Minggu, 22 Juli 2018 | 16.06 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Fatimah Siregar, Cuap-Cuap Soal Tol & Pariwisata

Fatimah Siregar, Cuap-Cuap Soal Tol & Pariwisata

Selasa, 13 Maret 2018 - 09:22 WIB

IMG-54065

Rapat Komisi I DPRD Siantar dengan Kadis Pariwisata.(Elisbet/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I dan Dinas Pariwisata Siantar, Senin (12/3/2018), sejumlah anggota DPRD Siantar mempertanyakan proyek jalan tol yang saat ini menjadi program pemerintah pusat.

Terkait hal itu, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Siantar, Fatimah Siregar menjelaskan, dia sudah berkoordinasi dengan Kementrian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk membahas nasib Kota Siantar.

Dalam rapat tersebut, Fatimah menyebutkan, Kota Siantar menjadi simpul penting dalam pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke, Danau Toba dan Bandara Silangit.

“Jadi kita jelaskan di sana. Karena kita jelaskan dari jarak tempuh antara Bandara Silangit ke Danau Toba dan Bandara Kualanamu ke Danau Toba tak ada bedanya,” katanya, seraya menyebut banyak alam yang dapat dinikmati kalau dari Kota Siantar ke Danau Toba.

Terkait sisi ekonomi, dia berkilah Kota Siantar menjadi salah satu kota di Sumut yang memiliki kantor perwakilan Bank Indonesia (BI), menandakan perekonomian di Kota Siantar sangat baik.

“Di Siantar ini juga rumah sakitnya sangat memadai, kemudian dari kulinernya juga sangat baik, dan segala distributor dari makanan itu diambilnya dari Kota Siantar,” terangnya di depan sejumlah anggota Komisi I DPRD Siantar.

Terkait keberagaman penduduknya, Fatimah menjelaskan bahwa Kota Siantar merupakan kota yang paling toleran di Indonesia. “Kalau ada pengunjung datang menanyakan makanan kalau dia berpakaian Muslim orang Siantar sudah tahu mau membawanya kemana, kemudian untuk yang non Muslim ada pangsit yang sudah cukup dikenal,” paparnya.

Fatimah kemudian mendadak menyebut saat ini Kota Siantar menjadi kota penghubung, hal ini terungkap juga pada saat pertemuan pihaknya di kementrian. “Siantar menjadi daerah pengubung atau pintu masuk KEK Sei Mangke dan Danau Toba. Namun untuk pintu tol saya tidak bisa menjelaskan karena itu adalah pekerjaan dari pusat, jadi bukan kapasitas kita menjelaskan,” tuturnya.

Diterangkan Fatimah, terkait hari jadi Kota Siantar nanti akan ada acara yakni Semarak Budaya (Serbu) Kota Siantar yang saat ini dikerjakan oleh Kreasi Anak Siantar (KAS) dari tanggal 23-28 April.

“Di situ nanti akan adakan pertandingan permainan tradisional antar sekolah SD sampai SMP se Kota Siantar, mengadakan kanvas pluralisme dengan menampilkan soal keberagaman di Siantar dan kemilau modren kreatif,” ucapnya.

Dalam acara Kemilau Modern Kreatif akan diisi oleh seluruh komunitas di Kota Siantar yang saat sudah mendaftar sebanyak 13 komunitas. “Jadi saya sudah berbicara dengan Bekraf agar mereka nanti diberikan bantuan dalam bentuk pelatihan dan kebutuhan alat,” tutupnya. (els)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Deklarasi Ganti & Dukung Presiden di Medan, Spanduk Eramas Dukung Jokowi Bertebaran
Metro 24 Jam - Minggu, 22 Juli 2018 - 15:26 WIB

Deklarasi Ganti & Dukung Presiden di Medan, Spanduk Eramas Dukung Jokowi Bertebaran

Polrestabes Medan mengambil langkah pengamanan khusus terkait deklarasi dua kelompok massa pendukung Jokowi Dua Periode dan massa pendukung Ganti Presiden ...
Bawa Sabu 3 Kg dari Malaysia Lewat Tanjungbalai, Warga Tanjungpinag Ditembak
Metro 24 Jam - Minggu, 22 Juli 2018 - 14:34 WIB

Bawa Sabu 3 Kg dari Malaysia Lewat Tanjungbalai, Warga Tanjungpinag Ditembak

Personel Satuan Reserse Narkoba Tanjungbalai berhasil meringkus seorang pria yang membawa sabu seberat 3 kilogram, Sabtu (21/7/2018) sekira jam 5.00 ...
3 Kelompok Massa Sampaikan Aspirasi Pilpres
Metro 24 Jam - Minggu, 22 Juli 2018 - 14:08 WIB

3 Kelompok Massa Sampaikan Aspirasi Pilpres

Tiga kelompok massa melakukan aksi untuk menyampaikan aspirasi mereka serta mendeklarasikan sikap politik, terkait Pilpres 2019, di Medan, Minggu (22/7/2018). ...
Pengadaan Ternak Sapi di Dinas Pertanian Deliserdang Diperiksa Kejari?
Metro 24 Jam - Minggu, 22 Juli 2018 - 09:34 WIB

Pengadaan Ternak Sapi di Dinas Pertanian Deliserdang Diperiksa Kejari?

Dinas Pertanian Deliserdang dikabarkan diperiksa Kejari Deliserdang. Hal itu disebutkan oleh seorang sumber metro24jam.com, Sabtu (21/7/2018), di Lubukpakam. Pemeriksaan dikatakan ...
Gol! Penghina Suku Batak Ditangkap Polisi
Metro 24 Jam - Minggu, 22 Juli 2018 - 00:43 WIB

Gol! Penghina Suku Batak Ditangkap Polisi

Faisal Abdi alias Bombay alias Memet, terduga pelaku ujaran kebencian terhadap suku Batak, ditangkap polisi, Jumat (20/7/2018) sekira jam 22.00 ...
Aziz Mirza Korban Kebakaran Meninggal Dunia, Pemilik Gina Cafe & Resto Berduka
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 Juli 2018 - 21:00 WIB

Aziz Mirza Korban Kebakaran Meninggal Dunia, Pemilik Gina Cafe & Resto Berduka

Peristiwa kebakaran di Cafe Gina & Resto, Kamis (19/7/2018) lalu akhirnya mengambil korban jiwa. Aziz Mirza (17) salam seorang karyawan ...