Jumat, 20 Juli 2018 | 06.00 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Beli BBM untuk Diecer, Kijang BK 1612 TJ Meledak di SPBU

Beli BBM untuk Diecer, Kijang BK 1612 TJ Meledak di SPBU

Kamis, 7 Desember 2017 - 12:17 WIB

IMG-46929

Mobil yang terbakar. (Jonathan/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Sebuah peristiwa kebakaran terjadi di stasiun pengisian bahan bakar minyak (BBM) Jalan Asahan, KM 3,5, Kecamatan Siantar, Simalungun. Kejadian ini tentu mengejutkan banyak pihak. Selain oleh suara ledakan dan kobaran api, peristiwa itu juga terjadi di SPBT yang notabene milik TNI AD.

Masyarakat tiba-tiba heboh, satu unit mobil Toyota Kijang BK 1612 TJ dengan muatan 10 jerigen ukuran 30 liter berisi BBM meledak dan terbakar di Stasiun Pompa Bahan Bakar TNI (SPBB TNI) No 12.211.201, Jalan Asahan, KM 3,5, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Rabu (6/12/2017) sekira jam 14.00 Wib.

Peristiwa itu membuat pengendara dan warga sekitar lari tunggang langgang menyelamatkan diri. Menurut saksi mata, mobil tersebut sedang mengisi minyak untuk jerigen. Melihat kejadian itu, warga sekitar menghubungi unit pemadam kebakaran (damkar).

“Untungnya ada seorang yang nekat mendorong mobil ke pinggir, jauh dari pompa SPBT, menjauhi nozzle (penyemprot bahan bakar, red). Kalau tak bisa menyambar,” katanya.

Beberapa menit kemudian tiga unit mobil pemadam kebakaran datang. Dua unit mobil damkar Pemko Siantar dan satu unit milik PT STTC LA. Kemudian, para petugas langsung menyemprotkan air untuk melakukan upaya pemadaman api di mobil tersebut.

“Api berhasil dipadamkan dan tak sempat menjalar membakar SPBT TNI dan kendaraan lainnya,” ucap pengendara yang minta nama dan identitasnya tak disebutkan.

Informasi dihimpun, mobil itu milik Riswandi (40), warga Huta B, Nagori Margo Mulio, Kecamatan Gunung Malela. Dia dikenal sebagai pengecer bahan bakar minyak jenis premium dan pertalite terbesar di Kecamatan Gunung Malela. Kabarnya dia punya hubungan keluarga dengan personel TNI.

Akibat kejadian, Riswandi dikabarkan mengalami luka bakar dan harus dirawat di rumah sakit. Belum diketahui secara pasti penyebab meledak dan terbakarnya mobil. “Mungkin korseleting listrik di mobil. Saat ini kasus ini masih ditangani,” kata warga.

Amatan Siantar 24 Jam, di lokasi kejadian, setelah api dapat dipadamkan terlihat beberapa personel TNI mengevakuasi sekitar 10 jerigen minyak yang sempat terbakar.

Saat awak koran ini mendatangi rumah Riswandi, yang juga dijadikan toko grosir sembako di Jalan Jaumar, Nagori Margo Mulio, Kecamatan Gunung Malela, terlihat tertutup dan sepi aktivitas.

Menurut keterangan warga sekitar, mengatakan orang yang dimaksud tak berada di rumah. “Tutup, Bang. Tadi siang setengah hari dia (Riswandi, red) berangkat ke Siantar untuk belanja dagangannya,” jelas warga.

Ketika awak media ini mempertanyakan kepemilikan mobil Toyota Kijang yang terbakar dan memperlihatkan nomor polisi mobil tersebut, warga membenarkan kepemilikan mobil tersebut.

“Ya, Bang. Mobil Bang Riswandi ini. Kenapa, Bang?” tanya warga dengan keheranan.

Akan Ditindak Jika…
Sedangkan Danrem 022 PT, Kolonel Arm Khoirul Hadi yang ditemui di lokasi mengatakan, penyebab terjadinya kebakaran diduga akibat adanya keteledoran pengemudi mobil. Khoirul menegaskan, pengemudi dikenal sebagai prajurit Korem 022 PT berpangkat Bintara.

“Mungkin ada keteledoran seperti apa. Jadi mungkin pas lagi mengisi (bensin), kebetulan di dalamnya ada jerigen untuk keperluan latihan kita,” kata Danrem.

Diterangkannya, dari pengakuan sopir, saat kejadian tak ada yang merokok baik sopir maupun penumpang. Meskipun demikian, pihaknya, kata Khoriul, masih melakukan penyelidikan pada kasus ini.

“Kalau tadi versinya yang mengisi tidak ada yang merokok tapi sekrang kita selidiki dulu jadi kita panggil personel yang ngisi tadi kita usut dulu penyebabnya dari mana,” ujarnya.

Jika terdapat kesalahan yang dilakukan anggotanya, Khoirul menegaskan akan memberikan sanksi sesuai hukum. “Kalau ada kesalahan yang dilakukan anggota, kita akan berikan sanksi secaa tegas sesuai hukum,” tegas Khoirul. (ag/jo)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
BRI Gelar Evaluasi dan Monitoring Penyaluran BPNT Bersama Agen Brilink
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 03:21 WIB

BRI Gelar Evaluasi dan Monitoring Penyaluran BPNT Bersama Agen Brilink

BRI Cabang Kisaran mengajak agen Brilink-nya yang tersebar di tiga kabupaten, masing-masing Asahan, Tanjungbalai dan Batubara untuk duduk bersama dalam ...
Tanding Futsal, Tim Pemenang Katanya Dipukuli Belasan Orang, Nyaris Diamuk Orang Sekampung
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 03:11 WIB

Tanding Futsal, Tim Pemenang Katanya Dipukuli Belasan Orang, Nyaris Diamuk Orang Sekampung

Suasana di Kenanga Futsal, Jalan Bunga Kenanga, Kelurahan Padang Bulan Selayang II, Kecamatan Medan Selayang, mendadak riuh. Dua tim yang ...
Banting Stir Jadi Pengecer Sabu, Nelayan Terciduk di Rumahnya
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 02:25 WIB

Banting Stir Jadi Pengecer Sabu, Nelayan Terciduk di Rumahnya

Penghasilan sebagai nelayan mulai seret. Kadang melaut, terkadang tidak. Alhasil Sukma Pauji Hasibuan alias Pauji (21) jadi gelap mata. Tergiur ...
“Abang Sangat Menyayangi Kalian Berdua Sampai Mati”: Lelaki Itu Pun Gantung Diri
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 02:04 WIB

“Abang Sangat Menyayangi Kalian Berdua Sampai Mati”: Lelaki Itu Pun Gantung Diri

Seorang pria bernama Dedi Siswanto (31) ditemukan tewas dalam kondisi tergantung dengan seutas tali nilon, di kediamannya, Komplek Jakarta, Dusun ...
Ditabrak KA di Lintasan Tanpa Palang, Istri Sekarat, Suami Tewas di Tempat
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Juli 2018 - 21:23 WIB

Ditabrak KA di Lintasan Tanpa Palang, Istri Sekarat, Suami Tewas di Tempat

Malang tak dapat ditolak. Itulah yang terjadi pada pasangan suami istri yang sehari-harinya berjualan ikan asin ini. Keduanya tertabrak kereta ...
Air Tirtadeli Mati Lagi, Warga Meminta Bupati Copot Direkturnya
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Juli 2018 - 20:28 WIB

Air Tirtadeli Mati Lagi, Warga Meminta Bupati Copot Direkturnya

Air PDAM Tirtadeli Deliserdang kembali 'mandek'. Sebelumnya pada bulan Juni 2018 lalu, yang bertepatan dengan Ramadhan, air dari pipa PDAM ...