Senin, 11 Desember 2017 | 20.20 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Dana Desa Cair, Kadis PMPN dan Kabid PMN Sibuk ‘Turun Gunung’

Dana Desa Cair, Kadis PMPN dan Kabid PMN Sibuk ‘Turun Gunung’

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 13:31 WIB

IMG-38176

Tagon Sihotang. (ist/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pemerintah Pusat melalui rekening masing-masing Nagori telah mencaikan Dana Desa (DD) Kabupaten Simalungun. Kepala Dinas Pemberdayaan Maujana dan Pemerintah Nagori (PMPN) Simalungun, Lurinim Purba dan Kabid Pemerintah Nagori, Tagon Sihotang mulai sibuk ‘turun gunung’ dengan dalih melakukan pemantauan.

“Iya, sudah cair dana desa di Simalungun seminggu lalu. Turun si Lurinim sama si Tagon ke Nagori. Langsung ke rekening Nagori ditransfer,” kata seorang sumber kepada Siantar24Jam, Jumat (11/8) sekira jam 15.58 Wib.

Saat DD bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) tersebut cair, para pangulu dikatakan telah dipanggil ke Dinas PMPN Simalungun.

“Itulah yang ke Raya para pangulu. Di situlah cairnya DD. Masih tahap pertama yang dicairkan. Kalau DD yang 2016, sudah selesai itu. DD yang 2017 sekarang sudah cair,” jelas mantan pejabat PMPN tersebut.

Disebutkan juga, bahwa dana desa yang dicairkan pada tahap pertama ini adalah sebesar 60 persen. Kemudian, Lurinim dan Tagon ‘turun gunung’ dengan dalih melakukan pembinaan kepada para pangulu di masing-masing kantor Camat. “Hari Jumat itulah cairnya DD. Tahap keduanya mungkin bulan Oktober,” papar sumber tersebut.

Kemungkinan besar, dalam pembinaan yang diduga akan berujung kutipan, para Camat tidak akan disertakan. Tapi akan melibatkan kasi PMN (kepala seksi Pemerintahan Nagori).

“Camat nanti gak dilibatkan. Komunikasinya mungkin melalui Kasi PMN orang si Lurinim sama si Tagon. Kalau si Tagon kan dari dulunya ‘anak main’-nya si Lurinim. Jadi, si Tagon sekarang kompaknya di PMPN,” ucapnya.

Salah seorang Camat ketika ditanyai melalui telepon selular mengatakan Lurinim dan Tagon sudah turun ke Kecamatan Pematang Bandar. “Kalau di sini belum ada. Kayaknya ke Pematang Bandar sudah,” katanya.

Kepala dinas PMPN Simalungun, Lurinim Purba ketika coba dikonfirmasi melalui telepon selular, Jumat (11/8) sekira jam 16.26 tak aktif. SMS yang dilayangkan juga tak mendapat jawaban.

Kabid Pemnag, Tagon, juga tidak merespon panggilan telepon selular dan pesan singkat yang dilayangkan, Jumat (11/8) sekira jam 16.23. (Ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tak Becus Kerja, DPRD Simalungun Diprotes Keras
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 19:17 WIB

Tak Becus Kerja, DPRD Simalungun Diprotes Keras

DPRD Simalungun mendapat protes keras dari Komite Nasional Pemuda Simalungun Indonesia (KNPSI), lantaran dinilai tak becus melakukan tugas dan fungsi ...
Mendadak Ngidam, Wanita ‘Jadi-jadian’ Ketahuan Simpan Sabu
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 14:09 WIB

Mendadak Ngidam, Wanita ‘Jadi-jadian’ Ketahuan Simpan Sabu

Ada-ada saja tingkah laku pecandu sabu satu ini. Demi mengelabui polisi, Efendi Sinaga alias Wulan (23), mendadak ngidam ketika bertemu ...
Gara-gara ‘Tukang Es’, Panjul dan Tompel Nyangkut di Polsek Perbaungan
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 13:20 WIB

Gara-gara ‘Tukang Es’, Panjul dan Tompel Nyangkut di Polsek Perbaungan

Julianto alias Panjul (24) warga Pasar 7, Gang Kuini, Desa Melati 2, Kecamatan Perbaungan, Sergai dan Andi Zulfikar alias Tompel ...
Perempuan Aceh Diciduk di Loket Bus Antar Provinsi, 1200 Ekstasi Gagal Berangkat ke Palembang
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 09:20 WIB

Perempuan Aceh Diciduk di Loket Bus Antar Provinsi, 1200 Ekstasi Gagal Berangkat ke Palembang

Sebanyak 1200 pil ekstasi gagal berangkat ke Palembang setelah kurirnya, Maulizar--seorang perempuan asal Aceh--diciduk personel Sat Narkoba Polres Tanjungbalai di ...
Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Beras Siantar Aman
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 08:55 WIB

Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Beras Siantar Aman

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 yang sudah semakin dekat, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Pematangsiantar memastikan persediaan ...
Hutan Sitahoan Dirambah Cukong Asal Siantar
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 08:48 WIB

Hutan Sitahoan Dirambah Cukong Asal Siantar

Ratusan hektar yang diduga sebagai kawasan hutan di Huta Sitahoan, Nagori Sipangan Bolon, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun ...