Jumat, 20 Juli 2018 | 06.01 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>AKP Basar Siregar, dari Pahlawan Jadi Pesakitan Narkoba

AKP Basar Siregar, dari Pahlawan Jadi Pesakitan Narkoba

Rabu, 6 Desember 2017 - 22:10 WIB

IMG-46899

Detik-detik penangkapan AKP Basar Siregar. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Personel Poldasu berhasil membongkar sindikat sabu-sabu internasional khususnya yang berada di Sumatera Utara dalam dua pekan terakhir.

Namun, kesigapan personel Dit Res Narkoba Polda Sumatera itu tak urung menyisakan sejumlah ironi, karena dua di antara tersangka yang berhasil ditangkap ternyata memiliki seragam yang sama dengan petugas yang meringkus mereka.

AKP Basar Siregar, yang saat ditangkap masih tercatat sebagai Kapolsek Lolowau, Kabupaten Nias Selatan, dengan dugaan terlibat dalam peredaran sabu senilai miliaran rupiah itu, ternyata bukan polisi sembarangan.

Berdasarkan penelusuran Metro24Jam, perwira pertama yang sebelumnya bertugas di Polres Tanjungbalai tersebut, pernah mendapat penghargaan dari Kapoldasu menyusul keberhasilannya mengungkap peredaran kasus narkoba pada 2012 silam.

Penghargaan Kapoldasu Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, diterima melalui Kapolres Tanjungbalai, yang saat itu dijabat oleh AKBP Edward T Sirait, bersamaan dengan 20 personel Polres Tanjungbalai lainnya.

Inspektur Satu (Iptu) Basar Siregar, diberi penghargaan atas keberhasilannya mengungkap peredaran sabu seberat 2,8 kg di Jalan Arteri, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai.

“Iya, betul itu. Pernah dia itu dapat penghargaan dulu. Tapi udah lama lah itu,” sebut seorang personel Polres Tanjungbalai yang berhasil dihubungi Metro24Jam via selular, Rabu (6/12/2017).

Bersama Basar Siregar, yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Teluk Nibung dan Kasubbagdalops Bagops Polres Tanjungbalai, personel yang mendapat penghargaan serupa saat itu antara lain, AKP Nopiardi, Bripka D Mora Pane, Brigadir Supangat dan Briptu Sulhani.

Direktorat Narkoba Polda Sumut, menangkap AKP Basar Siregar bersama 3 orang lainnya saat membawa sabu sebanyak 15 kilogram, Minggu (3/12/2017) lalu.

Berdasarkan keterangan Kapolda Sumatera Utara, Bersama AKP Basar Siregar, seorang personel Polri lainnya yang diringkus adalah Bripda Yogi Maulana Sitompul, yang berstatus sebagai personel Polres Tanjungbalai. (*/asp)

BACA JUGA:
Bawa Sabu, Mantan KBO Narkoba Polres Tanjungbalai Ditangkap Personel Poldasu, Kawannya Ditembak Mati


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
BRI Gelar Evaluasi dan Monitoring Penyaluran BPNT Bersama Agen Brilink
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 03:21 WIB

BRI Gelar Evaluasi dan Monitoring Penyaluran BPNT Bersama Agen Brilink

BRI Cabang Kisaran mengajak agen Brilink-nya yang tersebar di tiga kabupaten, masing-masing Asahan, Tanjungbalai dan Batubara untuk duduk bersama dalam ...
Tanding Futsal, Tim Pemenang Katanya Dipukuli Belasan Orang, Nyaris Diamuk Orang Sekampung
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 03:11 WIB

Tanding Futsal, Tim Pemenang Katanya Dipukuli Belasan Orang, Nyaris Diamuk Orang Sekampung

Suasana di Kenanga Futsal, Jalan Bunga Kenanga, Kelurahan Padang Bulan Selayang II, Kecamatan Medan Selayang, mendadak riuh. Dua tim yang ...
Banting Stir Jadi Pengecer Sabu, Nelayan Terciduk di Rumahnya
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 02:25 WIB

Banting Stir Jadi Pengecer Sabu, Nelayan Terciduk di Rumahnya

Penghasilan sebagai nelayan mulai seret. Kadang melaut, terkadang tidak. Alhasil Sukma Pauji Hasibuan alias Pauji (21) jadi gelap mata. Tergiur ...
“Abang Sangat Menyayangi Kalian Berdua Sampai Mati”: Lelaki Itu Pun Gantung Diri
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 02:04 WIB

“Abang Sangat Menyayangi Kalian Berdua Sampai Mati”: Lelaki Itu Pun Gantung Diri

Seorang pria bernama Dedi Siswanto (31) ditemukan tewas dalam kondisi tergantung dengan seutas tali nilon, di kediamannya, Komplek Jakarta, Dusun ...
Ditabrak KA di Lintasan Tanpa Palang, Istri Sekarat, Suami Tewas di Tempat
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Juli 2018 - 21:23 WIB

Ditabrak KA di Lintasan Tanpa Palang, Istri Sekarat, Suami Tewas di Tempat

Malang tak dapat ditolak. Itulah yang terjadi pada pasangan suami istri yang sehari-harinya berjualan ikan asin ini. Keduanya tertabrak kereta ...
Air Tirtadeli Mati Lagi, Warga Meminta Bupati Copot Direkturnya
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Juli 2018 - 20:28 WIB

Air Tirtadeli Mati Lagi, Warga Meminta Bupati Copot Direkturnya

Air PDAM Tirtadeli Deliserdang kembali 'mandek'. Sebelumnya pada bulan Juni 2018 lalu, yang bertepatan dengan Ramadhan, air dari pipa PDAM ...