Kamis, 19 Oktober 2017 | 14.27 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Menyedihkan! Mobil Ambulance Cuma Jadi Tempat Ayam Bertelor

Menyedihkan! Mobil Ambulance Cuma Jadi Tempat Ayam Bertelor

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 13:50 WIB

IMG-38180

Mobil ambulance di belakang Puskesmas. (Agus Suhendra/metro24jam.com)

JORLANG HATARAN, metro24jam.com – Menyedihkan! Dengan alasan ketiadaan dana perawatan dan perbaikan, satu unit mobil ambulance jenis Mitsubishi L300, BK 388 T, yang berasal dari Bantuan Presiden (Banpres), sengaja dibiarkan terlantar di belakang Kantor Puskesmas Jorlang Hataran, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun.

Pantauan Siantar24Jam, Jumat (11/8) sekira jam 11.00 Wib, ban mobil ambulance itu sudah hilang tak berbekas. Cat di body mobil juga sudah terkelupas. Bagian dalam, seperti jok dan peralatan medis, juga tak diketahui kemana raibnya, dan kini sudah menjadi tempat ayam bertelur.

Menurut warga Kecamatan Jorlang Hataran, mungkin pihak Puskesmas kita tidak memiliki biaya memperbaiki unit mobil ambulance tersebut yang besarannya diperhitungkan mencapai puluhan juta.

Selain itu, warga juga mengatakan bahwa ada satu unit lagi ambulance merk Suzuki berada di gudang. Tapi, mobil satu itu sangat jarang sekali difungsikan untuk melayani warga dan lebih banyak digunakan untuk kepentingan staf Puskesmas Jorlang Hataran.

Yang paling parah lagi, menurut yang didengar warga dari salah seorang pegawai puskesmas, jangankan dana operasional mobil ambulance, dana rutin untuk membayar rekening listrik, air dan ATK, nyaris tidak terpenuhi.

“Itu kami dengar langsung dari salah seorang pegawai Puskesmas,” kata warga yang tak ingin identitasnya disebutkan.

Ada dugaan bahwa biaya rutin itu disalahgunakan oknum di sekitar Dinas Kesehatan. Padahal, setiap tahun pencairan dana tersebut diajukan kepada Pemkab Simalungun.

“Menurut info yang saya dengar, bahwa usulan biaya rutin sengaja dicoret akibat tidak adanya kegiatan dan itulah kenyataannya,” kata ucap warga lagi sekira jam 11.00 Wib.

Sayang, ketika hal itu hendak dikonformasi kepada Kepala Puskesmas Jorlang Hataran, Dr Lenny Saragih, tidak berada di tempat. Menurut keterangan seorang staf Puskesmas, Boru Munthe, yang bersangkutan masih di Bali.

“Masih di Bali Kapus Pak. Sudah dua minggu bersama KTU Nur Salam, mengikuti pelatihan manajeman puskesmas dan keluarga sehat, kalau mau konfirmasi ke Dr Retawati pak,” ucapnya, sekira jam 11.30 Wib.

Ketika dikonfirmasi kepada Dr Retawati, yang bersangkutan malah mengaku tidak mengetahuinya. “Saya nggak tau, saya sudah bertugas dua tahun di puskesmas ini, sebelumnya sudah terduduk ambulance itu. Dan, untuk ambulance yang aktif hanya satu. Sedangkan yang satu itu, rongsok saya tidak tau,” katanya saat ditemui di seputaran Puskesmas.

Camat Jorlang Hataran, Tohap Marpaung, saat dimintai tanggapannya terkait ambulance tak berfungsi yang berada di dekat kantornya mengatakan, “Sebenarnya bukan jumlahnya yang kita pertanyakan, tetapi kesiapan petugasnya mengoperasikan mobil ambulance itu,” terangnya, Jumat (11/8) siang.

“Contoh, ada warga tengah malam membutuhkan pertolongan siapkah petugasnya? Itu saja permasalahnya, bukan jumlahnya,” katanya sembari menebar senyum. (ag)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Lapak, Meja & Rak Hilang, Pedagang Siap Melapor ke Polisi
Siantar 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 14:22 WIB

Lapak, Meja & Rak Hilang, Pedagang Siap Melapor ke Polisi

Pasangan suami istri (pasutri) Yunus Siburian dan Elna boru Turnip geram dengan tindak-tanduk Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) ...
4 Parpol di Siantar Belum Sesuai Sipol
Siantar 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 14:14 WIB

4 Parpol di Siantar Belum Sesuai Sipol

KPUD Siantar perpanjang pendaftaran partai politik (parpol) kepesertaan Pemilu 2019 hingga 17 Oktober 2017, sesuai Surat Edaran KPU RI nomor ...
Palak Pedagang Boneka, Preman Kampung Digaruk Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 14:11 WIB

Palak Pedagang Boneka, Preman Kampung Digaruk Polisi

Warga Jalan Umum Perbatasan, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubuk Pakam mendadak heboh. Pasalnya, personel Sat Reskrim Polres Deliserdang tiba-tiba meringkus ...
DPO Cabul Tak Kunjung Ditangkap, Kasat Reskrim Dinilai Lakukan Pembohongan Publik
Siantar 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:54 WIB

DPO Cabul Tak Kunjung Ditangkap, Kasat Reskrim Dinilai Lakukan Pembohongan Publik

Pasca dilantik sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Siantar, Selasa (16/5) lalu, AKP Restuadi dinilai telah melakukan pembohongan ...
Penjual Sabu Nangis Dipenjara 5 Tahun, Jaksa: Inilah yang Terakhir Kita Jumpa Ya!
Siantar 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:40 WIB

Penjual Sabu Nangis Dipenjara 5 Tahun, Jaksa: Inilah yang Terakhir Kita Jumpa Ya!

Andi Junaidi (39), menangis begitu mendengar vonis yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Siantar, Rabu (18/10) sore kemarin. Jaksa Penuntut ...
Poyek Stadion Sang Naualuh Bau Kolusi
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:31 WIB

Poyek Stadion Sang Naualuh Bau Kolusi

Pelaksanaan proyek revitalisasi Stadion Sang Nauluh di Kelurahan Asuhan, Kecamatan Siantar Timur yang dikerjakan PT Duta Sumatera Perkasa yang bermarkas ...