Rabu, 24 Januari 2018 | 02.19 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>4 Parpol di Siantar Belum Sesuai Sipol

4 Parpol di Siantar Belum Sesuai Sipol

Kamis, 19 Oktober 2017 - 14:14 WIB

IMG-42247

Mangasi Purba. (Elisbet/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – KPUD Siantar perpanjang pendaftaran partai politik (parpol) kepesertaan Pemilu 2019 hingga 17 Oktober 2017, sesuai Surat Edaran KPU RI nomor 585 tertanggal 16 Oktober 2017.

Dari sebelumnya 18 parpol, bertambah menjadi 21 parpol yang mendaftar dan menyerahkan dokumen. Namun dokumen empat parpol di antaranya tak sesuai dengan sistem informasi parpol (Sipol). Hal ini disampaikan Ketua KPUD Siantar, Mangasi Tua Purba, Rabu (18/10) sekira jam 14.00 Wib.

“Sudah 21 parpol yang menyerahkan dokumen keanggotaan. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, hanya 17 parpol yang sesuai dengan data Sipol,” katanya.

Sedangkan empat parpol lagi belum sesuai dengan data Sipol, di antaranya, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Indonesia Kerja (Pika), Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Republik.

“Untuk ke-4 parpol tersebut kita buat catatan dan diserahkan ke KPU RI. Karena ini menjadi wewenang mereka. Apalagi penetapan parpol di KPU RI,” jelasnya.

Dia membenarkan pihaknya menerima penyerahan dokumen tiga parpol pada Selasa (17/10) malam, meski masa pendaftaran telah berakhir tanggal 16 Oktober 2017 lalu. Itu dilakukan terhadap parpol yang sudah mendaftar di KPU RI.

“Pastinya parpol yang menyerahkan dokumen ke KPUD Siantar, merupakan partai yang telah mendaftar di KPU RI. Seandainya ada partai politik yang mendaftar di KPU RI lewat tanggal 16 Oktober, pastinya tak dilayani. Logikanya, kalau DPP partai politik mendaftar ke KPU RI tapi partai yang ada di daerah tidak menyerahkan dokumen ke KPU di daerah, maka pendaftaran di DPP tidak ada artinya,” ungkapnya.

Lanjutnya, hasil penelitian administrasi parpol nanti akan disampaikan pada 15 November mendatang. “Di penelitian administrasi nanti tak memenuhi syarat kita akan sampaikan hasilnya. Seandainya diserahkan KTP elektronik, namun penelitian administrasi nanti dari 500 KTP elektronik tak memenuhi ambang batas, maka kita akan minta diperbaiki,” ujarnya.

Disampaikan Mangasi, untuk analisis kegandaan keanggotaan nantinya akan dicek di KPU RI dan hasilnya akan disampaikan ke KPU di daerah. “Jadi yang tidak sesuai kita akan tetapkan anggota partai politik yang tidak memenuhi syarat (TMS), misalnya salinan KTP elektoronik yang tidak ada, data tidak sesuai dengan KTA dengan salinan KTP,” terangnya. (Els)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Loncat  ke Danau Toba, Remaja Asal Sergai Raib (2 Hari Dicari Belum Ketemu)
Siantar 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 22:21 WIB

Loncat ke Danau Toba, Remaja Asal Sergai Raib (2 Hari Dicari Belum Ketemu)

Yudhistira Susanto (17), seorang pekerja Keramba Jaring Apung (KJA), dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, tepatnya di Pantai Tapian Haranggaol ...
Tinggal Sebatang Kara, Nek Mami Ditemukan Tewas Dekat Kamar Mandi
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 19:56 WIB

Tinggal Sebatang Kara, Nek Mami Ditemukan Tewas Dekat Kamar Mandi

Warga Tembung kembali digemparkan dengan penemuan mayat seorang wanita. Kali ini, seorang nenek-nenek ditemukan tak bernyawa dekat kamar mandi rumahnya ...
Tak Sudi Dijodohkan, Pria Ini Pukuli Adik Kandung
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 19:37 WIB

Tak Sudi Dijodohkan, Pria Ini Pukuli Adik Kandung

Prianta Barus alias Anta (35), diringkus personel Polsek Sunggal lantaran menganiaya adiknya sendiri di kediaman orangtuanya, di Dusun III, Jalan ...
Kalah Sebelum ‘Perang’, Sofyan-Jamilah Gugat KPU Deliserdang ke Panwaslu
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 18:25 WIB

Kalah Sebelum ‘Perang’, Sofyan-Jamilah Gugat KPU Deliserdang ke Panwaslu

Keputusan KPUD Deliserdang yang membuat pasangan Bakal Calon Bupati Deliserdang dari jalur independen, Sofyan Nasution-Jamilah, kalah sebelum 'perang' karena menggagalkan ...
Ditangkap Miliki Sabu, Bripka Sugianto Resmi Dipecat dari Kepolisian
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 16:12 WIB

Ditangkap Miliki Sabu, Bripka Sugianto Resmi Dipecat dari Kepolisian

Bripka Sugianto alias Sugi (39) secara resmi dipecat dari kepolisian. Upacara pemecatan dilakukan langsung oleh Kapolres Serdang Bedagai (Sergai), AKBP ...
Bawa 60 Bal Press Monza, Truk Colt Diesel Diamankan, Sopir Lari
Metro 24 Jam - Selasa, 23 Januari 2018 - 15:49 WIB

Bawa 60 Bal Press Monza, Truk Colt Diesel Diamankan, Sopir Lari

Personel Sat Eeskrim Polres Tanjungbalai menggagalkan penyeludupan pakaian bekas (Bal Monza) asal Malaysia. Truk Colt Diesel pembawa puluhan bal press ...