Senin, 22 Januari 2018 | 07.26 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>PKPI Tarik Dukungan dari JR Saragih?

PKPI Tarik Dukungan dari JR Saragih?

Rabu, 10 Januari 2018 - 22:39 WIB

IMG-49602

Djarot-Sihar bersama pengurus PKPI. (ist/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Salah satu parpol pengusung Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus yang ikut menghantarkan pasangan itu mendaftar ke KPU Sumut, Rabu (10/1/2018) sore, adalah PKPI. Dua parpol lainnya, PDIP dan PPP.

Informasi diperoleh dari sumber yang ikut menghantarkan pasangan Djarot-Sihar pada Rabu sore menyebut, pengurus PKPI ikut dan hadir ke KPU Sumut menyerahkan dukungan pendaftaran.

Menurut pria bermarga Simanjuntak itu, dia melihat langsung ada empat orang pengurus DPP PKPI, salah satunya adik dari Hendropriyono, Ketua Umum PKPI.

“Ada pencabutan dukungan dari PKPI. 4 orang dari DPP PKPI turut serta menyerahkan dukungan ke Djarot-Sihar. Rekomendasi itu dibawa langsung oleh Waketum PKPI Bapak Djati didampingi Sekjend dan salah seorang ketua dan wakil sekretaris PKPI yang selanjutnya bersama PPP dan PDIP mendaftarkan Djarot-Sihar ke KPU Sumut,” kata Simanjuntak.

Dia menyebut, informasinya surat dukungan ke salah satu pasangan sebelumnya yang dikeluarkan pada Desember 2017 lalu. Namun belakangan surat dukungan itu dicabut kembali dengan sebuah surat oleh Ketua Umum DPP PKPI.

“Jadi surat dukungan itu memang ada ke salah satu pasangan pada Desember 2017 lalu. Namun sudah dicabut kembali. Surat pencabutan itu turut serta diserahkan ke KPU Sumut tadi,” ungkapnya.

Terkait ini, Wakil Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Sumut, Silverius Bangun dihubungi Rabu (10/1) sekira jam 20.30 Wib, melalui whatsapp belum memberikan jawaban.

Jawaban baru diperoleh dari Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Johalim Purba pada sekitar jam 20.35 Wib.

Melalui sambungan telepon, Johalim mengakui menerima informasi adanya pengalihan dukungan PKPI dari JR Saragih-Ance ke Djarot-Sihar.

Hanya saja menurut Johalim, penarikan dukungan tidak semudah itu. Semua menurut dia sudah diatur dalam undang-undang, bahwa dukungan yang sudah dimasukkan ke KPU tidak bisa ditarik lagi.

“Saya dengar isu itu. Tapi kita fokus ke undang-undang saja. Dukungan yang sudah dimasukkan tak bisa ditarik lagi,” katanya.

Johalim kemudian menegaskan keyakinannya KPU Sumut akan tetap berpedoman terhadap aturan.

Berdasarkan Peraturan KPU No 3 Tahun 2017, pada Pasal 6 ayat 4 tertera, “Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang telah mendaftarkan Bakal Pasangan Calon kepada KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota, tidak dapat menarik dukungannya sejak pendaftaran.”

Selanjutnya, pada Pasal 6 ayat 5 ditegaskan, “Dalam hal Partai Politik atau Gabungan Partai Politik menarik dukungan dan/atau menarik bakal calon dan/atau Bakal Pasangan Calon yang telah didaftarkan, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik tersebut dianggap tetap mendukung Bakal Pasangan Calon yang bersangkutan dan tidak dapat mengusulkan bakal calon atau Bakal Pasangan Calon pengganti.” (tig)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Jembatan Terancam Ambruk, Galian C Terus Berlangsung
Siantar 24 Jam - Senin, 22 Januari 2018 - 03:11 WIB

Jembatan Terancam Ambruk, Galian C Terus Berlangsung

Pengerukan pasir dari Sungai Bah Bolon dituding telah membuat fondasi jembatan antar kabupaten di Perdagangan, Kecamatan Bandar, Simalungun itu, jadi ...
Pembunuh Anggi Habiskan Uang Rampokan untuk Beli Sabu dan Main Judi
Metro 24 Jam - Senin, 22 Januari 2018 - 02:59 WIB

Pembunuh Anggi Habiskan Uang Rampokan untuk Beli Sabu dan Main Judi

Anggi Syahputri Tanjung (17), siswi kelas 2 SMA Negri 11 Medan, akhirnya diketahui tewas akibat dibantai oleh Agung Prasetiyo, Jumat ...
7 Napi Binjai Kabur, Sipir Jaga Segera Dijatuhi Sanksi Berat
Metro 24 Jam - Senin, 22 Januari 2018 - 02:39 WIB

7 Napi Binjai Kabur, Sipir Jaga Segera Dijatuhi Sanksi Berat

Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum HAM) RI akan menyampaikan dan mengeluarkan langsung sanksi berat kepada petugas lalai, sehingga ...
Raja Parhata Tewas Ditabrak Mobil
Siantar 24 Jam - Senin, 22 Januari 2018 - 02:30 WIB

Raja Parhata Tewas Ditabrak Mobil

Rencana menghadiri pesta di Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Bonar Simbolon (67), warga jalan Dusun Bah Kata, Desa Janggir Leto, Kecamatan ...
Penyidikan Terkendala Biaya Visum, Warga Bantu Keluarga Bocah Korban Cabul
Siantar 24 Jam - Minggu, 21 Januari 2018 - 23:32 WIB

Penyidikan Terkendala Biaya Visum, Warga Bantu Keluarga Bocah Korban Cabul

SIANTAR, JAM 15.00 WIBKondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan membuat orangtua AT (3)--bocah yang dicabuli keluarganya sendiri--tak mampu membayar biaya visum, ...
Pemecatan Bripka Samsul Bahri Tunggu Putusan Hakim
Siantar 24 Jam - Minggu, 21 Januari 2018 - 23:01 WIB

Pemecatan Bripka Samsul Bahri Tunggu Putusan Hakim

Bripka Samsul Bahri, tengah didakwa di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun atas keterlibatannya dalam peredaran narkotika. Akibat perbuatannya, pria yang tercatat ...