Jumat, 15 Desember 2017 | 13.17 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>AKP Basar Siregar, dari Pahlawan Jadi Pesakitan Narkoba

AKP Basar Siregar, dari Pahlawan Jadi Pesakitan Narkoba

Rabu, 6 Desember 2017 - 22:10 WIB

IMG-46899

Detik-detik penangkapan AKP Basar Siregar. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Personel Poldasu berhasil membongkar sindikat sabu-sabu internasional khususnya yang berada di Sumatera Utara dalam dua pekan terakhir.

Namun, kesigapan personel Dit Res Narkoba Polda Sumatera itu tak urung menyisakan sejumlah ironi, karena dua di antara tersangka yang berhasil ditangkap ternyata memiliki seragam yang sama dengan petugas yang meringkus mereka.

AKP Basar Siregar, yang saat ditangkap masih tercatat sebagai Kapolsek Lolowau, Kabupaten Nias Selatan, dengan dugaan terlibat dalam peredaran sabu senilai miliaran rupiah itu, ternyata bukan polisi sembarangan.

Berdasarkan penelusuran Metro24Jam, perwira pertama yang sebelumnya bertugas di Polres Tanjungbalai tersebut, pernah mendapat penghargaan dari Kapoldasu menyusul keberhasilannya mengungkap peredaran kasus narkoba pada 2012 silam.

Penghargaan Kapoldasu Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, diterima melalui Kapolres Tanjungbalai, yang saat itu dijabat oleh AKBP Edward T Sirait, bersamaan dengan 20 personel Polres Tanjungbalai lainnya.

Inspektur Satu (Iptu) Basar Siregar, diberi penghargaan atas keberhasilannya mengungkap peredaran sabu seberat 2,8 kg di Jalan Arteri, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai.

“Iya, betul itu. Pernah dia itu dapat penghargaan dulu. Tapi udah lama lah itu,” sebut seorang personel Polres Tanjungbalai yang berhasil dihubungi Metro24Jam via selular, Rabu (6/12/2017).

Bersama Basar Siregar, yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Teluk Nibung dan Kasubbagdalops Bagops Polres Tanjungbalai, personel yang mendapat penghargaan serupa saat itu antara lain, AKP Nopiardi, Bripka D Mora Pane, Brigadir Supangat dan Briptu Sulhani.

Direktorat Narkoba Polda Sumut, menangkap AKP Basar Siregar bersama 3 orang lainnya saat membawa sabu sebanyak 15 kilogram, Minggu (3/12/2017) lalu.

Berdasarkan keterangan Kapolda Sumatera Utara, Bersama AKP Basar Siregar, seorang personel Polri lainnya yang diringkus adalah Bripda Yogi Maulana Sitompul, yang berstatus sebagai personel Polres Tanjungbalai. (*/asp)

BACA JUGA:
Bawa Sabu, Mantan KBO Narkoba Polres Tanjungbalai Ditangkap Personel Poldasu, Kawannya Ditembak Mati


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sudah 4 Bulan Kasus Belum P21, Keluarga Korban  Cabul Berdemo  di Polres Sergai
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:53 WIB

Sudah 4 Bulan Kasus Belum P21, Keluarga Korban Cabul Berdemo di Polres Sergai

Butet. Sebut saja demikian korban cabul yang deritanya dilapor ke Polres Sergai, Agustus lalu. Siswi SMP itu mengaku berulang kali ...
Setor Duit Ratusan Juta, Ketipu !!, Massa Korban  Loker Pabrik  Tamora Ngamuk
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:52 WIB

Setor Duit Ratusan Juta, Ketipu !!, Massa Korban Loker Pabrik Tamora Ngamuk

Bermodus menawarkan kerja di PT Kimia Farma dan PT Sosro, puluhan warga yang berasal dari berbagai wilayah di Sumatera Selatan ...
Diklaim Nihil Temuan Pidana, Hasil OTT Bos  RSUD Kisaran  Digeser Polisi ke Inspektorat
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:48 WIB

Diklaim Nihil Temuan Pidana, Hasil OTT Bos RSUD Kisaran Digeser Polisi ke Inspektorat

Digelar November lalu, operasi tangkap tangan (OTT) personil Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) Polres Asahan terhadap Direktur Utama RSUD Kisaran, dr ...
Bandel, PKL Petisah Kembali Digeruduk !!  Ricuh Hadapi Aksi 200 Satpol PP
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:43 WIB

Bandel, PKL Petisah Kembali Digeruduk !! Ricuh Hadapi Aksi 200 Satpol PP

Sedikitnya, 200 personel Satuan Polisi Pamong Praja (PP) Kota Medan kemarin (14/12) kembali beraksi di titik-titik larangan berdagang di kawasan ...
Tragis !! Ica Tewas di Malam Jahanam, Polisi Gelar Rekon Pembunuhan Janda Muda Tembung
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:40 WIB

Tragis !! Ica Tewas di Malam Jahanam, Polisi Gelar Rekon Pembunuhan Janda Muda Tembung

Nyaris 2 bulan berlalu, reka ulang tragedi kematian Khairunnisa alias Ica (20) digelar di halaman Mapolsek Percut Seituan, Kamis (14/12/2017) ...
Habis Persiapan Acara Natalan, Duh! Anak SD  Tewas Ketabrak  Odong-odong
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:21 WIB

Habis Persiapan Acara Natalan, Duh! Anak SD Tewas Ketabrak Odong-odong

Jerit tangis terdengar hingga keluar ruang instalasi jenazah RS Patar Asih di Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin, Deliserdang. Peristiwa itu ternyata ...