Selasa, 19 Juni 2018 | 23.00 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap

Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:04 WIB

IMG-52347

Dwi Suhatmoko di Mapolsek Sunggal. (ist/metro24jam.com)

SUNGGAL, metro24jam.com – Berakhir sudah aksi pelarian Dwi Suhatmoko (37). Setelah buron selama setengah tahun lebih, pria yang tinggal di Jalan Dwikora, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan sunggal itu akhirnya diamankan petugas Polsek Sunggal, Senin (12/2/2018) lalu.

Informasi diperoleh, Dwi diamankan personel Polsek Sunggal terkait kasus pencurian di dalam bengkel milik Agus Syahputra (34), warga Jalan Jamin Ginting, Komplek Royal Sumatera, di Jalan Sei Serayu Kelurahan Babura Kecamatan Medan Sunggal, Senin (17/7/2017) silam.

Kala itu, Dwi bersama rekannya Ega Ramadan (24) sedang sibuk mencuri kabel listrik yang terpasang di bengkel tersebut. Tanpa diketahui keduanya, warga yang mengetahui aksi keduanya langsung mengepung kedua pelaku. Alhasil, Ega Ramadan pun berhasil diamankan warga. Sementara Dwi berhasil kabur dari kepungan warga.

Sementara pemilik bengkel yang mendapat informasi dari warga pun langsung mendatangi lokasi. Di sana, Agus Syahputra mendapati seluruh eayar yang terpasang di bengkel miliknya telah dilucuti kedua pelaku. Tak senang, Agus pun menggiring pelaku Ega ke Polsek Sunggal guna proses hukum.

“Dari hasil interogasi, pelaku Ega mengaku menjalankan aksinya dengan pelaku Dwi. Pada saat itu Dwi kita tetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO),” tegas Kapolsek Sunggal, Kompol Wira Prayatna, Sabtu (17/2/2018).

Lebih dari setengah tahun menjadi buronan petugas, keberadaan pelaku Dwi Suhatmoko pun terhendus petugas. Bermodalkan informasi dari masyarakat, petugas pun berhasil mengamankan pelaku di Jalan Setiabudi Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal.

“Pelaku Dwi kita amankan tepat di simpang Sei Serayu. Sementara rekannya Ega sudah kita limpahkan ke JPU dan sedang menjalani hukuman di Rutan Tanjung Gusta,” beber Wira.

Dari hasil interogasi, kata mantan Kapolsek Delitua itu, pelaku Dwi merupakan residivis beberapa kasus pencurian. Pelaku pernah melakukan Tindak Pidana Pencurian sepeda motor pada tahun 2012 dan menjalani hukuman selama 1 tahun.

Selain itu, pelaku juga tersangkut kasus pembongkaran toko butik tahun 2015 di Jalan Setiabudi dan pencurian kabel Telkom di Jalan Setiabudi.

“Pelaku ini sudah sangat meresahkan masyarakat karena sering melakukan pemerasan/pemalakan terhadap pedagang-pedagang disekitar Jalan Setiabudi,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, pelaku di persangkakan kasus pencurian dengan pemberatan dengan pasal 363 ayat 2 KUHPidana. “Hukumannya 9 tahun penjara,” pungkas Wira.(put)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Daftar Terbaru,  147 Penumpang KM Sinar Bangun Belum Ditemukan
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 18:18 WIB

Daftar Terbaru, 147 Penumpang KM Sinar Bangun Belum Ditemukan

Berdasarkan daftar terbaru yang dirilis Posko Bencana Danau Toba, hingga Selasa (19/6/2018), ada 147 penumpang yang dinyatakan hilang dalam musibah ...
KM Sinar Bangun Tenggelam, 94 Korban Belum Ditemukan, Ini Daftarnya
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 16:41 WIB

KM Sinar Bangun Tenggelam, 94 Korban Belum Ditemukan, Ini Daftarnya

Tim penyelamat gabungan terus melakukan pencarian terhadap para korban yang dinyatakan hilang dalam peristiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun, hingga Selasa ...
PDPM Protes Keras Logo Muhammadiyah Dicatut Relawan Ashari-Yusuf
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 15:54 WIB

PDPM Protes Keras Logo Muhammadiyah Dicatut Relawan Ashari-Yusuf

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Deliserdang menyayangkan logo Muhammadiyah dicatut untuk mendukung calon Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan - Yusuf ...
Pihak Ini Paling Bertanggungjawab Atas Tragedi KM Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 13:21 WIB

Pihak Ini Paling Bertanggungjawab Atas Tragedi KM Sinar Bangun

Tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun di perairan Danau Toba sangat disesalkan Sekretaris Komisi D DPRD Sumatera Utara (Sumut), ...
Djoss Diyakini Unggul di Deliserdang
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 11:53 WIB

Djoss Diyakini Unggul di Deliserdang

Pasangan Djarot Sihar Sitorus diyakini unggul di Deliserdang. Bahkan ditarget 75 persen suara di Deliserdang akan jatuh pada pasangan yang ...
Video: Detik-detik Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Selasa, 19 Juni 2018 - 11:47 WIB

Video: Detik-detik Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Awan gelap mengiringi jerit tangis penumpang Kapal Motor Sinar Bangun saat tenggelam di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018) sekira jam ...