Minggu, 22 Juli 2018 | 15.56 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>PKPI Tarik Dukungan dari JR Saragih?

PKPI Tarik Dukungan dari JR Saragih?

Rabu, 10 Januari 2018 - 22:39 WIB

IMG-49602

Djarot-Sihar bersama pengurus PKPI. (ist/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Salah satu parpol pengusung Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus yang ikut menghantarkan pasangan itu mendaftar ke KPU Sumut, Rabu (10/1/2018) sore, adalah PKPI. Dua parpol lainnya, PDIP dan PPP.

Informasi diperoleh dari sumber yang ikut menghantarkan pasangan Djarot-Sihar pada Rabu sore menyebut, pengurus PKPI ikut dan hadir ke KPU Sumut menyerahkan dukungan pendaftaran.

Menurut pria bermarga Simanjuntak itu, dia melihat langsung ada empat orang pengurus DPP PKPI, salah satunya adik dari Hendropriyono, Ketua Umum PKPI.

“Ada pencabutan dukungan dari PKPI. 4 orang dari DPP PKPI turut serta menyerahkan dukungan ke Djarot-Sihar. Rekomendasi itu dibawa langsung oleh Waketum PKPI Bapak Djati didampingi Sekjend dan salah seorang ketua dan wakil sekretaris PKPI yang selanjutnya bersama PPP dan PDIP mendaftarkan Djarot-Sihar ke KPU Sumut,” kata Simanjuntak.

Dia menyebut, informasinya surat dukungan ke salah satu pasangan sebelumnya yang dikeluarkan pada Desember 2017 lalu. Namun belakangan surat dukungan itu dicabut kembali dengan sebuah surat oleh Ketua Umum DPP PKPI.

“Jadi surat dukungan itu memang ada ke salah satu pasangan pada Desember 2017 lalu. Namun sudah dicabut kembali. Surat pencabutan itu turut serta diserahkan ke KPU Sumut tadi,” ungkapnya.

Terkait ini, Wakil Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Sumut, Silverius Bangun dihubungi Rabu (10/1) sekira jam 20.30 Wib, melalui whatsapp belum memberikan jawaban.

Jawaban baru diperoleh dari Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Johalim Purba pada sekitar jam 20.35 Wib.

Melalui sambungan telepon, Johalim mengakui menerima informasi adanya pengalihan dukungan PKPI dari JR Saragih-Ance ke Djarot-Sihar.

Hanya saja menurut Johalim, penarikan dukungan tidak semudah itu. Semua menurut dia sudah diatur dalam undang-undang, bahwa dukungan yang sudah dimasukkan ke KPU tidak bisa ditarik lagi.

“Saya dengar isu itu. Tapi kita fokus ke undang-undang saja. Dukungan yang sudah dimasukkan tak bisa ditarik lagi,” katanya.

Johalim kemudian menegaskan keyakinannya KPU Sumut akan tetap berpedoman terhadap aturan.

Berdasarkan Peraturan KPU No 3 Tahun 2017, pada Pasal 6 ayat 4 tertera, “Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang telah mendaftarkan Bakal Pasangan Calon kepada KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota, tidak dapat menarik dukungannya sejak pendaftaran.”

Selanjutnya, pada Pasal 6 ayat 5 ditegaskan, “Dalam hal Partai Politik atau Gabungan Partai Politik menarik dukungan dan/atau menarik bakal calon dan/atau Bakal Pasangan Calon yang telah didaftarkan, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik tersebut dianggap tetap mendukung Bakal Pasangan Calon yang bersangkutan dan tidak dapat mengusulkan bakal calon atau Bakal Pasangan Calon pengganti.” (tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Deklarasi Ganti & Dukung Presiden di Medan, Spanduk Eramas Dukung Jokowi Bertebaran
Metro 24 Jam - Minggu, 22 Juli 2018 - 15:26 WIB

Deklarasi Ganti & Dukung Presiden di Medan, Spanduk Eramas Dukung Jokowi Bertebaran

Polrestabes Medan mengambil langkah pengamanan khusus terkait deklarasi dua kelompok massa pendukung Jokowi Dua Periode dan massa pendukung Ganti Presiden ...
Bawa Sabu 3 Kg dari Malaysia Lewat Tanjungbalai, Warga Tanjungpinag Ditembak
Metro 24 Jam - Minggu, 22 Juli 2018 - 14:34 WIB

Bawa Sabu 3 Kg dari Malaysia Lewat Tanjungbalai, Warga Tanjungpinag Ditembak

Personel Satuan Reserse Narkoba Tanjungbalai berhasil meringkus seorang pria yang membawa sabu seberat 3 kilogram, Sabtu (21/7/2018) sekira jam 5.00 ...
3 Kelompok Massa Sampaikan Aspirasi Pilpres
Metro 24 Jam - Minggu, 22 Juli 2018 - 14:08 WIB

3 Kelompok Massa Sampaikan Aspirasi Pilpres

Tiga kelompok massa melakukan aksi untuk menyampaikan aspirasi mereka serta mendeklarasikan sikap politik, terkait Pilpres 2019, di Medan, Minggu (22/7/2018). ...
Pengadaan Ternak Sapi di Dinas Pertanian Deliserdang Diperiksa Kejari?
Metro 24 Jam - Minggu, 22 Juli 2018 - 09:34 WIB

Pengadaan Ternak Sapi di Dinas Pertanian Deliserdang Diperiksa Kejari?

Dinas Pertanian Deliserdang dikabarkan diperiksa Kejari Deliserdang. Hal itu disebutkan oleh seorang sumber metro24jam.com, Sabtu (21/7/2018), di Lubukpakam. Pemeriksaan dikatakan ...
Gol! Penghina Suku Batak Ditangkap Polisi
Metro 24 Jam - Minggu, 22 Juli 2018 - 00:43 WIB

Gol! Penghina Suku Batak Ditangkap Polisi

Faisal Abdi alias Bombay alias Memet, terduga pelaku ujaran kebencian terhadap suku Batak, ditangkap polisi, Jumat (20/7/2018) sekira jam 22.00 ...
Aziz Mirza Korban Kebakaran Meninggal Dunia, Pemilik Gina Cafe & Resto Berduka
Metro 24 Jam - Sabtu, 21 Juli 2018 - 21:00 WIB

Aziz Mirza Korban Kebakaran Meninggal Dunia, Pemilik Gina Cafe & Resto Berduka

Peristiwa kebakaran di Cafe Gina & Resto, Kamis (19/7/2018) lalu akhirnya mengambil korban jiwa. Aziz Mirza (17) salam seorang karyawan ...