Rabu, 21 Februari 2018 | 18.13 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Terpidana Seumur Hidup Divonis Mati

Terpidana Seumur Hidup Divonis Mati

Kamis, 15 Februari 2018 - 08:55 WIB

IMG-52200

Terdakwa Udo Tohar yang divonis mati. (Reza/metro24jam.com)

PENGADILAN, metro24jam.com – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan menjatuhkan vonis hukuman mati kepada terpidana seumur hidup, Udo Tohar yang terbukti mengendalikan sabu seberat 17 Kg dari Lapas Klas IA Tanjung Gusta, Rabu (14/2/2018).

Dalam sidang yang digelar di Ruang Cakra VII, mejelis hakim yang diketuai oleh Sapril Batubara menyebut ?Udo Tohar terbukti sah dan meyakinkan telah melakukan permufakatan jahat, memiliki dan menguasai narkotika golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram.

“Menjatuhkan hukuman dengan pidana mati,” ucap Sapril Batubara yang membacakan putusan.

Majelis hakim menganggap tidak ada hal meringankan untuk terpidana seumur hidup itu. Sementara hal yang memberatkan, terdakwa mengulangi perbuatan yang sama dan tidak ada merasa menyesal.

Udo Tohar dinyatakan terbukti melanggar pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Vonis yang dijatuhkan sesuai dengan tuntutan JPU, Sindu Hutomo.

Usai mendengar vonis hakim, Udo Tohar keluar ruang sidang dikawal pengawal tahanan (waltha), memarahi wartawan yang memotret. “Apa lagi kalian? Kok foto-foto? Sudah tak usah foto-foto aku lagi,” ucapnya dengan wajah beringas.

Udo Tohar divonis seumur hidup karena terjerat kasus sabu seberat 6 Kg. Ia diamankan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Oktober 2014 lalu. Dari balik penjara, Udo Tohar tetap menjalankan bisnis haramnya hingga akhirnya dipidana mati.

JPU Sindu Hutomo menyebut, lima terdakwa lainnya sudah lebih dulu disidang dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh hakim PN Medan pada 13 Agustus 2016 lalu.

“Julianto bersama empat terdakwa lain berperan sebagai kurir masing-masing bernama Bambang Zulkarnain Sayuti, Sofyan Dalimunthe, Dedy Guntary Panjaitan dan Saiful Amri alias Amat dijatuhi hukuman seumur hidup. Bahkan, ditingkat kasasi mereka juga dihukum seumur hidup,” jelasnya.

Penangkapan terhadap Udo Tohar merupakan pengembangan dari kasus yang menjerat Julianto. Petugas BNN menemukan keterlibatan Udo Tohar setelah melacak nomor hape kurir narkoba 17 Kg yang diperintahkan Julianto untuk membawa sabu.

“Petugas kemudian memeriksa Tohar dan menemukan empat unit hape di selnya. Dari hape ini terbukti keterlibatan Tohar,” tutur Sindu. Seluruh terdakwa dalam kasus narkoba 17 Kg sabu diamankan dari sejumlah tempat di Medan dan Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan pada Mei 2016 lalu. (rez)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:51 WIB

Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu

Suasana pagi di Jalan Persatuan, Dusun I, Desa Tuntungan (Pondok Keling), Kecamatan Pancurbatu mendadak heboh dan haru biru. Pasalnya, empatbelas ...
DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:01 WIB

DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang

Susi Juliana Simanjuntak alias Yuli akhirnya dimintai keterangan lebih lanjut terkait laporan tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan yang ...
Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 15:25 WIB

Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik

Puluhan siswa-siswi SMK Negeri 1 Galang mendapatkan edukasi cara berkendara sepeda motor yang baik dari PT Indako Trading Coy Medan ...
Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:43 WIB

Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak

Erupsi gunung Sinbaung menyemburkan awan panas pada Senin (19/2/2018) pagi, berimbas pada pertanian di beberapa desa yang berada persis di ...
Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:32 WIB

Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai

Sebanyak 324 mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara (FKM USU) melakukan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Nusantara. Mereka akan ...
Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:28 WIB

Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Sihar Sitorus bikin heboh Sun Plaza. Pasalnya, pasangan Djarot Saiful Hidayat itu tak terlihat ...