Sabtu, 21 April 2018 | 15.00 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Kapal Karam di Perairan Pantai Labu, 4 Nelayan Belawan Dihantam Badai

Kapal Karam di Perairan Pantai Labu, 4 Nelayan Belawan Dihantam Badai

Sabtu, 13 Januari 2018 - 12:03 WIB

IMG-49771

Kapal alat tangkap pukat langgei yang tenggelam setelah ditarik ke Belawan. (Syahril/metro24jam.com)

BELAWAN, metro24jam.com – Cuaca buruk disertai hujan deras dan gelombang tinggi membuat sebuah kapal kecil nelayan asal Belawan tenggelam di perairan Pantai Labu, Deliserdang, Jumat (12/1/2018) dinihari.

Atas musibah kapal dengan alat tangkap pukat langgei itu, sang tekong, Hasan Lubis (51) bersama 3 awaknya, Adi (21), Zul (28) dan Leman (31) selamat setelah dibantu awak kapal nelayan lain. Kerugian ditaksir sekira Rp20 juta. Ketua Aliansi Nelayan Selat Malaka, Abdul Rahman alias Atan bercerita.

Para nelayan malang itu berangkat dari Kampung Kurnia, Belawan, Kamis (11/1/2018) sore lalu. Mereka mencari udang di perairan Pantai Labu.

Namun ketika mencari hasil tangkapan di zona tangkap, cuaca buruk melanda mereka, hujan disertai gelombang membuat kapal yang mereka gunakan tak mampu menahan ombak.

Akibatnya, kapal skala kecil itu terombang ambing tenggelam dihantam ombak. Dengan kondisi itu, para awak kapal berusaha menyelamatkan diri dengan mengarungi laut.

Dengan susah payah mengarungi laut, para awak kapal diselamatkan kapal nelayan lain. Nelayan asal Belawan yang diselamatkan dengan kondisi lemas dibawa ke dermaga Pantai Labu.

“Kapal yang tenggelam sudah ditarik ke Belawan, tekong dan ABK nya selamat, sekarang mereka sudah kembali ke Belawan,” kata Atan.

Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Sumut, AKBP Den Martin membenarkan peristiwa tersebut, pihaknya masih mengecek dan menyelidiki di lapangan.

“Anggota kita sudah turun ke lapangan, awak kapal dari kapal yang tenggelam itu selamat. Kita masih menyelidiki dan mengecek peristiwa itu,” kata Den Martin.

Sementara itu, Kepala Stasiun Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Belawan, Abdul Azis mengatakan, cuaca yang melanda sekitaran perairan laut masih normal, dengan gelombang 0,5 meter hingga 0,8 meter.

“Hanya saja pada malam hari hingga tengah malam terjadi hujan, cuaca normal ini disertai dengan angin yang bergerak dari Timur Laut ke Tenggara dengan kecepatan 05 sampai 15 knot,’ jelas Abdul Azis. (ril)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Hadiah Akhir Pekan Bertemu Sihar
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 05:05 WIB

Hadiah Akhir Pekan Bertemu Sihar

Waktu makan siang yang dimanfaatkan Sihar Sitorus untuk mengunjungi pusat perbelanjaan di Medan ternyata mengundang perhatian sejumlah pengunjung. Kedatangan Calon ...
Hukuman Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Diperberat
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 04:59 WIB

Hukuman Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Diperberat

Hukuman Savita Linda Hora Panjaitan selaku mantan bendahara pemenangan pasangan calon Walikota/Wakil Walikota Medan Periode 2015-2020 yakni Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma, ...
Kreta Tak Kunjung Ditemukan, Aktivis Pemulung Lapor Kapolda Sumut
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:35 WIB

Kreta Tak Kunjung Ditemukan, Aktivis Pemulung Lapor Kapolda Sumut

Sudah lebih seminggu kreta milik Uba Pasaribu hilang digasak maling. Hingga kini, Polsek Medan Sunggal tak kunjung berhasil menemukan pelaku ...
Jaksa dan Hakim Kompak, Tompel Dipenjara 6 Tahun
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:27 WIB

Jaksa dan Hakim Kompak, Tompel Dipenjara 6 Tahun

Wira Pranata alias Tompel, terdakwa pemilik 8 paket sabu, divonis selama 6 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) ...
Walikota Abaikan Rekomendasi KASN dan DPRD, Pelantikan Pejabat Pemko Siantar Diprotes
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:18 WIB

Walikota Abaikan Rekomendasi KASN dan DPRD, Pelantikan Pejabat Pemko Siantar Diprotes

Pemerintahan Kota (Pemko) Siantar melantik pejabat Eselon III dan IV di ruang data Balai Kota, Jalan Merdeka. Komite Pemerhati Aparatur ...
Bahas Revitalisasi Pasar Horas ‘Panas’, Pedagang Menolak, PD PHJ Tetap Lanjut
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:05 WIB

Bahas Revitalisasi Pasar Horas ‘Panas’, Pedagang Menolak, PD PHJ Tetap Lanjut

Pertemuan pembahasan rencana revitalisasi Pasar Horas antara Aliansi Pedagang Balerong, Kaki Lima dan Kios Tempel (Balimbel) dengan Perusahaan Daerah Pasar ...