Kamis, 19 Oktober 2017 | 19.47 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Dana Desa Cair, Kadis PMPN dan Kabid PMN Sibuk ‘Turun Gunung’

Dana Desa Cair, Kadis PMPN dan Kabid PMN Sibuk ‘Turun Gunung’

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 13:31 WIB

IMG-38176

Tagon Sihotang. (ist/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pemerintah Pusat melalui rekening masing-masing Nagori telah mencaikan Dana Desa (DD) Kabupaten Simalungun. Kepala Dinas Pemberdayaan Maujana dan Pemerintah Nagori (PMPN) Simalungun, Lurinim Purba dan Kabid Pemerintah Nagori, Tagon Sihotang mulai sibuk ‘turun gunung’ dengan dalih melakukan pemantauan.

“Iya, sudah cair dana desa di Simalungun seminggu lalu. Turun si Lurinim sama si Tagon ke Nagori. Langsung ke rekening Nagori ditransfer,” kata seorang sumber kepada Siantar24Jam, Jumat (11/8) sekira jam 15.58 Wib.

Saat DD bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) tersebut cair, para pangulu dikatakan telah dipanggil ke Dinas PMPN Simalungun.

“Itulah yang ke Raya para pangulu. Di situlah cairnya DD. Masih tahap pertama yang dicairkan. Kalau DD yang 2016, sudah selesai itu. DD yang 2017 sekarang sudah cair,” jelas mantan pejabat PMPN tersebut.

Disebutkan juga, bahwa dana desa yang dicairkan pada tahap pertama ini adalah sebesar 60 persen. Kemudian, Lurinim dan Tagon ‘turun gunung’ dengan dalih melakukan pembinaan kepada para pangulu di masing-masing kantor Camat. “Hari Jumat itulah cairnya DD. Tahap keduanya mungkin bulan Oktober,” papar sumber tersebut.

Kemungkinan besar, dalam pembinaan yang diduga akan berujung kutipan, para Camat tidak akan disertakan. Tapi akan melibatkan kasi PMN (kepala seksi Pemerintahan Nagori).

“Camat nanti gak dilibatkan. Komunikasinya mungkin melalui Kasi PMN orang si Lurinim sama si Tagon. Kalau si Tagon kan dari dulunya ‘anak main’-nya si Lurinim. Jadi, si Tagon sekarang kompaknya di PMPN,” ucapnya.

Salah seorang Camat ketika ditanyai melalui telepon selular mengatakan Lurinim dan Tagon sudah turun ke Kecamatan Pematang Bandar. “Kalau di sini belum ada. Kayaknya ke Pematang Bandar sudah,” katanya.

Kepala dinas PMPN Simalungun, Lurinim Purba ketika coba dikonfirmasi melalui telepon selular, Jumat (11/8) sekira jam 16.26 tak aktif. SMS yang dilayangkan juga tak mendapat jawaban.

Kabid Pemnag, Tagon, juga tidak merespon panggilan telepon selular dan pesan singkat yang dilayangkan, Jumat (11/8) sekira jam 16.23. (Ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Vivonis 11 Tahun, Aktor Malaysia: Saya Tidak Terima
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 16:04 WIB

Vivonis 11 Tahun, Aktor Malaysia: Saya Tidak Terima

Aktor ternama Malaysia, Khaeryl Benjamin Ibrahim alias Benjy (38) divonis oleh majelis hakim selama divonis selama 11 tahun penjara dan ...
Kasihannya…!!! Nenek 87 Tahun Nyasar ke Kantor Polisi (Sempat Nginap 2 Hari)
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 16:01 WIB

Kasihannya…!!! Nenek 87 Tahun Nyasar ke Kantor Polisi (Sempat Nginap 2 Hari)

Sabariah Sembiring, nenek berusia 87 tahun, warga Dusun XIV, Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), akhirnya bisa berkumpul lagi ...
Kasus OTT DPM-PPTSP Sumut Ngambang
Tak Berkategori - Kamis, 19 Oktober 2017 - 15:58 WIB

Kasus OTT DPM-PPTSP Sumut Ngambang

Penanganan kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PPTSP) Sumut yang ...
Gelapkan Uang Ratusan Juta, Bendahara Diskominfo Samosir ‘Raib’
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 15:52 WIB

Gelapkan Uang Ratusan Juta, Bendahara Diskominfo Samosir ‘Raib’

Kelakuan Herlinda Donda Hutapea, Bendahara Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Samosir ini memang tak patut dicontoh. Dia berani menggelapkan ...
Kepergok! Kereta, Mobil dan Truk Sawit Kena Tilang
Metro 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 15:49 WIB

Kepergok! Kereta, Mobil dan Truk Sawit Kena Tilang

Banyak pengguna jalan, khususnya kendaraan roda dua dan empat terperogok polisi dari Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Langkat yang menggelar razia ...
Wakil Tuhan, di PN Simalungun Dianggap Tak Adil
Siantar 24 Jam - Kamis, 19 Oktober 2017 - 15:46 WIB

Wakil Tuhan, di PN Simalungun Dianggap Tak Adil

Hakim atau juga disebut 'Wakil Tuhan' sepertinya bertindak tak adil. Pasalnya, hukuman terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba terkesan dipermainkan. Sebab, yang ...