Jumat, 20 Juli 2018 | 05.56 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Didalangi Orang Dalam, 4 Perampok Alfamart Krakatau Ditangkap, 3 Ditembak

Didalangi Orang Dalam, 4 Perampok Alfamart Krakatau Ditangkap, 3 Ditembak

Selasa, 5 Desember 2017 - 21:26 WIB

IMG-46796

Tiga perampok Alfamart yang ditembak. (ist/metro24jam.com)

MEDAN, metro24jam.com – Setelah sempat berhasil menggasak uang sejumlah Rp17 juta dari brangkas toko, komplotan perampok mini market Alfamart di Jalan Gunung Krakatau, Kecamatan Medan Timur, berakhir Senin (4/12/2017) sekira jam 23.00 wib.

Personel Reskrim Polsek Medan Timur menghentikan pelarian empat anggota komplotan itu dari Pos IPK di Pasar III, Krakatau Medan. Tiga di antaranya terpaksa dihadiahi ‘timah panas’ petugas, karena mencoba kabur saat dilakukan pengembangan.

Kapolsek Medan Timur, Kompol Wilson Pasaribu, melalui Kanit Reskrim, Iptu Imade Yoga mengungkapkan, ketiga pelaku yang ditembak pada setiap kakinya adalah; Dedy alias Pesek (36) warga Pasar III, Krakatau, Gang Sehati No 3 Medan, Zulham (46), warga Jalan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, dan Mangapul Siagian (46) warga Pasar III, Krakatau No 127 Medan.

Sementara salah seorang lagi, ternyata adalah karyawan Alfamart tersebut yang bernama Wira, yang setelah kejadian sempat menjalani serangkain pemeriksaan di Polrestabes Medan, hingga ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Terkait aksi perampokan tersebut, Kanit Reskrim Polsek Medan Timur, Iptu Imade Yoga, juga tak menampik adanya keterlibatan karyawan toko Alfamart bernama Wira, yang turut serta berperan dalam menjalankan perampokan.

“Iya, tapi diamankan Polrestabes Medan,” akunya.

Menurut Iptu Imade Yoga, pihaknya berhasil mengetahui keberadaan komplotan pelaku setelah dari hasil penyelidikan dan barang bukti rekaman CCTV di toko Alfamart.

Dari hasil penyelidikan dan penyidikan tersebut, petugas pun mendapatkan informasi keberadaan tiga pelaku lainnya yang sedang berada di Pos IPK di Pasar III, Krakatau Medan. 

“Setelah mengetahui keberadaan pelaku, kita langsung berangkat menuju tempat tersebut dan menangkap ke tiganya. Namun pada saat akan dilakukan pengembangan, para pelaku mencoba melarikan diri, sehingga kita berikan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki ke tiga pelaku,” ujarnya.

Berdasarkan hasil interogasi polisi, sebutnya, komplotan rampok yang terjadi pagi kemarin itu, mengakui perbuatanyaa dilakukan dengan masing-masing peran berbeda.

Untuk pelaku pertama berperan merekrut dan merencanakan tindak pidana dengan mendapat bagian hasil rampokan sebesar Rp 9 juta. Tersangka ke dua mengikat korban, lalu mengamankan korban agar tidak lari dan mendapat bagian Rp 6,5 juta.

“Sedangkan tersangka ke tiga berperan, menodongkan pisau ke korban dan mengambil uang di brankas sebesar Rp 22 juta dan mendapat bagian Rp 6,5 juta. Jadi total kerugian pihak korban bukan Rp 17.000.000, melainkan Rp 46.579.000,” terang, Iptu Imade Yoga, kepada wartawan, Selasa (5/12/2017) sore.

Dalam penangkapan itu, pihak Polsek Medan Timur juga mengakui turut mengamankan barang bukti dari para pelaku, yakni; 1 unit HP Samsung warna Hitam, 1 unit HP Strawberry warna Hitam, 1 buah helm warna Kuning, 1 unit kereta Yamaha force one tanpa plat nomor, uang sebesar Rp 9 juta, 1 buah kartu ATM BCA, 1 bilah pisau dan 7 Buah Rekaman CCTV Alfamart.

“Kasus perampokan ini berhasil kita ungkap selama 18 jam dan saat ini para pelaku masih kita periksa,” tegasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polrestabes Medan, AKBP Doni Satria Sembiring, membenarkan diamankannya salah seorang karyawan toko Alfamart yang diduga terlibat dalam aksi perampokan yang terjadi, Senin (4/12/2017) kemarin, sekira jam 08.00 wib.

Wira, penjaga toko Alfamart ditetapkan sebagai tersangka. (file/metro24jam.com)

“Iya benar, salah seorang karyawan toko Alfamart yang terjadi perampokan pagi kemarin, sudah diamankan di Polrestabes Medan. Tiga pelaku lainnya ditangkap dan ditembak oleh personil Polsek Medan Timur. Dan para pelaku tersebut, tidak termasuk dikumpulkan dalam ekspose ops sikat toba 2017 di halaman Polrestabes sekarang ini,” sebut, AKBP Doni Satria Sembiring, ketika diwawancari Metro24=Jam, usai gelar press release 130 tersangka Curat dan Curas Polsek se-jajaran Polrestabes Medan.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua pria mengenakan helm melakukan perampokan di sebuah toko Alfamart yang berada di Jalan Krakatau, Gang Setia Jadi, Kecamatan Medan Timur, Senin (4/12) sekira jam 08.00 wib. (vin)

BACA JUGA:
Masuk Pura-pura Jadi Pembeli, Perampok Sekap Penjaga Toko Alfamart, Uang Rp17 Juta Raib


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
BRI Gelar Evaluasi dan Monitoring Penyaluran BPNT Bersama Agen Brilink
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 03:21 WIB

BRI Gelar Evaluasi dan Monitoring Penyaluran BPNT Bersama Agen Brilink

BRI Cabang Kisaran mengajak agen Brilink-nya yang tersebar di tiga kabupaten, masing-masing Asahan, Tanjungbalai dan Batubara untuk duduk bersama dalam ...
Tanding Futsal, Tim Pemenang Katanya Dipukuli Belasan Orang, Nyaris Diamuk Orang Sekampung
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 03:11 WIB

Tanding Futsal, Tim Pemenang Katanya Dipukuli Belasan Orang, Nyaris Diamuk Orang Sekampung

Suasana di Kenanga Futsal, Jalan Bunga Kenanga, Kelurahan Padang Bulan Selayang II, Kecamatan Medan Selayang, mendadak riuh. Dua tim yang ...
Banting Stir Jadi Pengecer Sabu, Nelayan Terciduk di Rumahnya
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 02:25 WIB

Banting Stir Jadi Pengecer Sabu, Nelayan Terciduk di Rumahnya

Penghasilan sebagai nelayan mulai seret. Kadang melaut, terkadang tidak. Alhasil Sukma Pauji Hasibuan alias Pauji (21) jadi gelap mata. Tergiur ...
“Abang Sangat Menyayangi Kalian Berdua Sampai Mati”: Lelaki Itu Pun Gantung Diri
Metro 24 Jam - Jumat, 20 Juli 2018 - 02:04 WIB

“Abang Sangat Menyayangi Kalian Berdua Sampai Mati”: Lelaki Itu Pun Gantung Diri

Seorang pria bernama Dedi Siswanto (31) ditemukan tewas dalam kondisi tergantung dengan seutas tali nilon, di kediamannya, Komplek Jakarta, Dusun ...
Ditabrak KA di Lintasan Tanpa Palang, Istri Sekarat, Suami Tewas di Tempat
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Juli 2018 - 21:23 WIB

Ditabrak KA di Lintasan Tanpa Palang, Istri Sekarat, Suami Tewas di Tempat

Malang tak dapat ditolak. Itulah yang terjadi pada pasangan suami istri yang sehari-harinya berjualan ikan asin ini. Keduanya tertabrak kereta ...
Air Tirtadeli Mati Lagi, Warga Meminta Bupati Copot Direkturnya
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Juli 2018 - 20:28 WIB

Air Tirtadeli Mati Lagi, Warga Meminta Bupati Copot Direkturnya

Air PDAM Tirtadeli Deliserdang kembali 'mandek'. Sebelumnya pada bulan Juni 2018 lalu, yang bertepatan dengan Ramadhan, air dari pipa PDAM ...