Kamis, 21 Juni 2018 | 11.25 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Dana Desa Cair, Kadis PMPN dan Kabid PMN Sibuk ‘Turun Gunung’

Dana Desa Cair, Kadis PMPN dan Kabid PMN Sibuk ‘Turun Gunung’

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 13:31 WIB

IMG-38176

Tagon Sihotang. (ist/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pemerintah Pusat melalui rekening masing-masing Nagori telah mencaikan Dana Desa (DD) Kabupaten Simalungun. Kepala Dinas Pemberdayaan Maujana dan Pemerintah Nagori (PMPN) Simalungun, Lurinim Purba dan Kabid Pemerintah Nagori, Tagon Sihotang mulai sibuk ‘turun gunung’ dengan dalih melakukan pemantauan.

“Iya, sudah cair dana desa di Simalungun seminggu lalu. Turun si Lurinim sama si Tagon ke Nagori. Langsung ke rekening Nagori ditransfer,” kata seorang sumber kepada Siantar24Jam, Jumat (11/8) sekira jam 15.58 Wib.

Saat DD bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) tersebut cair, para pangulu dikatakan telah dipanggil ke Dinas PMPN Simalungun.

“Itulah yang ke Raya para pangulu. Di situlah cairnya DD. Masih tahap pertama yang dicairkan. Kalau DD yang 2016, sudah selesai itu. DD yang 2017 sekarang sudah cair,” jelas mantan pejabat PMPN tersebut.

Disebutkan juga, bahwa dana desa yang dicairkan pada tahap pertama ini adalah sebesar 60 persen. Kemudian, Lurinim dan Tagon ‘turun gunung’ dengan dalih melakukan pembinaan kepada para pangulu di masing-masing kantor Camat. “Hari Jumat itulah cairnya DD. Tahap keduanya mungkin bulan Oktober,” papar sumber tersebut.

Kemungkinan besar, dalam pembinaan yang diduga akan berujung kutipan, para Camat tidak akan disertakan. Tapi akan melibatkan kasi PMN (kepala seksi Pemerintahan Nagori).

“Camat nanti gak dilibatkan. Komunikasinya mungkin melalui Kasi PMN orang si Lurinim sama si Tagon. Kalau si Tagon kan dari dulunya ‘anak main’-nya si Lurinim. Jadi, si Tagon sekarang kompaknya di PMPN,” ucapnya.

Salah seorang Camat ketika ditanyai melalui telepon selular mengatakan Lurinim dan Tagon sudah turun ke Kecamatan Pematang Bandar. “Kalau di sini belum ada. Kayaknya ke Pematang Bandar sudah,” katanya.

Kepala dinas PMPN Simalungun, Lurinim Purba ketika coba dikonfirmasi melalui telepon selular, Jumat (11/8) sekira jam 16.26 tak aktif. SMS yang dilayangkan juga tak mendapat jawaban.

Kabid Pemnag, Tagon, juga tidak merespon panggilan telepon selular dan pesan singkat yang dilayangkan, Jumat (11/8) sekira jam 16.23. (Ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
KM Sinar Bangun Tenggelam, 3 Korban Lagi Ditemukan, BPBD Sumut: 178 Orang Hilang
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 08:21 WIB

KM Sinar Bangun Tenggelam, 3 Korban Lagi Ditemukan, BPBD Sumut: 178 Orang Hilang

Hingga Rabu (20/6/2018) siang, tiga korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba akhirnya ditemukan. Dua di antaranya ...
Jalur Jalan Berastagi Kembali Normal
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 07:33 WIB

Jalur Jalan Berastagi Kembali Normal

Jalan kota wisata Berastagi, Kabupaten Karo yang sejak hari pertama Idul Fitri sempat dipadati wisatawan, kini berangsur sepi. Pada H+5 ...
Tagih Uang Tip Sama Tamu, Pelayan Cafe KO Ditinju (Katanya yang Bogem Sipir Lapas)
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 07:25 WIB

Tagih Uang Tip Sama Tamu, Pelayan Cafe KO Ditinju (Katanya yang Bogem Sipir Lapas)

Echa (24), seorang waitress di Sempurna Cafe, Jalan Ringroad, mendapat bogem mentah alias tinju dari tamunya, hanya gara-gara menagih uang ...
Patricia Berdoa untuk Para Korban KMP Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 06:57 WIB

Patricia Berdoa untuk Para Korban KMP Sinar Bangun

Patricia Siahaan, istri dari Cawagub Sumut Sihar Sitorus ikut memberikan kekuatan pada keluarga korban Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun ...
Termasuk Ketua, 7 Anggota Komunitas Slankers Ikut Tenggelam Bersama KM Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 06:52 WIB

Termasuk Ketua, 7 Anggota Komunitas Slankers Ikut Tenggelam Bersama KM Sinar Bangun

Tujuh di antara penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018) kemarin, diketahui merupakan anggota komunitas ...
Tiga Hari KM Sinar Bangun Tenggelam, PNS Pemko Medan Itu Belum Ditemukan
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Juni 2018 - 18:31 WIB

Tiga Hari KM Sinar Bangun Tenggelam, PNS Pemko Medan Itu Belum Ditemukan

Tim gabungan Basarnas dan TNI, Polri, terus menelusuri sejumlah titik mencari penumpang Kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau ...