Rabu, 21 Februari 2018 | 18.15 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Rakyat Curiga, Siapa Yang Diuntungkan Dengan Gagalnya JR-Ance?

Rakyat Curiga, Siapa Yang Diuntungkan Dengan Gagalnya JR-Ance?

Senin, 12 Februari 2018 - 19:07 WIB

IMG-51989

Shohibul Anshor Siregar. (file/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Berbagai spekulasi bermunculan setelah JR Saragih – Ance Selian gagal bertarung dalam Pilgubsu 2018. Sebagian masyarakat sangat terkejut dan kecewa dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, sedangkan yang lainnya mulai curiga. Siapa yang diuntungkan dengan keadaan ini?

Pengamat hukum dan politik Sumatera Utara, Shohibul Anshor Siregar yang diminta tanggapannya, Senin (12/2/2018) sekira jam 15.30 Wib menyepakati dugaan itu. Menurutnya, merupakan hal yang wajar jika masyarakat mencurigai ada konspirasi besar di balik peristiwa ini.

“Catatan publik adalah, mustahil JR Saragih tak memenuhi persyaratan apalagi ijazah SMA-nya. Dalam sejarah karirnya ia pernah perwira dan tentunya tak mungkin diterima tanpa ijazah SMA. Dua periode menjadi Bupati tentu membawa persyaratan yang sama,” kata Shohibul.

Menurutnya, publik sedang menunggu apakah apakah JR Saragih dan Ance bisa menerima penetapan KPU, meski Ia tentu punya hak melawan melalui peradilan. Jika gugatan dilakukan, maka prosesnya akan dikonfrontasikan data-data di bawah kewibawaan yang dimiliki oleh pengadilan terkait.

“Salah satu parameter Pemilu ialah fairness atau keadilan. Karena itu terbuka kesempatan bagi JR-Ance menggunakan perlawanan di ranah hukum di pengadilan terkait. Di sana akan dikonfrontasikan data-data untuk menentukan siapa yang benar dari kedua belah pihak,” ungkapnya.

Ketika ditanya tanggapannya tentang isu di tengah masyarakat yang menyatakan bahwa JR-Ance ‘ditekan’ oleh pihak tertentu sampai harus ‘mundur terhormat’ atau menciptakan skenario khusus, Shohibul menyebut itu wajar saja.

Dia juga tidak menutup kemungkinan ada ‘keuntungan’ yang didapat dari pihak lain jika mundur. Dia mengatakan bahwa dugaan itu kini sama-sama kuat di benak publik.

“Dugaan itu sama-sama kuat, karena JR adalah bupati aktif, ketua partai politik besar dengan pasangan ketua partai pula, maka ini adalah sebuah iklan politik dan demokrasi yang sulit dijawab,” katanya.

Namun karena JR Saragih dan Ance Selian punya hak untuk melawan melalui jalur hukum, maka tentu itu akan membantu menepis kecurigaan masyarakat.

Sementara Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumut, Meilizar Latif belum dapat dikonfirmasi. Anggota DPRD Sumut itu mengaku sedang rapat di kantor DPD Partai Demokrat, Jalan Abdullah Lubis Medan. “Sebentar ya, saya lagi rapat,” ujarnya singkat.

Sedangkan anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut lainnya, Muhri Fauzi Hafiz, tidak bisa dihubungi via selularnya. Namun dari status Facebook-nya, Muhri tetap optimis, seraya menuliskan tagar: #semangatbaru. (san)

BACA JUGA:
Tak Lolos Cagub, Puluhan Masa JR Saragih-Ance ‎Gelar Aksi di Hotel Grand Mercure


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:51 WIB

Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu

Suasana pagi di Jalan Persatuan, Dusun I, Desa Tuntungan (Pondok Keling), Kecamatan Pancurbatu mendadak heboh dan haru biru. Pasalnya, empatbelas ...
DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:01 WIB

DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang

Susi Juliana Simanjuntak alias Yuli akhirnya dimintai keterangan lebih lanjut terkait laporan tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan yang ...
Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 15:25 WIB

Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik

Puluhan siswa-siswi SMK Negeri 1 Galang mendapatkan edukasi cara berkendara sepeda motor yang baik dari PT Indako Trading Coy Medan ...
Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:43 WIB

Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak

Erupsi gunung Sinbaung menyemburkan awan panas pada Senin (19/2/2018) pagi, berimbas pada pertanian di beberapa desa yang berada persis di ...
Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:32 WIB

Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai

Sebanyak 324 mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara (FKM USU) melakukan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Nusantara. Mereka akan ...
Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:28 WIB

Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Sihar Sitorus bikin heboh Sun Plaza. Pasalnya, pasangan Djarot Saiful Hidayat itu tak terlihat ...