Kamis, 19 Oktober 2017 | 14.23 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Pandangan Umum RPJMD Siantar, Dewan Kembali Soroti Lahan Tanjung Pinggir, Fokrat Dukung IMB

Pandangan Umum RPJMD Siantar, Dewan Kembali Soroti Lahan Tanjung Pinggir, Fokrat Dukung IMB

Rabu, 11 Oktober 2017 - 09:25 WIB

IMG-41637

Hendra Pardede membacakan pandangan umum fraksi Golkar. (Elisbet/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Sejumlah fraksi DPRD Siantar melalui pandangan umum terhadap Nota Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Siantar tahun 2017-2022, kembali menyoroti lahan pembebasan Tanjung Pinggir seluas 573 hektar, Selasa (10/10) Jam 14.00 Wib.

Dalam pandangan umumnya, Fraksi Golkar, melalui Hendra Pardede mempertanyakan, apakah lahan pembebasan tersebut dapat dibebaskan sesegera mungkin. Sehingga, bisa disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Kota Siantar Tahun 2005-2025.

Dalam RPJPD itu dikatakan, bahwa perluasan perkotaan mengarah ke wilayah Kecamatan Siantar Martoba. “Apakah dalam penyusunan RPJMD Siantar tahun 2017-2022, perluasan wilayah perkotaan ke kecamatan Siantar Martoba sudah diakomodir?” tanya Hendra Pardede.

Selain itu, Fraksi Golkar juga mempertanyakan soal banyaknya bangunan di lahan Tanjung Pinggir. “Apakah bangunan-bangunan tersebut sudah memiliki izin mendirikan bangunan (IMB)?” cecar Ketua Komisi 3 tersebut.

Lebih lanjut, disarankan agar Pemko Siantar langsung turun ke lapangan melakukan razia IMB atas bangunan-bangunan tersebut. Apabila terdapat bangunan yang belum atau tidak memiliki IMB, maka agar disarankan untuk diurus.

“Namun, jika tidak memenuhi pengurusan IMB sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kami meminta kepada Pemko agar segera membongkar bangunan-bangunan tesebut,” lanjut Hendra Pardede.

Senada dengan Golkar, Fraksi NasDem melalui Frengki Boy Saragih juga mempertanyakan hal serupa. “Karena sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai status tanah tersebut,” tanya Frengki.

Paripurna Pemandangan umum Fraksi ini dihadiri langsung oleh Walikota Siantar Hefriansyah dan Plt Sekda Resman Panjaitan. Sedangkan sidang paripurna dipimpin Mangatas Silalahi.

Fokrat Mendukung
Pada kesempatan berbeda, peninjauan Izin Mendirikan Bangunan. seperti disampaikan dalam pandangan fraksi di DPRD Siantar, mendapat tanggapan positif dari Jasmen Saragih, selaku Ketua Kelompok Fokrat, yang menguasai 152 hektar lahan Tanjung Pinggir.

“Kita sangat mendukung pernyataan Fraksi supaya Pemko meneliti tentang IMB bangunan di lahan Tanjung Pinggir. Karena itu, memang ada aturannya,” kata Jasmen di dampingi kuasa hukumnya, Ramor Saragih.

Lebih lanjut dijelaskan Jasmen, bahwa lahan yang dikuasai Fokrat sudah memiliki alas hak. Hal itu sesuai dengan putusan pengadilan Negeri Siantar yang sudah membacakan putusan Mahkamah Agung atas kasasi yang diajukan Pemko Siantar.

“Tahun 2001 lahan yang kita miliki dikatakan berstatus stanvas. Kemudian kita melakukan gugatan dan menang. Selanjutnya, Pemko mengajukan banding ke MA dan banding itu ditolak. Terus, Pengadilan Negeri membacakan putusan MA di lapangan dengan mencabut status stanvas,” kata Jasmen.

Karena sudah ada putusan MA, Fokrat menyatakan siap mengurus IMB. Tapi, kalau ada yang keberatan itu bukan urusan Fokrat lagi. Bahkan, Jasmen mengatakan silahkan menggugat secara hukum. Tapi, pada dasarnya hak Fokrat tidak bisa diganggugugat, karena sudah punya alas hak.

Pembebasan Tanjung Pinggir sempat menuai masalah karena statusnya sempat mengambang. Bahkan, sampai saat ini Pemko belum berhasil mengambil alih lahan, karena masih dikuasai sejumlah kelompok dengan mendirikan bangunan dan menjadikannya sebagai lahan pertanian.

Maka, apabila terjadi penertiban bangunan terkait dengan IMB, bukan tidak mungkin akan menuai masalah baru. Karena, sebagian kepemilikan lahan memang belum jelas. (els/ran)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Lapak, Meja & Rak Hilang, Pedagang Siap Melapor ke Polisi
Siantar 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 14:22 WIB

Lapak, Meja & Rak Hilang, Pedagang Siap Melapor ke Polisi

Pasangan suami istri (pasutri) Yunus Siburian dan Elna boru Turnip geram dengan tindak-tanduk Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) ...
4 Parpol di Siantar Belum Sesuai Sipol
Siantar 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 14:14 WIB

4 Parpol di Siantar Belum Sesuai Sipol

KPUD Siantar perpanjang pendaftaran partai politik (parpol) kepesertaan Pemilu 2019 hingga 17 Oktober 2017, sesuai Surat Edaran KPU RI nomor ...
Palak Pedagang Boneka, Preman Kampung Digaruk Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 14:11 WIB

Palak Pedagang Boneka, Preman Kampung Digaruk Polisi

Warga Jalan Umum Perbatasan, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubuk Pakam mendadak heboh. Pasalnya, personel Sat Reskrim Polres Deliserdang tiba-tiba meringkus ...
DPO Cabul Tak Kunjung Ditangkap, Kasat Reskrim Dinilai Lakukan Pembohongan Publik
Siantar 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:54 WIB

DPO Cabul Tak Kunjung Ditangkap, Kasat Reskrim Dinilai Lakukan Pembohongan Publik

Pasca dilantik sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Siantar, Selasa (16/5) lalu, AKP Restuadi dinilai telah melakukan pembohongan ...
Penjual Sabu Nangis Dipenjara 5 Tahun, Jaksa: Inilah yang Terakhir Kita Jumpa Ya!
Siantar 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:40 WIB

Penjual Sabu Nangis Dipenjara 5 Tahun, Jaksa: Inilah yang Terakhir Kita Jumpa Ya!

Andi Junaidi (39), menangis begitu mendengar vonis yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Siantar, Rabu (18/10) sore kemarin. Jaksa Penuntut ...
Poyek Stadion Sang Naualuh Bau Kolusi
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:31 WIB

Poyek Stadion Sang Naualuh Bau Kolusi

Pelaksanaan proyek revitalisasi Stadion Sang Nauluh di Kelurahan Asuhan, Kecamatan Siantar Timur yang dikerjakan PT Duta Sumatera Perkasa yang bermarkas ...