mempunyai tingkat kerawanan yang harus di kelola dengan baik, karena disitu terjadi keterbelahan berdasarkan pilihan. Maka, sebagai pesta demokrasi kita tidak perlu khawatir dengan pilihan,” ucap Dadang, menyinggung masalah Pilkada.

Jamaah pria yang hadir pada acara Tabligh Akbar. (ist/metro24jam.com)

Dengan doa dan dzikir ini, sambungnya, seluruhnya ingat kepada Allah. Meski pun ada perbedaan dalam pilihan kita tidak boleh saling bermusuhan. Karena perbedaan dalam pilihan itu adalah hal yang biasa.

“Silaturrahim dapat selalu terjaga semoga kita bisa membawa Kota Medan lebih kondusif, lebih harmonis masyarakatnya bahagia sejahtera dan bisa lebih maju,” tutup Kombes Pol Dadang Hartanto.

Sementara staf Ahli Kapori Irjen Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono dalam kata sambutannya mengatakan, terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir dikegiatan tabligh akbar. Dan atas kehadiran KH Nasarudin Umar yang selalu menyampaikan begitu banyak ajaran agama Islam yang menghormati keberagaman, menjalin silaturahmi, serta toleransi satu sama lain.

Di malam yang penuh dengan kedamaian dan kesejukan tersebut ia berharap diberi nikmat kesempatan dan kesehatan untuk mengikuti kegiatan tabligh akbar dan dzikir bersama di tempat acara itu.

“Kedatangan saya ke Sumut sebenarnya hanyalah untuk memberikan orasi ilmiah dan silaturahmi dengan pengurus Al Washliyah. Namun setelah mendengar kegiatan ini dari Bapak Kapoldasu, saya merubah jadwal untuk dapat hadir dalam kegiatan ini dan mendengar tausiah,” aku Eddy Pramono.

Dirinya menjelaskan, bahwa melihat seluruh elemen masyarakat yang hadir baik TNI-Polri, dapat mewujudkan wilayah yang dan kondusif. Jika kegiatan ini dilaksanakan secara terus menerus, maka pembangunan di Kota Medan ini akan cepat sesuai dicita citakan masyarakat dan kesejahteraan akan segera dicapai dikarenakan adanya sinergitas dari seluruh elemen.

Saat ini, lanjut dia, kita tengah menghadapi pesta demokrasi. Di dalamnya terdapat beberapa tahapan. Salah satunya tahapan kampanye yang dilakukan bakal pasangan calon untuk dapat memenangkan Pilkada.

Dalam situasi seperti ini, ada oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan situasi ini untuk memecah belah bangsa seperti adanya Black campaign, merebaknya isu-isu ujaran kebencian, SARA dan pemberitaan hoax yang dapat merusak jalinan silaturahmi antar masyarakat.

“Jika Sumut menjadi barometer keamanan di Indonesia, maka kita bersama sama kita harus menjaganya. Saya bangga melihat banyak generasi millenial yang hadir dalam acara ini. Ini merupakan suatu kemajuan dan mudah-mudahan semakin banyak generasi muda yang ikut dalam berbagai kegiatan positif seperti ini,” ucapnya.

Jamaah wanita pada acara Tabligh Akbar. (ist/metro24jam.com)

Sementara itu, Ketua MUI Kota Medan Prof Mhd. Hatta dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih kepada Kapolda dan rombongan, Kapolrestabes Medan serta para hadirin dan hadirat dan jamaah yang telah datang.

Dalam pidatonya, ia menyebut, tradisi Islam pengajian adalah hal yang dilalui oleh suatu muslim sejak kecil hingga dewasa. Dalam pengajian diajarkan akhlak-akhlak yang baik yang nantinya akan terbawa hingga dewasa. Kegiatan ini akan berpengaruh terhadap persatuan dan kesatuan Sumut terkhusus Kota Medan.

Maka menurutnya, kehadiran tokoh-tokoh nasional menciptakan kebhinekaan kesatuan republik Indonesia yang harus dijunjung bersama bahwa kita cinta terhadap segala sesuatu yang ada di Indonesia.

Acara pun dilanjutkan dengan dzikir bersama dipandu oleh Ustadz Afif Saleh Adri yang diikuti secara khidmad oleh seluruh jemaah yang hadir.

Selesai acara dzikir dilanjutkan ceramah oleh Prof Dr KH Nasaruddin Umar MA, yang membahas tentang Keutamaan Nabi Muhammad SAW, Kitab Suci Al-Qur’an, Keistimewaan Indonesia dengan beragam budaya, agama dan adat, namun tetap hidup dalam damai dan penuh toleransi, serta tentang pemerintahan Indonesia untuk mempererat persatuan dan kesatuan NKRI, acara ditutup dengan do’a bersama. (vin)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Daftar Terbaru,  147 Penumpang KM Sinar Bangun Belum Ditemukan
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 18:18 WIB

Daftar Terbaru, 147 Penumpang KM Sinar Bangun Belum Ditemukan

Berdasarkan daftar terbaru yang dirilis Posko Bencana Danau Toba, hingga Selasa (19/6/2018), ada 147 penumpang yang dinyatakan hilang dalam musibah ...
KM Sinar Bangun Tenggelam, 94 Korban Belum Ditemukan, Ini Daftarnya
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 16:41 WIB

KM Sinar Bangun Tenggelam, 94 Korban Belum Ditemukan, Ini Daftarnya

Tim penyelamat gabungan terus melakukan pencarian terhadap para korban yang dinyatakan hilang dalam peristiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun, hingga Selasa ...
PDPM Protes Keras Logo Muhammadiyah Dicatut Relawan Ashari-Yusuf
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 15:54 WIB

PDPM Protes Keras Logo Muhammadiyah Dicatut Relawan Ashari-Yusuf

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Deliserdang menyayangkan logo Muhammadiyah dicatut untuk mendukung calon Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan - Yusuf ...
Pihak Ini Paling Bertanggungjawab Atas Tragedi KM Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 13:21 WIB

Pihak Ini Paling Bertanggungjawab Atas Tragedi KM Sinar Bangun

Tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun di perairan Danau Toba sangat disesalkan Sekretaris Komisi D DPRD Sumatera Utara (Sumut), ...
Djoss Diyakini Unggul di Deliserdang
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 11:53 WIB

Djoss Diyakini Unggul di Deliserdang

Pasangan Djarot Sihar Sitorus diyakini unggul di Deliserdang. Bahkan ditarget 75 persen suara di Deliserdang akan jatuh pada pasangan yang ...
Video: Detik-detik Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 11:47 WIB

Video: Detik-detik Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Awan gelap mengiringi jerit tangis penumpang Kapal Motor Sinar Bangun saat tenggelam di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018) sekira jam ...