Kamis, 26 April 2018 | 07.12 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>PKPI Tarik Dukungan dari JR Saragih?

PKPI Tarik Dukungan dari JR Saragih?

Rabu, 10 Januari 2018 - 22:39 WIB

IMG-49602

Djarot-Sihar bersama pengurus PKPI. (ist/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Salah satu parpol pengusung Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus yang ikut menghantarkan pasangan itu mendaftar ke KPU Sumut, Rabu (10/1/2018) sore, adalah PKPI. Dua parpol lainnya, PDIP dan PPP.

Informasi diperoleh dari sumber yang ikut menghantarkan pasangan Djarot-Sihar pada Rabu sore menyebut, pengurus PKPI ikut dan hadir ke KPU Sumut menyerahkan dukungan pendaftaran.

Menurut pria bermarga Simanjuntak itu, dia melihat langsung ada empat orang pengurus DPP PKPI, salah satunya adik dari Hendropriyono, Ketua Umum PKPI.

“Ada pencabutan dukungan dari PKPI. 4 orang dari DPP PKPI turut serta menyerahkan dukungan ke Djarot-Sihar. Rekomendasi itu dibawa langsung oleh Waketum PKPI Bapak Djati didampingi Sekjend dan salah seorang ketua dan wakil sekretaris PKPI yang selanjutnya bersama PPP dan PDIP mendaftarkan Djarot-Sihar ke KPU Sumut,” kata Simanjuntak.

Dia menyebut, informasinya surat dukungan ke salah satu pasangan sebelumnya yang dikeluarkan pada Desember 2017 lalu. Namun belakangan surat dukungan itu dicabut kembali dengan sebuah surat oleh Ketua Umum DPP PKPI.

“Jadi surat dukungan itu memang ada ke salah satu pasangan pada Desember 2017 lalu. Namun sudah dicabut kembali. Surat pencabutan itu turut serta diserahkan ke KPU Sumut tadi,” ungkapnya.

Terkait ini, Wakil Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Sumut, Silverius Bangun dihubungi Rabu (10/1) sekira jam 20.30 Wib, melalui whatsapp belum memberikan jawaban.

Jawaban baru diperoleh dari Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Johalim Purba pada sekitar jam 20.35 Wib.

Melalui sambungan telepon, Johalim mengakui menerima informasi adanya pengalihan dukungan PKPI dari JR Saragih-Ance ke Djarot-Sihar.

Hanya saja menurut Johalim, penarikan dukungan tidak semudah itu. Semua menurut dia sudah diatur dalam undang-undang, bahwa dukungan yang sudah dimasukkan ke KPU tidak bisa ditarik lagi.

“Saya dengar isu itu. Tapi kita fokus ke undang-undang saja. Dukungan yang sudah dimasukkan tak bisa ditarik lagi,” katanya.

Johalim kemudian menegaskan keyakinannya KPU Sumut akan tetap berpedoman terhadap aturan.

Berdasarkan Peraturan KPU No 3 Tahun 2017, pada Pasal 6 ayat 4 tertera, “Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang telah mendaftarkan Bakal Pasangan Calon kepada KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota, tidak dapat menarik dukungannya sejak pendaftaran.”

Selanjutnya, pada Pasal 6 ayat 5 ditegaskan, “Dalam hal Partai Politik atau Gabungan Partai Politik menarik dukungan dan/atau menarik bakal calon dan/atau Bakal Pasangan Calon yang telah didaftarkan, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik tersebut dianggap tetap mendukung Bakal Pasangan Calon yang bersangkutan dan tidak dapat mengusulkan bakal calon atau Bakal Pasangan Calon pengganti.” (tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
PN Medan Ricuh ! Terdakwa dan Saksi Korban Baku Hantam
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 04:59 WIB

PN Medan Ricuh ! Terdakwa dan Saksi Korban Baku Hantam

Ruang Kartika, Gedung Pengadilan Negeri (PN) Medan, mendadak ricuh, Rabu (25/4/2018) sore. Pasalnya, terdakwa kasus dugaan penganiayaan, Fery Syahputra bersama ...
Oplos Gas Subsidi ke Tabung 12 Kg, Empat Orang Diringkus Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 04:54 WIB

Oplos Gas Subsidi ke Tabung 12 Kg, Empat Orang Diringkus Polisi

Satuan Reserse Kriminal Polres Deliserdang melalui Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) berhasil menangkap empat orang pelaku pengoplosan gas bersubsidi ukuran ...
Perbaikan Cross Drain di Berastagi Dikerjakan
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 04:44 WIB

Perbaikan Cross Drain di Berastagi Dikerjakan

Perbaikan cross drain (saluran drainase melintang) di Km 63, tepatnya di simpang Jalan Listrik Atas-Jalan Djamin Ginting, Berastagi, yang dimulai Selasa ...
Sambut HUT Polri ke-72, Polsek dan Muspika Percut Sei Tuan Tanding Futsal dengan Wartawan
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 04:39 WIB

Sambut HUT Polri ke-72, Polsek dan Muspika Percut Sei Tuan Tanding Futsal dengan Wartawan

Menyambut Hut Polri ke-72, Kepolisian Sektor Percut Sei Tuan menggelar olahraga bersama dengan Muspika, unsur TNI dari Koramil serta wartawan ...
Remas Payudara Siswi SMA Lalu Puaskan Birahi Sendiri, Pria Ini Terancam 15 Tahun Penjara
Metro 24 Jam - Rabu, 25 April 2018 - 22:13 WIB

Remas Payudara Siswi SMA Lalu Puaskan Birahi Sendiri, Pria Ini Terancam 15 Tahun Penjara

Syahputra (34), warga Sei Kambing B II, Kecamatan Helvetia terancam dibui lama. Pria yang hidup melajang itu ditangkap lantaran melakukan ...
Inacraft 2018, Stand Deliserdang Dipadati Pengunjung, Tenun Sutra Paling Diminati
Metro 24 Jam - Rabu, 25 April 2018 - 21:05 WIB

Inacraft 2018, Stand Deliserdang Dipadati Pengunjung, Tenun Sutra Paling Diminati

Kabupaten Deliserdang mengikuti pameran International Handicraft (Inacraft) 2018 di Assembly Hall JCC Senayan, Jakarta. Pameran dibuka oleh Wakil Presiden RI ...