Rabu, 21 Februari 2018 | 18.16 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Jika Benar Gagal Ikut ‘Perang’, Pendukung JR-Ance Mau Diarahkan Kemana?

Jika Benar Gagal Ikut ‘Perang’, Pendukung JR-Ance Mau Diarahkan Kemana?

Selasa, 13 Februari 2018 - 21:13 WIB

IMG-52096

Ahmad Ridwan Hasibuan (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Beredar kabar bahwa pasangan Jopinus Ramli (JR) Saragih dan Ance Selian akan mendaftarkan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut, Rabu (13/2/2018). Meski belum pasti, namun dosen ilmu politik Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Warjio SS MA, telah menelaah bahwa publik kini sedang menantikan, kemana para pendukung kedua ketua partai politik ini dialihkan.

“Pak JR Saragih kita tahu adalah Ketua Partai Demokrat Sumut, begitu juga Pak Ance, Ketua PKB Sumut. Mereka tentu punya pendukung yang sangat banyak. Nah, di luar dari pernyataan KPU Sumut bahwa pasangan ini gagal, publik ingin tahu kemana dukungan akan diarahkan,” ujarnya, Selasa (13/2/2018) jam 13.00 Wib.

Menurutnya, KPU Sumut sebagai penyelenggara, diyakini tidak akan sembarangan mengeluarkan pernyataan bahwa persyaratan JR-Ance tidak lengkap sehingga gagal melaju ke putaran berikutnya.

Warjio mengatakan KPU pasti telah mempelajari dasar hukum dan konsekuensi dari pernyataan atas nama lembaga itu. Dengan demikian, tentu upaya gugatan dari JR dan Ance atau kuasa hukum yang ditunjuk, adalah yang diatur undang-undang.

“Ya kalau Pak JR dan Pak Ance merasa haknya terhalangi oleh keputusan KPU itu, tentu ada juga aturan yang mengakomodir. Mereka bisa menggugat ke Bawaslu, dan itu diatur oleh undang-undang,” katanya.

Warjio kemudian meluruskan pandangan masyarakat bahwa gugatan itu harus dilakukan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), namun karena ini persoalan Pemilu, maka harus dilakukan ke Bawaslu.

“Ini ranahnya Pemilu dan undang-undang mengaturnya ke Bawaslu, bukan sengketa hasil Pemilu atau seperti gugatan perdata,” ujarnya.

Sementara inisiator Solidaritas Relawan Bang Ance (Sorban), Ahmad Riduan Hasibuan, mendukung penuh rencana gugatan itu.

Mantan Bendahara Umum PB PMII 2014-2017 ini memastikan bahwa relawan JR-Ance akan taat dengan aturan hukum yang adil sesuai fakta hukum. Bahkan pihaknya juga bertekad melawan segala bentuk intervensi yang berkeinginan untuk menjungkal pasangan JR-Ance agar tidak maju di Pilgubsu.

“Ini negara hukum, hukum akan berjalan dengan adil, kami optimis menang. Jangan ada skenario untuk menjegal calon kami dengan menggunakan cara cara yang tidak sepantasnya karena kami akan lawan,” tegasnya.

Dia menyatakan Sorban tetap solid sampai putusan inkrah tidak bergeser sedikit pun ke pasangan manapun. (san)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:51 WIB

Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu

Suasana pagi di Jalan Persatuan, Dusun I, Desa Tuntungan (Pondok Keling), Kecamatan Pancurbatu mendadak heboh dan haru biru. Pasalnya, empatbelas ...
DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:01 WIB

DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang

Susi Juliana Simanjuntak alias Yuli akhirnya dimintai keterangan lebih lanjut terkait laporan tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan yang ...
Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 15:25 WIB

Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik

Puluhan siswa-siswi SMK Negeri 1 Galang mendapatkan edukasi cara berkendara sepeda motor yang baik dari PT Indako Trading Coy Medan ...
Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:43 WIB

Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak

Erupsi gunung Sinbaung menyemburkan awan panas pada Senin (19/2/2018) pagi, berimbas pada pertanian di beberapa desa yang berada persis di ...
Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:32 WIB

Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai

Sebanyak 324 mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara (FKM USU) melakukan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Nusantara. Mereka akan ...
Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:28 WIB

Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Sihar Sitorus bikin heboh Sun Plaza. Pasalnya, pasangan Djarot Saiful Hidayat itu tak terlihat ...