Sabtu, 18 November 2017 | 11.24 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>4 Parpol di Siantar Belum Sesuai Sipol

4 Parpol di Siantar Belum Sesuai Sipol

Kamis, 19 Oktober 2017 - 14:14 WIB

IMG-42247

Mangasi Purba. (Elisbet/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – KPUD Siantar perpanjang pendaftaran partai politik (parpol) kepesertaan Pemilu 2019 hingga 17 Oktober 2017, sesuai Surat Edaran KPU RI nomor 585 tertanggal 16 Oktober 2017.

Dari sebelumnya 18 parpol, bertambah menjadi 21 parpol yang mendaftar dan menyerahkan dokumen. Namun dokumen empat parpol di antaranya tak sesuai dengan sistem informasi parpol (Sipol). Hal ini disampaikan Ketua KPUD Siantar, Mangasi Tua Purba, Rabu (18/10) sekira jam 14.00 Wib.

“Sudah 21 parpol yang menyerahkan dokumen keanggotaan. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, hanya 17 parpol yang sesuai dengan data Sipol,” katanya.

Sedangkan empat parpol lagi belum sesuai dengan data Sipol, di antaranya, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Indonesia Kerja (Pika), Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Republik.

“Untuk ke-4 parpol tersebut kita buat catatan dan diserahkan ke KPU RI. Karena ini menjadi wewenang mereka. Apalagi penetapan parpol di KPU RI,” jelasnya.

Dia membenarkan pihaknya menerima penyerahan dokumen tiga parpol pada Selasa (17/10) malam, meski masa pendaftaran telah berakhir tanggal 16 Oktober 2017 lalu. Itu dilakukan terhadap parpol yang sudah mendaftar di KPU RI.

“Pastinya parpol yang menyerahkan dokumen ke KPUD Siantar, merupakan partai yang telah mendaftar di KPU RI. Seandainya ada partai politik yang mendaftar di KPU RI lewat tanggal 16 Oktober, pastinya tak dilayani. Logikanya, kalau DPP partai politik mendaftar ke KPU RI tapi partai yang ada di daerah tidak menyerahkan dokumen ke KPU di daerah, maka pendaftaran di DPP tidak ada artinya,” ungkapnya.

Lanjutnya, hasil penelitian administrasi parpol nanti akan disampaikan pada 15 November mendatang. “Di penelitian administrasi nanti tak memenuhi syarat kita akan sampaikan hasilnya. Seandainya diserahkan KTP elektronik, namun penelitian administrasi nanti dari 500 KTP elektronik tak memenuhi ambang batas, maka kita akan minta diperbaiki,” ujarnya.

Disampaikan Mangasi, untuk analisis kegandaan keanggotaan nantinya akan dicek di KPU RI dan hasilnya akan disampaikan ke KPU di daerah. “Jadi yang tidak sesuai kita akan tetapkan anggota partai politik yang tidak memenuhi syarat (TMS), misalnya salinan KTP elektoronik yang tidak ada, data tidak sesuai dengan KTA dengan salinan KTP,” terangnya. (Els)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Kasus Penculikan Mahasiswa USU,  Bos Ormas Narkoba Diburon !
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 08:36 WIB

Kasus Penculikan Mahasiswa USU, Bos Ormas Narkoba Diburon !

Lima lelaki yang 2 hari lalu ditangkap polisi dari sebuah kamar di Hotel Madani, Jalan SM Raja, Medan, akhirnya buka ...
Bahas RKA Dinas Kesehatan, Dua Anggota DPRD Deliserdang Nyaris Baku Hantam
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 08:21 WIB

Bahas RKA Dinas Kesehatan, Dua Anggota DPRD Deliserdang Nyaris Baku Hantam

Insiden memalukan terjadi saat akan dimulainya Rapat Pembahasan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Dinas Kesehatan Deliserdang. Ruang Rapat Komisi A DPRD ...
Dukung BOPDT, Penangkaran Aek Nauli Dihuni 4 Ekor Gajah
Siantar 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 07:47 WIB

Dukung BOPDT, Penangkaran Aek Nauli Dihuni 4 Ekor Gajah

Para pengunjung yang berlibur di kawasan Parapat Danau Toba tampaknya segera akan menikmati pemandangan dan hiburan baru di kawasan tersebut. ...
PTPN IV Biang Kerok Rusaknya Saluran Irigasi, 500 Ha Sawah Terancam Tertimbun Longsor
Siantar 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 07:03 WIB

PTPN IV Biang Kerok Rusaknya Saluran Irigasi, 500 Ha Sawah Terancam Tertimbun Longsor

PTPN IV dituding sebagai “biang kerok” kerusakan saluran irigasi (drainase) di Nagori Bah Jambi II, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, ...
Panwas Simalungun Harus Rangkul Media
Siantar 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 06:45 WIB

Panwas Simalungun Harus Rangkul Media

Panwas Simalungun menggelar diskusi melibatkan para Panwas Kecamatan, untuk pembekalan dan penguatan kerja pengawasan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. ...
Geger !!  Bunuh Diri , Setengah Nyali, Terjadi di Pusat Pasar Sidikalang
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 06:12 WIB

Geger !! Bunuh Diri , Setengah Nyali, Terjadi di Pusat Pasar Sidikalang

Sutrisno Hasugian. Pelajar kelas 12 di SMK Maranatha itu kemarin (17/11/2017) bikin aksi menggemparkan banyak orang di Pusat Pasar Sidikalang. ...