Minggu, 18 Februari 2018 | 12.23 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Menyedihkan! Mobil Ambulance Cuma Jadi Tempat Ayam Bertelor

Menyedihkan! Mobil Ambulance Cuma Jadi Tempat Ayam Bertelor

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 13:50 WIB

IMG-38180

Mobil ambulance di belakang Puskesmas. (Agus Suhendra/metro24jam.com)

JORLANG HATARAN, metro24jam.com – Menyedihkan! Dengan alasan ketiadaan dana perawatan dan perbaikan, satu unit mobil ambulance jenis Mitsubishi L300, BK 388 T, yang berasal dari Bantuan Presiden (Banpres), sengaja dibiarkan terlantar di belakang Kantor Puskesmas Jorlang Hataran, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun.

Pantauan Siantar24Jam, Jumat (11/8) sekira jam 11.00 Wib, ban mobil ambulance itu sudah hilang tak berbekas. Cat di body mobil juga sudah terkelupas. Bagian dalam, seperti jok dan peralatan medis, juga tak diketahui kemana raibnya, dan kini sudah menjadi tempat ayam bertelur.

Menurut warga Kecamatan Jorlang Hataran, mungkin pihak Puskesmas kita tidak memiliki biaya memperbaiki unit mobil ambulance tersebut yang besarannya diperhitungkan mencapai puluhan juta.

Selain itu, warga juga mengatakan bahwa ada satu unit lagi ambulance merk Suzuki berada di gudang. Tapi, mobil satu itu sangat jarang sekali difungsikan untuk melayani warga dan lebih banyak digunakan untuk kepentingan staf Puskesmas Jorlang Hataran.

Yang paling parah lagi, menurut yang didengar warga dari salah seorang pegawai puskesmas, jangankan dana operasional mobil ambulance, dana rutin untuk membayar rekening listrik, air dan ATK, nyaris tidak terpenuhi.

“Itu kami dengar langsung dari salah seorang pegawai Puskesmas,” kata warga yang tak ingin identitasnya disebutkan.

Ada dugaan bahwa biaya rutin itu disalahgunakan oknum di sekitar Dinas Kesehatan. Padahal, setiap tahun pencairan dana tersebut diajukan kepada Pemkab Simalungun.

“Menurut info yang saya dengar, bahwa usulan biaya rutin sengaja dicoret akibat tidak adanya kegiatan dan itulah kenyataannya,” kata ucap warga lagi sekira jam 11.00 Wib.

Sayang, ketika hal itu hendak dikonformasi kepada Kepala Puskesmas Jorlang Hataran, Dr Lenny Saragih, tidak berada di tempat. Menurut keterangan seorang staf Puskesmas, Boru Munthe, yang bersangkutan masih di Bali.

“Masih di Bali Kapus Pak. Sudah dua minggu bersama KTU Nur Salam, mengikuti pelatihan manajeman puskesmas dan keluarga sehat, kalau mau konfirmasi ke Dr Retawati pak,” ucapnya, sekira jam 11.30 Wib.

Ketika dikonfirmasi kepada Dr Retawati, yang bersangkutan malah mengaku tidak mengetahuinya. “Saya nggak tau, saya sudah bertugas dua tahun di puskesmas ini, sebelumnya sudah terduduk ambulance itu. Dan, untuk ambulance yang aktif hanya satu. Sedangkan yang satu itu, rongsok saya tidak tau,” katanya saat ditemui di seputaran Puskesmas.

Camat Jorlang Hataran, Tohap Marpaung, saat dimintai tanggapannya terkait ambulance tak berfungsi yang berada di dekat kantornya mengatakan, “Sebenarnya bukan jumlahnya yang kita pertanyakan, tetapi kesiapan petugasnya mengoperasikan mobil ambulance itu,” terangnya, Jumat (11/8) siang.

“Contoh, ada warga tengah malam membutuhkan pertolongan siapkah petugasnya? Itu saja permasalahnya, bukan jumlahnya,” katanya sembari menebar senyum. (ag)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Perempuan Sergai Taklukkan Puncak Tertinggi Amerika Selatan
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:52 WIB

Perempuan Sergai Taklukkan Puncak Tertinggi Amerika Selatan

Seorang putri Indonesia asal Serdang Bedagai berhasil menaklukkan puncak Gunung Aconcagua di provinsi Mendoza, Argentina, yang memiliki ketinggian 6.962 meter ...
Poldasu Grebek Gudang Sawit Milik Oknum Dewan Simalungun, Puluhan Orang Diamankan
Siantar 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:20 WIB

Poldasu Grebek Gudang Sawit Milik Oknum Dewan Simalungun, Puluhan Orang Diamankan

Sepasukan personel Ditreskrimsus dibantu personel Brimob Poldasu, menggerebek gudang penimbunan Tandan Buah Sawit (TBS) di Nagori Baja Dolok dan Kecamatan ...
Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:04 WIB

Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap

Berakhir sudah aksi pelarian Dwi Suhatmoko (37). Setelah buron selama setengah tahun lebih, pria yang tinggal di Jalan Dwikora, Kelurahan ...
Curi Kotak Infaq, Penyabu Digiring ke Polsek
- Minggu, 18 Februari 2018 - 10:57 WIB

Curi Kotak Infaq, Penyabu Digiring ke Polsek

Seorang pencuri kotak infaq diamankan polisi usai kepergok warga dan pengurus mesjid saat beraksi di Masjid Ali Imran, Dusun 10, ...
Kepergok Curi Kreta, Feri Bengkak-bengkak Dihajar Massa
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 10:51 WIB

Kepergok Curi Kreta, Feri Bengkak-bengkak Dihajar Massa

Wajah Feri Efendi Pane (30), warga Jalan Mesjid, dekat Asrama Zipur, bengkak-bengkak dihajar massa usai kepergok mencuri kreta di Jalan ...
Cabuli Siswi SMA, Guru Honor Ditangkap dan Terancam Dipecat
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 10:38 WIB

Cabuli Siswi SMA, Guru Honor Ditangkap dan Terancam Dipecat

Syahrul Huda (29) warga Simpang Roda, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai ditangkap Sat Reksrim Polres Sergai atas kasus ...