Rabu, 21 Februari 2018 | 18.14 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Dicoret KPU, JR Saragih Resmi Daftarkan Gugatan ke Bawaslu

Dicoret KPU, JR Saragih Resmi Daftarkan Gugatan ke Bawaslu

Rabu, 14 Februari 2018 - 19:36 WIB

IMG-52169

Tim kuasa hukum JR Saragih - Ance Selian usai menyerahkan berkas gugatan ke Bawaslu Sumut. (Arvin/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Pasangan JR Saragih-Ance Selian secara resmi mengajukan gugatan terhadap KPU Sumatera Utara terkait pencoretan keduanya dalam kontestasi Pilgubsu 2018, Rabu (14/2) siang.

Dalam gugatan yang diajukan ke Bawaslu Sumut itu, pasangan yang diusung tiga partai politik tersebut, diwakili tim kuasa hukum yang diketuai Ikhwaludin Simatupang SH.

Seusai mendaftarkan gugatan, ketua tim kuasa hukum pasangan JR Saragih-Ance, Ikhwaluddin Simatupang menjelaskan, pihaknya melayangkan gugatan karena KPU dianggap telah melakukan kesalahan dengan menetapkan JR Saragih-Ance tidak memenuhi syarat (TMS) dengan alasan fotokopi ijazah JR Saragih tidak dilegalisir.

“Kita melakukan gugatan, karena kita telah menyampaikan syarat yang sah untuk menjadi calon gubernur/wakil gubernur. Mereka mengatakan kalau fotolopi ijazah yang tidak dilegalisir karena surat keterangan dari Sekretaris Disdik DKI. Tapi pada kenyataannya kita sudah ada menyerahkan surat keterangan dari Kepala Dinas Disdik DKI,” ujarnya.

Menurutnya, dalam hal ini KPU telah melakukan kesalahan dengan mengambil keputusan berdasarkan surat keterangan dari Sekretaris Dinas Pendidikan DKI.

“Sudah ada surat dari kepala dinas, kenapa keputusan diambil dengan bukti dari surat keterangan Sekretaris. Selain itu, dalam surat yang disampaikan Sekretaris Disdik ke KPU Sumut, jelas kalau nomor ijazah yang diserahkan oleh tim JR Saragih adalah ijazah asli,” tegasnya.

Ketika disinggung apakah ada tindakan dari tim kuasa hukum JR Saragih-Ance untuk melaporkan masalah ini ke DKPP, Ikhwaluddin menegaskan pihaknya masih fokus dengan gugatan ke Bawaslu ini.

“Itu nanti, kalau disini sudah selesai ada kemungkinan kita mengarah ke sana,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan mengatakan, pihaknya sudah menerima gugatan sengketa Pilkada 2018 yang dilayangkan oleh pasangan JR Saragih-Ance.

“Kita sudah terima gugatannya dan akan kita proses dalam 12 hari,” ujar Syafrida.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya akan segera meneliti berkas-berkas gugatan untuk menentukan apakah gugatan ini bersifat pelanggaran administratif, pidana atau kode etik.

“Kita akan lihat dulu berkasnya untuk diteliti apakah pelanggaran yang digugat ini masuk klasifikasi yang mana. Setelah itu baru kita lalukan proses,” tutupnya. (vin)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:51 WIB

Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu

Suasana pagi di Jalan Persatuan, Dusun I, Desa Tuntungan (Pondok Keling), Kecamatan Pancurbatu mendadak heboh dan haru biru. Pasalnya, empatbelas ...
DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:01 WIB

DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang

Susi Juliana Simanjuntak alias Yuli akhirnya dimintai keterangan lebih lanjut terkait laporan tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan yang ...
Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 15:25 WIB

Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik

Puluhan siswa-siswi SMK Negeri 1 Galang mendapatkan edukasi cara berkendara sepeda motor yang baik dari PT Indako Trading Coy Medan ...
Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:43 WIB

Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak

Erupsi gunung Sinbaung menyemburkan awan panas pada Senin (19/2/2018) pagi, berimbas pada pertanian di beberapa desa yang berada persis di ...
Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:32 WIB

Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai

Sebanyak 324 mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara (FKM USU) melakukan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Nusantara. Mereka akan ...
Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:28 WIB

Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Sihar Sitorus bikin heboh Sun Plaza. Pasalnya, pasangan Djarot Saiful Hidayat itu tak terlihat ...