Jumat, 15 Desember 2017 | 13.27 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Bentrok !! Sampali Berdarah, Iihh, Tangan Penggarap Putus Dibacok

Bentrok !! Sampali Berdarah, Iihh, Tangan Penggarap Putus Dibacok

Rabu, 11 Oktober 2017 - 12:39 WIB

IMG-41675

Purwanto dirawat. (Arvin/metro24jam.com)

PERCUT, metro24jam.com – Sengkarut sengketa soal tanah eks HGU perusahaan-perusahaan perkebunan negeri ini memang serasa bom waktu. Lihatlah keributan massal di areal tanah garapan di Simpang Pasar 7 Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang. Untuk kali kesekian, ‘bom waktu itu kembali meledak’ Selasa (10/10) siang

Dua kubu penggarap di sana terlibat bentrok sejak pukul 10 kemarin siang. Akibatnya, Purwanto (42), seorang petani penggarap lahan di sana, dibacok hingga sekujur tubuhnya penuh luka dan tangan kanannya putus -bahkan tangan kirinya pun nyaris bernasib serupa.

Hingga kemarin, warga asal Dusun 5 Cempaka Desa Lau Dendang, Percut Seituan, itu masih terbaring kritis di RS Haji Medan.

Info dihimpun dari pihak Polsek Percut Seituan menyebut, bentrok massal itu berawal saat Budi Jong, Ketua BPRPI (Badan Perjuangan Rakyat Penunggu Indonesia) di kawasan itu memerintahkan anggotanya, Syafrijal, untuk menjemput Purwanto. Itu karena lahan yang mereka klaim sah diduduki itu tengah ditraktor oleh pihak penggarap lain.

Begitulah. Budi Jong menyuruh Syafrijal dan Purwanto menyetop aktivitas sang operator traktor di lahan garapan itu. Setelah tiba di-lokasi, Purwanto dan Sayafrizal (kini berstatus saksi) melihat (tersangka) Alung, Naibaho dan 2 orang rekannya duduk di dalam gubuk di lokasi lahan garapan tersebut.

Selanjutnya, Purwanto pun langsung menghentikan sang operator traktor dan memintanya segera keluar dari areal tanah garapan itu. Berhasil mengusir operator dan traktornya, Purwanto lalu didatangi Alung dan Naibaho. Di sinilah adu mulut berujung duel berdarah itu terjadi.

“Dari kejauhan, saksi yang kita periksa masih mmelihat traktor berhenti atas perintah Purwanto kepada Syafrijal untuk mendatangi traktor tersebut untuk melanjutkan perjalanan. Setelah traktor melanjutkan perjalanan, Syafrijal kembali ke TKP namun tidak ada lagi melihat Purwanto dan melihat Alung membawa klewang dan Ari membawa parang babat berlari menjauhi TKP,” kata Kanit Reskrim Polsek Percut Sei Tuan Iptu (Pol) Philip Antonio Purba kepada wartawan.

Mengetahui temannya tak lagi berada d- lokasi dan terkejut melihat kedua pelaku (Alung dan Ari) berlari jauh sambil menenteng senjata tajam, firasat Syafrijal langsung tak menentu.

Beriiringan juga Syafrijal mendengar suara memangil dari dalam parit di-sekitar lokasi. Di situlah dia terkejut saat mendapati Purwanto sudah dalam kondisi berlumuran darah. Selanjutnya Syafrijal langsung menghubungi temannya dan mengevakuasi Purwanto ke RS Haji Medan.

Personil kepolisian Polsek Percut Sei Tuan yang mendengar kejadian bentrok tersebut, terjun ke TKP dan menuju RS Haji Medan guna melihat kondisi Purwanto.

“Setelah dilakukan pengecekan ke RS Haji Medan, ternyata anggota tubuh korban yang terkena benda tajam diantaranya; Tangan kanan putus, tangan kiri juga hampir putus, Kepala bagian belakang luka koyak, Mata kaki koyak, Dada luka koyak, hingga Punggung koyak. “Saat ini korban sudah dirujuk ke RS Pringadi Medan untuk mendapatkan perawatan lanjut,” imbuh Philip seraya mengaku pihaknya tengah memburu para penganiaya Purwanto.

Guna mengungkap kasus ini, Philip juga mengaku pihaknya telah memeriksa 2 saksi, yakni Yusrijal (40) warga Dusun I Kamboja, Desa Lau Dendang dan Supriadi (44) warga Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli. “Pelakunya ada 2 , yaitu Alung (37) warga Dusun 1 Desa Kamboja, dan Ari alias Begal (35) warga Pasar 7 Desa Sampali. Saat ini keduanya masih dalam pengejaran,” tandas Philip. (vin)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sudah 4 Bulan Kasus Belum P21, Keluarga Korban  Cabul Berdemo  di Polres Sergai
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:53 WIB

Sudah 4 Bulan Kasus Belum P21, Keluarga Korban Cabul Berdemo di Polres Sergai

Butet. Sebut saja demikian korban cabul yang deritanya dilapor ke Polres Sergai, Agustus lalu. Siswi SMP itu mengaku berulang kali ...
Setor Duit Ratusan Juta, Ketipu !!, Massa Korban  Loker Pabrik  Tamora Ngamuk
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:52 WIB

Setor Duit Ratusan Juta, Ketipu !!, Massa Korban Loker Pabrik Tamora Ngamuk

Bermodus menawarkan kerja di PT Kimia Farma dan PT Sosro, puluhan warga yang berasal dari berbagai wilayah di Sumatera Selatan ...
Diklaim Nihil Temuan Pidana, Hasil OTT Bos  RSUD Kisaran  Digeser Polisi ke Inspektorat
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:48 WIB

Diklaim Nihil Temuan Pidana, Hasil OTT Bos RSUD Kisaran Digeser Polisi ke Inspektorat

Digelar November lalu, operasi tangkap tangan (OTT) personil Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) Polres Asahan terhadap Direktur Utama RSUD Kisaran, dr ...
Bandel, PKL Petisah Kembali Digeruduk !!  Ricuh Hadapi Aksi 200 Satpol PP
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:43 WIB

Bandel, PKL Petisah Kembali Digeruduk !! Ricuh Hadapi Aksi 200 Satpol PP

Sedikitnya, 200 personel Satuan Polisi Pamong Praja (PP) Kota Medan kemarin (14/12) kembali beraksi di titik-titik larangan berdagang di kawasan ...
Tragis !! Ica Tewas di Malam Jahanam, Polisi Gelar Rekon Pembunuhan Janda Muda Tembung
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:40 WIB

Tragis !! Ica Tewas di Malam Jahanam, Polisi Gelar Rekon Pembunuhan Janda Muda Tembung

Nyaris 2 bulan berlalu, reka ulang tragedi kematian Khairunnisa alias Ica (20) digelar di halaman Mapolsek Percut Seituan, Kamis (14/12/2017) ...
Habis Persiapan Acara Natalan, Duh! Anak SD  Tewas Ketabrak  Odong-odong
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:21 WIB

Habis Persiapan Acara Natalan, Duh! Anak SD Tewas Ketabrak Odong-odong

Jerit tangis terdengar hingga keluar ruang instalasi jenazah RS Patar Asih di Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin, Deliserdang. Peristiwa itu ternyata ...