Senin, 22 Januari 2018 | 07.29 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Kapal Karam di Perairan Pantai Labu, 4 Nelayan Belawan Dihantam Badai

Kapal Karam di Perairan Pantai Labu, 4 Nelayan Belawan Dihantam Badai

Sabtu, 13 Januari 2018 - 12:03 WIB

IMG-49771

Kapal alat tangkap pukat langgei yang tenggelam setelah ditarik ke Belawan. (Syahril/metro24jam.com)

BELAWAN, metro24jam.com – Cuaca buruk disertai hujan deras dan gelombang tinggi membuat sebuah kapal kecil nelayan asal Belawan tenggelam di perairan Pantai Labu, Deliserdang, Jumat (12/1/2018) dinihari.

Atas musibah kapal dengan alat tangkap pukat langgei itu, sang tekong, Hasan Lubis (51) bersama 3 awaknya, Adi (21), Zul (28) dan Leman (31) selamat setelah dibantu awak kapal nelayan lain. Kerugian ditaksir sekira Rp20 juta. Ketua Aliansi Nelayan Selat Malaka, Abdul Rahman alias Atan bercerita.

Para nelayan malang itu berangkat dari Kampung Kurnia, Belawan, Kamis (11/1/2018) sore lalu. Mereka mencari udang di perairan Pantai Labu.

Namun ketika mencari hasil tangkapan di zona tangkap, cuaca buruk melanda mereka, hujan disertai gelombang membuat kapal yang mereka gunakan tak mampu menahan ombak.

Akibatnya, kapal skala kecil itu terombang ambing tenggelam dihantam ombak. Dengan kondisi itu, para awak kapal berusaha menyelamatkan diri dengan mengarungi laut.

Dengan susah payah mengarungi laut, para awak kapal diselamatkan kapal nelayan lain. Nelayan asal Belawan yang diselamatkan dengan kondisi lemas dibawa ke dermaga Pantai Labu.

“Kapal yang tenggelam sudah ditarik ke Belawan, tekong dan ABK nya selamat, sekarang mereka sudah kembali ke Belawan,” kata Atan.

Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Sumut, AKBP Den Martin membenarkan peristiwa tersebut, pihaknya masih mengecek dan menyelidiki di lapangan.

“Anggota kita sudah turun ke lapangan, awak kapal dari kapal yang tenggelam itu selamat. Kita masih menyelidiki dan mengecek peristiwa itu,” kata Den Martin.

Sementara itu, Kepala Stasiun Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Belawan, Abdul Azis mengatakan, cuaca yang melanda sekitaran perairan laut masih normal, dengan gelombang 0,5 meter hingga 0,8 meter.

“Hanya saja pada malam hari hingga tengah malam terjadi hujan, cuaca normal ini disertai dengan angin yang bergerak dari Timur Laut ke Tenggara dengan kecepatan 05 sampai 15 knot,’ jelas Abdul Azis. (ril)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Jembatan Terancam Ambruk, Galian C Terus Berlangsung
Siantar 24 Jam - Senin, 22 Januari 2018 - 03:11 WIB

Jembatan Terancam Ambruk, Galian C Terus Berlangsung

Pengerukan pasir dari Sungai Bah Bolon dituding telah membuat fondasi jembatan antar kabupaten di Perdagangan, Kecamatan Bandar, Simalungun itu, jadi ...
Pembunuh Anggi Habiskan Uang Rampokan untuk Beli Sabu dan Main Judi
Metro 24 Jam - Senin, 22 Januari 2018 - 02:59 WIB

Pembunuh Anggi Habiskan Uang Rampokan untuk Beli Sabu dan Main Judi

Anggi Syahputri Tanjung (17), siswi kelas 2 SMA Negri 11 Medan, akhirnya diketahui tewas akibat dibantai oleh Agung Prasetiyo, Jumat ...
7 Napi Binjai Kabur, Sipir Jaga Segera Dijatuhi Sanksi Berat
Metro 24 Jam - Senin, 22 Januari 2018 - 02:39 WIB

7 Napi Binjai Kabur, Sipir Jaga Segera Dijatuhi Sanksi Berat

Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum HAM) RI akan menyampaikan dan mengeluarkan langsung sanksi berat kepada petugas lalai, sehingga ...
Raja Parhata Tewas Ditabrak Mobil
Siantar 24 Jam - Senin, 22 Januari 2018 - 02:30 WIB

Raja Parhata Tewas Ditabrak Mobil

Rencana menghadiri pesta di Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Bonar Simbolon (67), warga jalan Dusun Bah Kata, Desa Janggir Leto, Kecamatan ...
Penyidikan Terkendala Biaya Visum, Warga Bantu Keluarga Bocah Korban Cabul
Siantar 24 Jam - Minggu, 21 Januari 2018 - 23:32 WIB

Penyidikan Terkendala Biaya Visum, Warga Bantu Keluarga Bocah Korban Cabul

SIANTAR, JAM 15.00 WIBKondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan membuat orangtua AT (3)--bocah yang dicabuli keluarganya sendiri--tak mampu membayar biaya visum, ...
Pemecatan Bripka Samsul Bahri Tunggu Putusan Hakim
Siantar 24 Jam - Minggu, 21 Januari 2018 - 23:01 WIB

Pemecatan Bripka Samsul Bahri Tunggu Putusan Hakim

Bripka Samsul Bahri, tengah didakwa di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun atas keterlibatannya dalam peredaran narkotika. Akibat perbuatannya, pria yang tercatat ...