Minggu, 18 Februari 2018 | 12.24 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Dana Desa Cair, Kadis PMPN dan Kabid PMN Sibuk ‘Turun Gunung’

Dana Desa Cair, Kadis PMPN dan Kabid PMN Sibuk ‘Turun Gunung’

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 13:31 WIB

IMG-38176

Tagon Sihotang. (ist/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pemerintah Pusat melalui rekening masing-masing Nagori telah mencaikan Dana Desa (DD) Kabupaten Simalungun. Kepala Dinas Pemberdayaan Maujana dan Pemerintah Nagori (PMPN) Simalungun, Lurinim Purba dan Kabid Pemerintah Nagori, Tagon Sihotang mulai sibuk ‘turun gunung’ dengan dalih melakukan pemantauan.

“Iya, sudah cair dana desa di Simalungun seminggu lalu. Turun si Lurinim sama si Tagon ke Nagori. Langsung ke rekening Nagori ditransfer,” kata seorang sumber kepada Siantar24Jam, Jumat (11/8) sekira jam 15.58 Wib.

Saat DD bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) tersebut cair, para pangulu dikatakan telah dipanggil ke Dinas PMPN Simalungun.

“Itulah yang ke Raya para pangulu. Di situlah cairnya DD. Masih tahap pertama yang dicairkan. Kalau DD yang 2016, sudah selesai itu. DD yang 2017 sekarang sudah cair,” jelas mantan pejabat PMPN tersebut.

Disebutkan juga, bahwa dana desa yang dicairkan pada tahap pertama ini adalah sebesar 60 persen. Kemudian, Lurinim dan Tagon ‘turun gunung’ dengan dalih melakukan pembinaan kepada para pangulu di masing-masing kantor Camat. “Hari Jumat itulah cairnya DD. Tahap keduanya mungkin bulan Oktober,” papar sumber tersebut.

Kemungkinan besar, dalam pembinaan yang diduga akan berujung kutipan, para Camat tidak akan disertakan. Tapi akan melibatkan kasi PMN (kepala seksi Pemerintahan Nagori).

“Camat nanti gak dilibatkan. Komunikasinya mungkin melalui Kasi PMN orang si Lurinim sama si Tagon. Kalau si Tagon kan dari dulunya ‘anak main’-nya si Lurinim. Jadi, si Tagon sekarang kompaknya di PMPN,” ucapnya.

Salah seorang Camat ketika ditanyai melalui telepon selular mengatakan Lurinim dan Tagon sudah turun ke Kecamatan Pematang Bandar. “Kalau di sini belum ada. Kayaknya ke Pematang Bandar sudah,” katanya.

Kepala dinas PMPN Simalungun, Lurinim Purba ketika coba dikonfirmasi melalui telepon selular, Jumat (11/8) sekira jam 16.26 tak aktif. SMS yang dilayangkan juga tak mendapat jawaban.

Kabid Pemnag, Tagon, juga tidak merespon panggilan telepon selular dan pesan singkat yang dilayangkan, Jumat (11/8) sekira jam 16.23. (Ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Perempuan Sergai Taklukkan Puncak Tertinggi Amerika Selatan
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:52 WIB

Perempuan Sergai Taklukkan Puncak Tertinggi Amerika Selatan

Seorang putri Indonesia asal Serdang Bedagai berhasil menaklukkan puncak Gunung Aconcagua di provinsi Mendoza, Argentina, yang memiliki ketinggian 6.962 meter ...
Poldasu Grebek Gudang Sawit Milik Oknum Dewan Simalungun, Puluhan Orang Diamankan
Siantar 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:20 WIB

Poldasu Grebek Gudang Sawit Milik Oknum Dewan Simalungun, Puluhan Orang Diamankan

Sepasukan personel Ditreskrimsus dibantu personel Brimob Poldasu, menggerebek gudang penimbunan Tandan Buah Sawit (TBS) di Nagori Baja Dolok dan Kecamatan ...
Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:04 WIB

Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap

Berakhir sudah aksi pelarian Dwi Suhatmoko (37). Setelah buron selama setengah tahun lebih, pria yang tinggal di Jalan Dwikora, Kelurahan ...
Curi Kotak Infaq, Penyabu Digiring ke Polsek
- Minggu, 18 Februari 2018 - 10:57 WIB

Curi Kotak Infaq, Penyabu Digiring ke Polsek

Seorang pencuri kotak infaq diamankan polisi usai kepergok warga dan pengurus mesjid saat beraksi di Masjid Ali Imran, Dusun 10, ...
Kepergok Curi Kreta, Feri Bengkak-bengkak Dihajar Massa
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 10:51 WIB

Kepergok Curi Kreta, Feri Bengkak-bengkak Dihajar Massa

Wajah Feri Efendi Pane (30), warga Jalan Mesjid, dekat Asrama Zipur, bengkak-bengkak dihajar massa usai kepergok mencuri kreta di Jalan ...
Cabuli Siswi SMA, Guru Honor Ditangkap dan Terancam Dipecat
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 10:38 WIB

Cabuli Siswi SMA, Guru Honor Ditangkap dan Terancam Dipecat

Syahrul Huda (29) warga Simpang Roda, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai ditangkap Sat Reksrim Polres Sergai atas kasus ...