Rabu, 18 Juli 2018 | 02.16 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Ribuan Paving Blok Raib, Proyek Dinas PUPR Bermasalah

Ribuan Paving Blok Raib, Proyek Dinas PUPR Bermasalah

Kamis, 11 Januari 2018 - 10:22 WIB

IMG-49562

Ribuan paving blok yang raib saat ditumpukan usai dibongkar (Rudi/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Jika dirunut satu demi satu, proyek yang dikelola Dinas Tata Ruang Pemukiman–sekarang Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Simalungun–nyaris semua bermasalah.

Tak hanya empat paket proyek Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) tahun 2016 berbiaya Rp1 miliar lebih yang kini masih disidik Kejatisu, sejumlah proyek lain harusnya diusut juga.

Salah satunya, pembongkaran ribuan batang paving blok dari pelataran halaman kantor Bupati Simalungun pada April 2017 lalu juga mendatangkan tanda tanya besar. Pasalnya, setelah dibongkar, keberadaan ribuan paving blok berwarna merah tersebut raib.

“Paving blok di pelataran kantor bupati itu kan sudah dibongkar. Itu lah pertanyakan. Karena, gak tau dimana keberadaannya sekarang,” kata seorang pemborong, Rabu (10/1) sekira jam 11.30 Wib.

Diketahui, ribuan paving blok tersebut dibongkar setelah adanya proyek penataan pelataran halaman kantor Bupati pada tahun 2017 yang menelan biaya sebesar Rp5 miliar bersumber dari APBD 2017.

“Waktu awal dibongkar, masih nampak. Sekarang sudah gak ada lagi. Kalau pembongkarannya karena ada lagi proyek penataan pelataran halaman kantor Bupati tahun 2017,” jelasnya.

“Kalau tidak salah, rekanannya pada saat itu PT Suan Risma. Sekaligus pengadaan sejumlah bunga yang berkelas. Makanya, anggarannya sampai sebesar Rp2 miliar,” paparnya.

Kadis PUPR Kabupaten Simalungun, Beny Saragih ketika akan ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/1) sekira jam 12.05 Wib, tak ada di tempat. Coba melalui selular juga tak menyahut, baik melalui pesan dan kontak langsung.

Anggota DPRD Simalungun, Bernhard Damanik ketika diminta tanggapannya, menegaskan dia segera mempertanyakan keberadaan ribuan paving blok yang dibongkar dari pelataran halaman kantor Bupati.

“Mengenai ribuan paving blok tersebut pastinya kita pertanyakan kepada Beny Saragih selaku kepala dinas. Di mana sekarang keberadaan ribuan paving blok tersebut setelah dibongkar,” tegas Bernhard.

Menurut Bernhard, ribuan paving blok tersebut merupakan aset bagi Pemkab Simalungun. Karena saat pengadaan menggunakan dana yang bersumber dari APBD.

“Maka, jika telah dibongkar. Keberadaan dan jumlah seluruh paving harus jelas. Satu batang pun tidak boleh raib. Kemudian, jika dijual, harus melalui proses lelang. Kalau tidak salah, dananya pada saat itu sebesar Rp2 miliar,” tandas Ketua Fraksi NasDem itu. (ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Relokasi Mandiri Jalan Veteran Terbengkalai, Isu ‘Suap’ Mencuat
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 02:11 WIB

Relokasi Mandiri Jalan Veteran Terbengkalai, Isu ‘Suap’ Mencuat

Relokasi Mandiri tahap II pembangunan 2016, di Jalan Veteran, Gang Garuda, Kabupaten Karo masih meninggalkan berbagai persoalan, termasuk isu dugaan ...
Upacara Kesadaran Nasional di Deliserdang, Bupati Ingatkan Hari Aksara Internasional
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 02:01 WIB

Upacara Kesadaran Nasional di Deliserdang, Bupati Ingatkan Hari Aksara Internasional

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan pimpin upacara Hari Kesadaran Nasional Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Selasa (17/7), di Lapangan Kantor Bupati, bersamaan ...
DPC Partai Garuda Serahkan Berkas Bacaleg ke KPUD Siantar
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 01:45 WIB

DPC Partai Garuda Serahkan Berkas Bacaleg ke KPUD Siantar

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Garuda Pematangsiantar hadir di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pematangsiantar, untuk menyerahkan berkas pengajuan ...
Sambut HBA-58 dan HUT IAD-18, Kejari Deliserdang Bagikan 1.000 Nasi Bungkus
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 01:36 WIB

Sambut HBA-58 dan HUT IAD-18, Kejari Deliserdang Bagikan 1.000 Nasi Bungkus

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencari simpatik masyarakat dalam menyambut Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-58 tahun dan HUT Ikatan ...
Pengedar Sabu Ditembak Mati: Jaringan Rizal Cs dan Kasus 14 Kg Sabu di Namorambe
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 01:23 WIB

Pengedar Sabu Ditembak Mati: Jaringan Rizal Cs dan Kasus 14 Kg Sabu di Namorambe

Salah satu terduga jaringan pengedari sabu yang ditembak mati oleh polisi, Selasa (17/7/2018), merupakan bagian dari jaringan Rizal, yang sebelumnya ...
Maling Kreta Kualat! Sering Beraksi di Masjid, Ditembak Polisi
Metro 24 Jam - Rabu, 18 Juli 2018 - 00:57 WIB

Maling Kreta Kualat! Sering Beraksi di Masjid, Ditembak Polisi

Sekali maen berhasil, duo kawanan maling kreta jadi ketagihan. Kemarin, aksi keduanya berakhir setelah ditembak tim anti bandit Polres Binjai ...