Senin, 11 Desember 2017 | 20.20 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Menyedihkan! Mobil Ambulance Cuma Jadi Tempat Ayam Bertelor

Menyedihkan! Mobil Ambulance Cuma Jadi Tempat Ayam Bertelor

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 13:50 WIB

IMG-38180

Mobil ambulance di belakang Puskesmas. (Agus Suhendra/metro24jam.com)

JORLANG HATARAN, metro24jam.com – Menyedihkan! Dengan alasan ketiadaan dana perawatan dan perbaikan, satu unit mobil ambulance jenis Mitsubishi L300, BK 388 T, yang berasal dari Bantuan Presiden (Banpres), sengaja dibiarkan terlantar di belakang Kantor Puskesmas Jorlang Hataran, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun.

Pantauan Siantar24Jam, Jumat (11/8) sekira jam 11.00 Wib, ban mobil ambulance itu sudah hilang tak berbekas. Cat di body mobil juga sudah terkelupas. Bagian dalam, seperti jok dan peralatan medis, juga tak diketahui kemana raibnya, dan kini sudah menjadi tempat ayam bertelur.

Menurut warga Kecamatan Jorlang Hataran, mungkin pihak Puskesmas kita tidak memiliki biaya memperbaiki unit mobil ambulance tersebut yang besarannya diperhitungkan mencapai puluhan juta.

Selain itu, warga juga mengatakan bahwa ada satu unit lagi ambulance merk Suzuki berada di gudang. Tapi, mobil satu itu sangat jarang sekali difungsikan untuk melayani warga dan lebih banyak digunakan untuk kepentingan staf Puskesmas Jorlang Hataran.

Yang paling parah lagi, menurut yang didengar warga dari salah seorang pegawai puskesmas, jangankan dana operasional mobil ambulance, dana rutin untuk membayar rekening listrik, air dan ATK, nyaris tidak terpenuhi.

“Itu kami dengar langsung dari salah seorang pegawai Puskesmas,” kata warga yang tak ingin identitasnya disebutkan.

Ada dugaan bahwa biaya rutin itu disalahgunakan oknum di sekitar Dinas Kesehatan. Padahal, setiap tahun pencairan dana tersebut diajukan kepada Pemkab Simalungun.

“Menurut info yang saya dengar, bahwa usulan biaya rutin sengaja dicoret akibat tidak adanya kegiatan dan itulah kenyataannya,” kata ucap warga lagi sekira jam 11.00 Wib.

Sayang, ketika hal itu hendak dikonformasi kepada Kepala Puskesmas Jorlang Hataran, Dr Lenny Saragih, tidak berada di tempat. Menurut keterangan seorang staf Puskesmas, Boru Munthe, yang bersangkutan masih di Bali.

“Masih di Bali Kapus Pak. Sudah dua minggu bersama KTU Nur Salam, mengikuti pelatihan manajeman puskesmas dan keluarga sehat, kalau mau konfirmasi ke Dr Retawati pak,” ucapnya, sekira jam 11.30 Wib.

Ketika dikonfirmasi kepada Dr Retawati, yang bersangkutan malah mengaku tidak mengetahuinya. “Saya nggak tau, saya sudah bertugas dua tahun di puskesmas ini, sebelumnya sudah terduduk ambulance itu. Dan, untuk ambulance yang aktif hanya satu. Sedangkan yang satu itu, rongsok saya tidak tau,” katanya saat ditemui di seputaran Puskesmas.

Camat Jorlang Hataran, Tohap Marpaung, saat dimintai tanggapannya terkait ambulance tak berfungsi yang berada di dekat kantornya mengatakan, “Sebenarnya bukan jumlahnya yang kita pertanyakan, tetapi kesiapan petugasnya mengoperasikan mobil ambulance itu,” terangnya, Jumat (11/8) siang.

“Contoh, ada warga tengah malam membutuhkan pertolongan siapkah petugasnya? Itu saja permasalahnya, bukan jumlahnya,” katanya sembari menebar senyum. (ag)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tak Becus Kerja, DPRD Simalungun Diprotes Keras
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 19:17 WIB

Tak Becus Kerja, DPRD Simalungun Diprotes Keras

DPRD Simalungun mendapat protes keras dari Komite Nasional Pemuda Simalungun Indonesia (KNPSI), lantaran dinilai tak becus melakukan tugas dan fungsi ...
Mendadak Ngidam, Wanita ‘Jadi-jadian’ Ketahuan Simpan Sabu
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 14:09 WIB

Mendadak Ngidam, Wanita ‘Jadi-jadian’ Ketahuan Simpan Sabu

Ada-ada saja tingkah laku pecandu sabu satu ini. Demi mengelabui polisi, Efendi Sinaga alias Wulan (23), mendadak ngidam ketika bertemu ...
Gara-gara ‘Tukang Es’, Panjul dan Tompel Nyangkut di Polsek Perbaungan
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 13:20 WIB

Gara-gara ‘Tukang Es’, Panjul dan Tompel Nyangkut di Polsek Perbaungan

Julianto alias Panjul (24) warga Pasar 7, Gang Kuini, Desa Melati 2, Kecamatan Perbaungan, Sergai dan Andi Zulfikar alias Tompel ...
Perempuan Aceh Diciduk di Loket Bus Antar Provinsi, 1200 Ekstasi Gagal Berangkat ke Palembang
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 09:20 WIB

Perempuan Aceh Diciduk di Loket Bus Antar Provinsi, 1200 Ekstasi Gagal Berangkat ke Palembang

Sebanyak 1200 pil ekstasi gagal berangkat ke Palembang setelah kurirnya, Maulizar--seorang perempuan asal Aceh--diciduk personel Sat Narkoba Polres Tanjungbalai di ...
Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Beras Siantar Aman
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 08:55 WIB

Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Beras Siantar Aman

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 yang sudah semakin dekat, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Pematangsiantar memastikan persediaan ...
Hutan Sitahoan Dirambah Cukong Asal Siantar
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 08:48 WIB

Hutan Sitahoan Dirambah Cukong Asal Siantar

Ratusan hektar yang diduga sebagai kawasan hutan di Huta Sitahoan, Nagori Sipangan Bolon, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun ...