Rabu, 21 Februari 2018 | 18.20 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>BNP2TKI Kawal Proses Hukum dan Pemulangan Jenazah Adelina

BNP2TKI Kawal Proses Hukum dan Pemulangan Jenazah Adelina

Selasa, 13 Februari 2018 - 13:01 WIB

IMG-52061

Kondisi Adelina sebelum meninggal dunia. (NewStraitTimes)

JAKARTA, metro24jam.com – Terkait tewasnya Adelina, TKI yang bekerja sebagai asisten rumah tangga di Bukit Mertajam, Penang, Malaysia, Minggu (11/2/2018) lalu, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), dilaporkan sudah melakukan koordinasi untuk pemulangan jenazah korban ke Tanah Air.

Melansir Tribunnews.com, Selasa (13/2/2018), Kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, akan terus mengawal kasus itu, untuk memastikan proses hukum terhadap pelaku, dan hak-hak dari almarhumah Adelina diberikan kepada keluarga.

Dikatakannya, hingga Senin kemarin, Satgas KJRI Penang telah bertemu dengan Ms Aida, yang merupakan Agen Malaysia dan telah mendapatkan paspor korban.

Dari paspor tersebut diketahui, korban bernama Adelina Lisao, dengan nomor paspor A4725964, yang dikeluarkan Imigrasi Blitar. Alamat yang tertera di paspor yakni Desa Tanah Merah, RT07/03 Kupang Tengah, Kupang, NTT.

Dijelaskan Nusron, Adelina pernah bekerja secara resmi di Malaysia, kemudian pulang ke Indonesia tanggal 29 September 2014, dan masuk lagi secara ilegal pada 22 Desember 2014 via agen Malaysia atas nama Ms LIM (agen ke-1).

Korban kemudian dijual ke Ms Aida (agen ke-2), dan selanjutnya dipekerjakan ke majikan WN Malaysia atas nama Jaya, hingga ditemukan terkapar di teras rumahnya sebelum meninggal dunia di rumah sakit.

“Saya sudah instruksikan BP3TKI Kupang untuk berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk juga berkomunikasi dengan keluarga mengenai proses ini,” ujar Nusron.

Nusron melanjutkan, berdasarkan informasi sementara dari satgas yang telah melihat langsung kondisi jenazah dan bertemu dengan DR Amir Sa’ad, pakar forensik RS Sebrang Jaya dan Inspektur Zul, polisi Kantor Polisi Seberang Prai Tengah, kematian korban disebabkan oleh anemia, hemoglobin 3,6 (normal 12-15), malnutrisi 43 kg BMI 16 (normal 18), akibat pembiaran yang dilakukan majikannya dalam jangka waktu lama.

Sedangkan bekas luka yang tidak diobati berakibat kegagalan fungsi organ tubuh. Dari hasil forensik sementara tidak ditemui bekas-bekas penganiayaan atau pemukulan dan tidak ada luka dalam.

Sementara, penyebab bekas luka ditangan kanan diperkirakan bekas gigitan binatang dan tangan kiri akibat air keras.

“Penyebab luka masih dalam penyidikan. Dan Pemerintah Malaysia akan memanggil pakar forensik gigi dan dokter gigi dari Pusat Forensik Malaysia. Hasil post mortem akan disampaikan ke KJRI Penang,” sebut Nurwahid. (tri/asp)

BACA JUGA:
Ibu dari Dua Penyiksa TKI Ditahan Polisi
Sadis! Dianiaya dan Tidur Sama Anjing, TKI Asal Medan Tewas di Penang


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:51 WIB

Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu

Suasana pagi di Jalan Persatuan, Dusun I, Desa Tuntungan (Pondok Keling), Kecamatan Pancurbatu mendadak heboh dan haru biru. Pasalnya, empatbelas ...
DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:01 WIB

DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang

Susi Juliana Simanjuntak alias Yuli akhirnya dimintai keterangan lebih lanjut terkait laporan tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan yang ...
Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 15:25 WIB

Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik

Puluhan siswa-siswi SMK Negeri 1 Galang mendapatkan edukasi cara berkendara sepeda motor yang baik dari PT Indako Trading Coy Medan ...
Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:43 WIB

Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak

Erupsi gunung Sinbaung menyemburkan awan panas pada Senin (19/2/2018) pagi, berimbas pada pertanian di beberapa desa yang berada persis di ...
Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:32 WIB

Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai

Sebanyak 324 mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara (FKM USU) melakukan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Nusantara. Mereka akan ...
Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:28 WIB

Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Sihar Sitorus bikin heboh Sun Plaza. Pasalnya, pasangan Djarot Saiful Hidayat itu tak terlihat ...