Rabu, 24 Januari 2018 | 02.24 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Alasan Beli Komputer Sekolah, Kasek SMKN 1 Birubiru Paksa Bayar Rp270 Ribu/Siswa

Alasan Beli Komputer Sekolah, Kasek SMKN 1 Birubiru Paksa Bayar Rp270 Ribu/Siswa

Senin, 13 November 2017 - 16:24 WIB

IMG-44916

Tiopan Saragih MPd (Facebook/SMKN1 Birubiru)

BIRUBIRU, metro24jam.com – Ulah Kepala sekolah (Kasek) SMKN 1 Birubiru, Tiopan Saragih MPd membuat citra dunia pendidikan Kabupaten Deliserdang kembali tercoreng.

Tiopan disebut telah memaksa para siswa untuk membayar Rp270 ribu setiap orang, dengan dalih membeli sarana komputer sekolah.

Pungutan itu tentu saja meresahkan dan membuat orangtua siswa keberatan. Apalagi, dalam rapat yang digelar di sekolah dengan orangtua siswa, Jumat (10/11) kemarin, Kasek Tiopan Saragih sempat mengajukan agar setiap siswa wajib membayar uang pengadaan komputer sebesar Rp500 ribu.

“Awalnya, kepala sekolah memaksa orang tua membayar Rp500 ribu per siswa, jelas saja kami keberatan,” keluh salah satu orangtua siswa kepada Metro24Jam, Senin (13/11/2017).

Lanjutnya, karena banyak orangtua dan wali murid yang mengajukan protes dan keberatan, Kasek Tiopan Saragih kemudian mematok, agar setiap siswa wajib membayar Rp 270 ribu.

“Ini jelas jelas pemerasan, dan kepala sekolah sudah melakukan praktek pungli. Anak saya sudah kelas 3 SMK. Komputer itu hanya dipakai beberapa bulan lagi oleh anak kami,” kesal orangtua siswa yang mengaku bekerja sebagai petani ini.

Lebih anehnya lagi sambungnya, meski kepala sekolah yang mematokkan uang pengadaan komputer sekolah tersebut, Tiopan Saragih justru tidak mau dilibatkan dalam pengutipan.

“Kalau ada nanti yang buat keributan, jangan bilang yang minta uang untuk beli komputer kepala sekolah. Tapi bilang suka rela orang tua bayar Rp 270 ribu untuk beli komputer sekolah,” kata orangtua siswa tadi menirukan ucapan Kasek Tiopan Saragih.

Sayangnya, kepala sekolah SMKN 1 Birubiru, Tiopan Saragih belum berhasil dikonfirmasi terkait adanya dugaan pungutan liar di sekolahnya, Senin (13/11/2017) siang.

“Kepala sekolah sedang sibuk. Kan abang dengar langsung tadi saya telepon,” kata seorang satpam yang bertugas menjaga gerbang masuk sekolah. (tepu)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Loncat  ke Danau Toba, Remaja Asal Sergai Raib (2 Hari Dicari Belum Ketemu)
Siantar 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 22:21 WIB

Loncat ke Danau Toba, Remaja Asal Sergai Raib (2 Hari Dicari Belum Ketemu)

Yudhistira Susanto (17), seorang pekerja Keramba Jaring Apung (KJA), dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, tepatnya di Pantai Tapian Haranggaol ...
Tinggal Sebatang Kara, Nek Mami Ditemukan Tewas Dekat Kamar Mandi
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 19:56 WIB

Tinggal Sebatang Kara, Nek Mami Ditemukan Tewas Dekat Kamar Mandi

Warga Tembung kembali digemparkan dengan penemuan mayat seorang wanita. Kali ini, seorang nenek-nenek ditemukan tak bernyawa dekat kamar mandi rumahnya ...
Tak Sudi Dijodohkan, Pria Ini Pukuli Adik Kandung
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 19:37 WIB

Tak Sudi Dijodohkan, Pria Ini Pukuli Adik Kandung

Prianta Barus alias Anta (35), diringkus personel Polsek Sunggal lantaran menganiaya adiknya sendiri di kediaman orangtuanya, di Dusun III, Jalan ...
Kalah Sebelum ‘Perang’, Sofyan-Jamilah Gugat KPU Deliserdang ke Panwaslu
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 18:25 WIB

Kalah Sebelum ‘Perang’, Sofyan-Jamilah Gugat KPU Deliserdang ke Panwaslu

Keputusan KPUD Deliserdang yang membuat pasangan Bakal Calon Bupati Deliserdang dari jalur independen, Sofyan Nasution-Jamilah, kalah sebelum 'perang' karena menggagalkan ...
Ditangkap Miliki Sabu, Bripka Sugianto Resmi Dipecat dari Kepolisian
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 16:12 WIB

Ditangkap Miliki Sabu, Bripka Sugianto Resmi Dipecat dari Kepolisian

Bripka Sugianto alias Sugi (39) secara resmi dipecat dari kepolisian. Upacara pemecatan dilakukan langsung oleh Kapolres Serdang Bedagai (Sergai), AKBP ...
Bawa 60 Bal Press Monza, Truk Colt Diesel Diamankan, Sopir Lari
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 15:49 WIB

Bawa 60 Bal Press Monza, Truk Colt Diesel Diamankan, Sopir Lari

Personel Sat Eeskrim Polres Tanjungbalai menggagalkan penyeludupan pakaian bekas (Bal Monza) asal Malaysia. Truk Colt Diesel pembawa puluhan bal press ...