Kamis, 21 Juni 2018 | 11.17 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Pemkab Simalungun Gagal Cegah AIDS

Pemkab Simalungun Gagal Cegah AIDS

Jumat, 12 Januari 2018 - 09:04 WIB

IMG-49689

Surbabel Saragih. (ist/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pemkab Simalungun melalui Dinas Kesehatan dinilai gagal total dalam melakukan pencegahan penyakit menular seperti HIV/AIDS. “Pemkab melalui Dinas Kesehatan Simalungun tergolong gagal dalam melakukan P2M,” kata seorang petugas kesehatan, Kamis (11/1/2018) jam 09.30 WIB.

Sedikitnya, ada lima orang korban pada 2017 terjangkit penyakit mematikan yakni Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang sampai hari ini belum ditemukan obat penyembuhnya.

“Kalau tidak salah sekira bulan Oktober 2017. Pokoknya, sebelum tahun baru lah, ada sekitar 5 orang warga Simalungun yang mengidap penyakit HIV,” jelas pria berkepala plontos.

Ke lima warga Simalungun yang terjangkit HIV tersebut di antaranya AP berasal dari Raya Bayu, Kecamatan Raya. Kemudian, SS dan S merupakan pasutri (pasangan suami istri) berasal dari Tiga Runggu, Kecamatan Purba.

“Kalau si AP itu sempat dirawat di ruang rawat inap Sitalasari RSUD T Rondahaim. Sementara, yang pasangan suami istri sudah pulang. Tapi, sudah mengkonsumsi obat HRV,” sebutnya.

Diketahui adanya warga Simalungun terjangkit HIV dari hasil diagnosa yang menyebutkan HIV plus dan saat membawa dua pasien ke RSUD T Rondahaim Raya milik Pemkab Simalungun.

“Yang ku bawa saja ada dua pasien yang kena HIV. Tambah ada tiga yang ku temukan di RSUD Rondahaim Raya. Makanya, terhitung lima orang kena HIV. Dan diagnosanya menyebutkan HIV plus,” paparnya.

Selain itu, adanya lima warga Simalungun terjangkit penyakit HIV, membuktikan Pemkab minim melakukan sosialisasi pentingnya penanggulangan HIV atau P2M.

“Berarti, selama ini. Sosialisasi pentingnya penanggulangan HIV atau P2M malas dilakukan kepada warga. Lima orang kena HIV, sudah termasuk banyak itu,” ujarnya.

Jauh hari sebelumnya juga, seorang warga Nagori Raja Maligas I, Kecamatan Hutabayu Raja, AS (29) terjangkit HIV.

“Tahun 2014 lalu juga ada kena HIV orang Hutabayu Raja. Aku juga membawa berobat dan mengurus surat pengantar dari pangulu untuk BPJS. Tapi, sekarang kondisinya sudah lumayan dan sekarang di Batam,” paparnya.

Kabid Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Simalungun, Serubabel Saragih ketika coba ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/1/2018) jam 13.57 wib tak berhasil. Melalui selular mengaku ada melakukan sosialisasi. “Sosialisasi pasti ada dilakukan. Selaku kita lakukan,” katanya.

Disinggung mengenai adanya lima warga Simalungun terkena penyakit HIV. Serubabel malah menyarankan agar besok saja. “Besok sajalah di kantor. Kurang jelas dari telepon,” kilahnya. (ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
KM Sinar Bangun Tenggelam, 3 Korban Lagi Ditemukan, BPBD Sumut: 178 Orang Hilang
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 08:21 WIB

KM Sinar Bangun Tenggelam, 3 Korban Lagi Ditemukan, BPBD Sumut: 178 Orang Hilang

Hingga Rabu (20/6/2018) siang, tiga korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba akhirnya ditemukan. Dua di antaranya ...
Jalur Jalan Berastagi Kembali Normal
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 07:33 WIB

Jalur Jalan Berastagi Kembali Normal

Jalan kota wisata Berastagi, Kabupaten Karo yang sejak hari pertama Idul Fitri sempat dipadati wisatawan, kini berangsur sepi. Pada H+5 ...
Tagih Uang Tip Sama Tamu, Pelayan Cafe KO Ditinju (Katanya yang Bogem Sipir Lapas)
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 07:25 WIB

Tagih Uang Tip Sama Tamu, Pelayan Cafe KO Ditinju (Katanya yang Bogem Sipir Lapas)

Echa (24), seorang waitress di Sempurna Cafe, Jalan Ringroad, mendapat bogem mentah alias tinju dari tamunya, hanya gara-gara menagih uang ...
Patricia Berdoa untuk Para Korban KMP Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 06:57 WIB

Patricia Berdoa untuk Para Korban KMP Sinar Bangun

Patricia Siahaan, istri dari Cawagub Sumut Sihar Sitorus ikut memberikan kekuatan pada keluarga korban Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun ...
Termasuk Ketua, 7 Anggota Komunitas Slankers Ikut Tenggelam Bersama KM Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 06:52 WIB

Termasuk Ketua, 7 Anggota Komunitas Slankers Ikut Tenggelam Bersama KM Sinar Bangun

Tujuh di antara penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018) kemarin, diketahui merupakan anggota komunitas ...
Tiga Hari KM Sinar Bangun Tenggelam, PNS Pemko Medan Itu Belum Ditemukan
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Juni 2018 - 18:31 WIB

Tiga Hari KM Sinar Bangun Tenggelam, PNS Pemko Medan Itu Belum Ditemukan

Tim gabungan Basarnas dan TNI, Polri, terus menelusuri sejumlah titik mencari penumpang Kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau ...