Sabtu, 21 April 2018 | 15.00 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Ribuan Paving Blok Raib, Proyek Dinas PUPR Bermasalah

Ribuan Paving Blok Raib, Proyek Dinas PUPR Bermasalah

Kamis, 11 Januari 2018 - 10:22 WIB

IMG-49562

Ribuan paving blok yang raib saat ditumpukan usai dibongkar (Rudi/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Jika dirunut satu demi satu, proyek yang dikelola Dinas Tata Ruang Pemukiman–sekarang Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Simalungun–nyaris semua bermasalah.

Tak hanya empat paket proyek Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) tahun 2016 berbiaya Rp1 miliar lebih yang kini masih disidik Kejatisu, sejumlah proyek lain harusnya diusut juga.

Salah satunya, pembongkaran ribuan batang paving blok dari pelataran halaman kantor Bupati Simalungun pada April 2017 lalu juga mendatangkan tanda tanya besar. Pasalnya, setelah dibongkar, keberadaan ribuan paving blok berwarna merah tersebut raib.

“Paving blok di pelataran kantor bupati itu kan sudah dibongkar. Itu lah pertanyakan. Karena, gak tau dimana keberadaannya sekarang,” kata seorang pemborong, Rabu (10/1) sekira jam 11.30 Wib.

Diketahui, ribuan paving blok tersebut dibongkar setelah adanya proyek penataan pelataran halaman kantor Bupati pada tahun 2017 yang menelan biaya sebesar Rp5 miliar bersumber dari APBD 2017.

“Waktu awal dibongkar, masih nampak. Sekarang sudah gak ada lagi. Kalau pembongkarannya karena ada lagi proyek penataan pelataran halaman kantor Bupati tahun 2017,” jelasnya.

“Kalau tidak salah, rekanannya pada saat itu PT Suan Risma. Sekaligus pengadaan sejumlah bunga yang berkelas. Makanya, anggarannya sampai sebesar Rp2 miliar,” paparnya.

Kadis PUPR Kabupaten Simalungun, Beny Saragih ketika akan ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/1) sekira jam 12.05 Wib, tak ada di tempat. Coba melalui selular juga tak menyahut, baik melalui pesan dan kontak langsung.

Anggota DPRD Simalungun, Bernhard Damanik ketika diminta tanggapannya, menegaskan dia segera mempertanyakan keberadaan ribuan paving blok yang dibongkar dari pelataran halaman kantor Bupati.

“Mengenai ribuan paving blok tersebut pastinya kita pertanyakan kepada Beny Saragih selaku kepala dinas. Di mana sekarang keberadaan ribuan paving blok tersebut setelah dibongkar,” tegas Bernhard.

Menurut Bernhard, ribuan paving blok tersebut merupakan aset bagi Pemkab Simalungun. Karena saat pengadaan menggunakan dana yang bersumber dari APBD.

“Maka, jika telah dibongkar. Keberadaan dan jumlah seluruh paving harus jelas. Satu batang pun tidak boleh raib. Kemudian, jika dijual, harus melalui proses lelang. Kalau tidak salah, dananya pada saat itu sebesar Rp2 miliar,” tandas Ketua Fraksi NasDem itu. (ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Hadiah Akhir Pekan Bertemu Sihar
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 05:05 WIB

Hadiah Akhir Pekan Bertemu Sihar

Waktu makan siang yang dimanfaatkan Sihar Sitorus untuk mengunjungi pusat perbelanjaan di Medan ternyata mengundang perhatian sejumlah pengunjung. Kedatangan Calon ...
Hukuman Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Diperberat
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 04:59 WIB

Hukuman Mantan Bendahara Pemenangan Ramadhan Pohan Diperberat

Hukuman Savita Linda Hora Panjaitan selaku mantan bendahara pemenangan pasangan calon Walikota/Wakil Walikota Medan Periode 2015-2020 yakni Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma, ...
Kreta Tak Kunjung Ditemukan, Aktivis Pemulung Lapor Kapolda Sumut
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:35 WIB

Kreta Tak Kunjung Ditemukan, Aktivis Pemulung Lapor Kapolda Sumut

Sudah lebih seminggu kreta milik Uba Pasaribu hilang digasak maling. Hingga kini, Polsek Medan Sunggal tak kunjung berhasil menemukan pelaku ...
Jaksa dan Hakim Kompak, Tompel Dipenjara 6 Tahun
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:27 WIB

Jaksa dan Hakim Kompak, Tompel Dipenjara 6 Tahun

Wira Pranata alias Tompel, terdakwa pemilik 8 paket sabu, divonis selama 6 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) ...
Walikota Abaikan Rekomendasi KASN dan DPRD, Pelantikan Pejabat Pemko Siantar Diprotes
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:18 WIB

Walikota Abaikan Rekomendasi KASN dan DPRD, Pelantikan Pejabat Pemko Siantar Diprotes

Pemerintahan Kota (Pemko) Siantar melantik pejabat Eselon III dan IV di ruang data Balai Kota, Jalan Merdeka. Komite Pemerhati Aparatur ...
Bahas Revitalisasi Pasar Horas ‘Panas’, Pedagang Menolak, PD PHJ Tetap Lanjut
Siantar 24 Jam - Sabtu, 21 April 2018 - 02:05 WIB

Bahas Revitalisasi Pasar Horas ‘Panas’, Pedagang Menolak, PD PHJ Tetap Lanjut

Pertemuan pembahasan rencana revitalisasi Pasar Horas antara Aliansi Pedagang Balerong, Kaki Lima dan Kios Tempel (Balimbel) dengan Perusahaan Daerah Pasar ...