Rabu, 21 Februari 2018 | 18.11 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Keluarga Protes JPU, Terdakwa Bantah Lakukan Curanmor

Keluarga Protes JPU, Terdakwa Bantah Lakukan Curanmor

Kamis, 15 Februari 2018 - 09:00 WIB

IMG-52196

Terdakwa Fendri Marulitua Siregar dan Suparman Tanjung. (Reza/metro24jam.com)

PN MEDAN, metro24jam.com – Sidang kasus pencurian kendaraan bermotor di Pengadilan Negeri (PN) Medan ricuh, Rabu (14/2) sore. Keluarga terdakwa Fendri Marulitua Siregar dan Suparman Tanjung memperotes barang bukti yang diperlihatkan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Rina Sari Sitepu.

Merrian Cristi Putri Hutagaol, istri terdakwa Fendri mengatakan, dalam sidang pembacaan dakwaan JPU hanya memperlihatkan barang bukti celana dan helm. Namun pada sidang selanjuntnya, JPU menunjukan barang bukti berupa kunci T.

Merrian menyebut saat kedua terdakwa dijemput dari rumah pada 28 Juli 2017 lalu, polisi tidak ada menemukan kunci leter T. “Kami keberatan dengan barang bukti kunci T yang dihadirkan jaksa. Kenapa dari awal persidangan barang bukti itu tidak ditunjkkan? Saya sudah protes, tapi jaksanya tak perduli,” ucap Merrian dengan suara lantang.

Merrian menjelaskan, pada sidang kedua, majelis hakim yang diketuai Janverson Sinaga sempat mempertanyakan berkas kedua terdakwa bisa sampai pengadilan sementara barang buktinya tidak cukup. Merrian pun menduga sidang tersebut dipaksakan pihak kepolisian dan jaksa.

“Hakim sudah bilang, kalau tidak ada buktinya, pulangkan saja terdakwanya. Memang suami saya residivis, tapi suami saya tidak melakukan pencurian sepeda motor itu. Saat korban dihadiri dalam persidangan, korban tidak mengakui suami saya sebagai pelaku,” kata wanita yang berprofesi sebagai juru parkir ini.

Dalam persidangan dengan agenda pembacaan nota pembelaan (pledoi), terdakwa Fendri membantah melakukan pencurian sepeda motor. Fendri juga menyangkal barang bukti yang diperlihatkan jaksa.

Dalam kasus ini, kedua terdakwa ditembak di kedua kakinya dan dipaksa mengaku sebagai pelaku curanmor. “Saya memang seorang residivis. Tapi apa saya tidak boleh bertobat? Sekarang saya harus mengakui perbuatan yang tidak saya lakukan. Kedua kaki saya juga ditembak,” kata Fendri.

Fendri pun terancam hukuman 5 tahun penjara atas tuduhan yang ia bantah.

“Saya mohon dengan hormat kepada jaksa dan hakim untuk mempertimbangkan tuntutan ini. Saya sudah cukup menderita karena pisah dari istri dan tiga anak saya yang masih kecil. Saya ditembak, dipenjara dan dihadili atas perbuatan yang tidak saya lakukan,” ucap warga Jalan Sei Mencirim, Medan ini.

JPU Rina Sari Sitepu yang dikonfirmasi soal pengakuan terdakwa Fendri dan istrinya, enggan menjawab pertanyaan wartawan. “Nanti ya,” katanya dengan langkah tergesa-gesa meninggalkan gedung pengadilan. (rez)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:51 WIB

Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu

Suasana pagi di Jalan Persatuan, Dusun I, Desa Tuntungan (Pondok Keling), Kecamatan Pancurbatu mendadak heboh dan haru biru. Pasalnya, empatbelas ...
DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:01 WIB

DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang

Susi Juliana Simanjuntak alias Yuli akhirnya dimintai keterangan lebih lanjut terkait laporan tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan yang ...
Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 15:25 WIB

Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik

Puluhan siswa-siswi SMK Negeri 1 Galang mendapatkan edukasi cara berkendara sepeda motor yang baik dari PT Indako Trading Coy Medan ...
Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:43 WIB

Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak

Erupsi gunung Sinbaung menyemburkan awan panas pada Senin (19/2/2018) pagi, berimbas pada pertanian di beberapa desa yang berada persis di ...
Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:32 WIB

Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai

Sebanyak 324 mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara (FKM USU) melakukan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Nusantara. Mereka akan ...
Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:28 WIB

Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Sihar Sitorus bikin heboh Sun Plaza. Pasalnya, pasangan Djarot Saiful Hidayat itu tak terlihat ...