Rabu, 21 Februari 2018 | 18.08 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Bawaslu Periksa Gideon Purba, Pejabat Lain Menyusul

Bawaslu Periksa Gideon Purba, Pejabat Lain Menyusul

Sabtu, 10 Februari 2018 - 22:51 WIB

IMG-51815

Gideon Purba (kemeja biru) bersama JR Saragih-Ance

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Bawaslu Sumut melalui Panwaslih Simalungun periksa Gideon Purba karena diduga terlibat dalam proses pendaftaran pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut pada 9 Januari 2018 lalu di kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan.

Pemeriksaan atau meminta klarifikasi terhadap Sekda Simalungun itu dilakukan Panwaslih pada Kamis (8/2), di kantor Panwaslih, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

“Benar, beliau kita mintai klarifikasi atas dugaan keterlibatan dalam pendaftaran pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur di KPU Sumut,” kata Bobby Purba, Ketua Panwaslih Simalungun kepada awak koran ini, Sabtu (10/2) sore.

Menurut Bobby, kasus dugaan keterlibatan Gideon ini merupakan hasil dari laporan masyarakat kepada Bawaslu Sumut. Karena oknumnya berada di Kabupaten Simalungun, maka pihaknya sebagai perpanjangan tangan Bawaslu, diberikan tugas melakukan proses pemeriksaan atau klarifikasi.

Dalam proses pemeriksaan itu, Gideon hadir langsung dan memberikan klarifikasi kurang lebih satu jam lamanya. Materi pertanyaan yang diajukan kepada Gideon, sebelumnya poin-poin untuk itu sudah ditentukan oleh Bawaslu Sumut.

Hasil klarifikasi itu sendiri menurut Bobby, sudah pihaknya sampaikan langsung ke Bawaslu Sumut.

“Dari data yang kita peroleh, Gideon Purba berada di seputaran kantor KPU Sumut saat proses pendaftaran pasangan bakal calon,” terangnya.

Dugaan keterlibatan ASN di Pemkab Simalungun, menurut Bobby, tak hanya melibatkan Sekda Gideon Purba. Bakal ada sejumlah ASN lainnya yang akan dimintai keterangan oleh Bawaslu, karena mereka hadir saat proses pendaftaran di KPU Sumut.

“Kemungkinan masih akan ada ASN lainnya yang akan dimintai klarifikasi oleh Bawaslu. Karena cukup banyak ASN Pemkab Simalungun hadir saat itu di kantor KPU Sumut,” terang Bobby.¬†

Gideon Purba kepada awak koran ini, Sabtu (10/2) sore, mengakui dirinya dimintai keterangan atau klarifikasi oleh Panwaslih Simalungun pada Kamis lalu.

“Benar, saya datang ke Panwaslih dan memberikan klarifikasi atas keberadaan saya di seputaran pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di KPU Sumut,” kata Gideon.

Permintaan klarifikasi itu, kata Gideon atas masalah dugaan keterlibatan dirinya dalam proses pendaftaran pasangan bakal calon. Namun menurut Gideon, dia hadir di sana guna melihat dan bukan menghantar dan mendampingi.

“Saya sebagai warga negara kan bisa saja hadir dan melihat, tapi bukan mendampingi. Tapi kalau hanya hadir dan melihat dinilai salah, ya saya siap,” tegas Gideon.

Gideon mengakui saat itu dia datang dan melihat proses pendaftaran pasangan bakal calon, tidak mengenakan pakaian dinas ASN. Dia juga mengakui saat itu merupakan hari kerja. (tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:51 WIB

Tuang Bensin Dekat Kompor, Tabung Gas Meledak, 14 Rumah Hangus di Pancurbatu

Suasana pagi di Jalan Persatuan, Dusun I, Desa Tuntungan (Pondok Keling), Kecamatan Pancurbatu mendadak heboh dan haru biru. Pasalnya, empatbelas ...
DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 16:01 WIB

DIdampingi Tim Advokasi, Yuli Simanjuntak Diperiksa di Polres Deliserdang

Susi Juliana Simanjuntak alias Yuli akhirnya dimintai keterangan lebih lanjut terkait laporan tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan yang ...
Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 15:25 WIB

Trading Coy & UD Sungai Mas Ajari Siswa SMK Berkendara yang Baik

Puluhan siswa-siswi SMK Negeri 1 Galang mendapatkan edukasi cara berkendara sepeda motor yang baik dari PT Indako Trading Coy Medan ...
Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:43 WIB

Tertutup Debu Vulkanik Sinabung, Tanaman Petani Rusak

Erupsi gunung Sinbaung menyemburkan awan panas pada Senin (19/2/2018) pagi, berimbas pada pertanian di beberapa desa yang berada persis di ...
Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:32 WIB

Ratusan Mahasiswa USU Melakukan PBL ke Sergai

Sebanyak 324 mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara (FKM USU) melakukan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Nusantara. Mereka akan ...
Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”
Metro 24 Jam - Rabu, 21 Februari 2018 - 13:28 WIB

Bikin Heboh Sun Plaza, Pengunjung: “Pak Sihar Kok Gitu?”

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Sihar Sitorus bikin heboh Sun Plaza. Pasalnya, pasangan Djarot Saiful Hidayat itu tak terlihat ...