Sabtu, 21 April 2018 | 15.00 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Kajari ke Medan, Sidang Kasus Maling Pending

Kajari ke Medan, Sidang Kasus Maling Pending

Sabtu, 13 Januari 2018 - 12:57 WIB

IMG-49800

Bagus Winarno (Zega/metro24jam.com)

PN SIANTAR, metro24jam.com – Sidang kasus pencurian atas nama terdakwa Bagus Winarto (31) yang seharusnya digelar, Jumat (12/1) sekira jam 13.00 Wib terpaksa ditunda, lantaran Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Siantar berangkat ke Kota Medan.

Dalam sidang beragenda tuntutan itu, kepada majelis hakim yang dipimpin Fitra Dewi, Jaksa Rahma Sinaga berdalih tuntutan belum kelar dan bermohon waktu satu minggu untuk menunda sidang.

“Tuntutan belum siap. Kajari lagi pergi ke Medan. Kami meminta waktu satu minggu untuk [pembacaan] tuntutan,” kata Rahma.

Usai mendengar penjelasan dari jaksa, kakim Fitra Dewi pun manut dan menunda persidangan sampai minggu depan dengan agenda tuntutan.

Sesuai dakwaaan jaksa, terdakwa Bagus Winarto, warga Jalan Melati, Kelurahan Simarito, Kecamatan Siantar Barat, yang kesehararianya buruh bangunan, melakukan tindak pidana pencurian pada Rabu (16/8/2017) sekira jam 13.00 Wib.

Bagus awalnya sudah merencanakan pencurian di sebuah rumah, di Jalan Rajamin Purba, milik Misbahul Fahmi. Dia pun berangkat ke target aksinya.

Sesampainya di sana, Bagus pun memarkirkan sepeda motor Yamaha Mio warna biru BK 5417 TAG miliknya, yang berjarak dua belas meter dari rumah tersebut.

Dia dengan berjalan kaki menuju samping rumah, bagian kiri. Masuk ke dalam areal pekarangan rumah, sambil mengamati suasana rumah yang sepi.

Ketika memastikan rumah tersebut kosong, Bagus memanjat pintu besi yang berada di samping kanan rumah. Dia masuk ke kamar mandi yang berada di bagian belakang rumah. Dia memaksa buka ventilasi kamar mandi yang terbuat dari kayu.

Sukses masuk ke dalam rumah, dia mengambil kabel instalasi listrik di lantai dasar rumah yang sebelumnya terpasang, lalu memasukkannya ke dalam goni yang telah dibawa sebelumnya, bersama alat pemotong tang dan mancis yang ada senternya.

Bagus lalu membawa goni itu keluar dari ventilasi kamar mandi dan ketika sudah di luar terdakwa kembali menutup ventilasi tersebut sedangkan tang dan mancis ditinggalkan di dalam rumah untuk memudahkan dalam melakukan pencurian berikutnya.

Lalu pencurian kedua pada hari Minggu (20/8/2017) sekira jam 10.00 Wib, diawali dengan cara yang sama, lalu Bagus mengambil kabel instalasi listrik dan memasukkannya ke dalam goni.

Pencurian ketiga pada Jumat (24/8/2017) sekira jam 11.00 Wib, dilakukan dengan cara yang sama. Barang yang dicuri Bagus adalah tiga keping pintu kamar mandi dan sembilan keping pintu wastafel yang terbuat dari aluminium.

Selanjutnya, pada Rabu (30/8/2017) sekira jam 12.00 Wib, Bagus melakukan pencurian keempat dengan cara yang sama. Dia mengambil sembilan buah stok kontak listrik yang ada di dalam rumah, dengan menggunakan pisau dan martil yang didapat dari dapur.

Dia juga mengambil 4 buah pintu ukir, 1 set engsel pintu polos, 2 buah gagang pintu, 1 pasang engsel pintu, 2 buah tungku gas, 5 buah engsel pintu aluminium, 2 keping engkol penutup pintu, 1 buah tutup dandang. Semua barang itu dimasukkan ke dalam goni.

Naas, saat itu Bagus mendengar suara orang yang mengetahui aksinya, sehingga dia pun buru-buru keluar dari rumah melalui ventilasi kamar mandi. Saat hendak mengendarai sepeda motornya bermaksud kabur, Bagus berhasil diamankan oleh warga sekitar. Akibat perbuatan Bagus, saksi korban mengalami kerugian sekira Rp15 juta.(zeg)

BACA JUGA:
Pernah Telanjang Sambil Lari-Lari, Residivis Mencuri Buat Beli Sabu


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Hadiah Akhir Pekan Bertemu Sihar
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 05:05 WIB

Hadiah Akhir Pekan Bertemu Sihar

Waktu makan siang yang dimanfaatkan Sihar Sitorus untuk mengunjungi pusat perbelanjaan di Medan ternyata mengundang perhatian sejumlah pengunjung. Kedatangan Calon ...
Hukuman Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Diperberat
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 04:59 WIB

Hukuman Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Diperberat

Hukuman Savita Linda Hora Panjaitan selaku mantan bendahara pemenangan pasangan calon Walikota/Wakil Walikota Medan Periode 2015-2020 yakni Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma, ...
Kreta Tak Kunjung Ditemukan, Aktivis Pemulung Lapor Kapolda Sumut
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:35 WIB

Kreta Tak Kunjung Ditemukan, Aktivis Pemulung Lapor Kapolda Sumut

Sudah lebih seminggu kreta milik Uba Pasaribu hilang digasak maling. Hingga kini, Polsek Medan Sunggal tak kunjung berhasil menemukan pelaku ...
Jaksa dan Hakim Kompak, Tompel Dipenjara 6 Tahun
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:27 WIB

Jaksa dan Hakim Kompak, Tompel Dipenjara 6 Tahun

Wira Pranata alias Tompel, terdakwa pemilik 8 paket sabu, divonis selama 6 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) ...
Walikota Abaikan Rekomendasi KASN dan DPRD, Pelantikan Pejabat Pemko Siantar Diprotes
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:18 WIB

Walikota Abaikan Rekomendasi KASN dan DPRD, Pelantikan Pejabat Pemko Siantar Diprotes

Pemerintahan Kota (Pemko) Siantar melantik pejabat Eselon III dan IV di ruang data Balai Kota, Jalan Merdeka. Komite Pemerhati Aparatur ...
Bahas Revitalisasi Pasar Horas ‘Panas’, Pedagang Menolak, PD PHJ Tetap Lanjut
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:05 WIB

Bahas Revitalisasi Pasar Horas ‘Panas’, Pedagang Menolak, PD PHJ Tetap Lanjut

Pertemuan pembahasan rencana revitalisasi Pasar Horas antara Aliansi Pedagang Balerong, Kaki Lima dan Kios Tempel (Balimbel) dengan Perusahaan Daerah Pasar ...