Kamis, 21 Juni 2018 | 11.20 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Khairul Anwar Tambunan: Menjaga Amanah Orangtua

Khairul Anwar Tambunan: Menjaga Amanah Orangtua

Selasa, 20 Juni 2017 - 05:33 WIB

IMG-34909

Khairil Anwar Tambunan

SIANTAR, metro24jam.com – Sebelum meninggal, ibunya berpesan agar usaha jahit menjahit yang dirintis selama beberapa tahun lalu tetap dilanjutkan. Maka, sebagai anak paling besar dari lima bersaudara, Khairul Anwar Tambunan bertanggungjawab menjalankan amanah itu.

“Yah, sekarang aku tetap melanjutkan usaha jahitan di rumah kami ini. Kata ibuku lagi, jangan pernah menyerah atas apa yang menjadi tanggung jawab. Harus tetap menyayangi adik-adik dan selalu rajin beribadah,” kata Khairul Anwar Tambunan mengingat pesan ibunya.

Saat disambangi di rumahnya Jalan Maluku, Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat, Khairul Anwar tetap gigih melanjutkan usaha orang tuanya sampai sekarang. Bahkan, ayahnya yang semula tidak bisa menjahit dan kerja serabutan diajari jadi penjahit.

Dari hasil usaha tersebut, Khairul Anwar bisa kuliah di AMIK Tunas Bangsa (AMIK) jurusan Manajemen yang sekarang memasuki semester lima.

“Usaha jahit menjahit ini merupakan usaha utama keluarga. Termasuk membantu biaya kuliah dan sekolah adik-adik,” kata Khairul yang ternyata juga membuka usaha penjualan paket kartu internet di depan Masjid Dakwah Jalan Jawa.

Menurut Khairul, kalau hanya menunggu jahitan tentu sulit.

“Jadi, apapun dikerjakan sebagai sampingan asal halal dan bias member tambahan penghasilan,” bebernya sembari menjelaskan berbagai macam pesanan yang bisa dikerjakan.

Antar lain menjahit pakaian, gorden dan asesoris untuk tempat tisu maupun keset atau alas kaki.

Kalau soal suka duka menurut lelaki kelahiran 1995 ini selalu ada. “Sukanya, pesanan yang kita kerjakan sesuai dengan selera konsumen. Sedangkan dukanya, ada pesanan yang telat diambil bahkan tidak diambil.

Terus, ada yang marah-marah meski kita sudah berusaha memuaskan pelanggan,” katanya.

Bicara soal Kota Siantar, Khairul mengatakan pembangunannya terus berkembang pesat seperti kota-kota lain di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Tapi, hal yang perlu diperhatikan menurutnya supaya pemerintah memperhatikan kehidupan Usaha Kecil Menengah (UKM) ke bawah.

“Usaha menengah ke bawah sepertinya masih belum dipandang sebagai suatu kekuatan ekonomi kerakyatan. Terbukti, program pemerintah kota belum menyentuh sampai ke tingkat bawah,” katanya.(yud)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
KM Sinar Bangun Tenggelam, 3 Korban Lagi Ditemukan, BPBD Sumut: 178 Orang Hilang
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 08:21 WIB

KM Sinar Bangun Tenggelam, 3 Korban Lagi Ditemukan, BPBD Sumut: 178 Orang Hilang

Hingga Rabu (20/6/2018) siang, tiga korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba akhirnya ditemukan. Dua di antaranya ...
Jalur Jalan Berastagi Kembali Normal
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 07:33 WIB

Jalur Jalan Berastagi Kembali Normal

Jalan kota wisata Berastagi, Kabupaten Karo yang sejak hari pertama Idul Fitri sempat dipadati wisatawan, kini berangsur sepi. Pada H+5 ...
Tagih Uang Tip Sama Tamu, Pelayan Cafe KO Ditinju (Katanya yang Bogem Sipir Lapas)
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 07:25 WIB

Tagih Uang Tip Sama Tamu, Pelayan Cafe KO Ditinju (Katanya yang Bogem Sipir Lapas)

Echa (24), seorang waitress di Sempurna Cafe, Jalan Ringroad, mendapat bogem mentah alias tinju dari tamunya, hanya gara-gara menagih uang ...
Patricia Berdoa untuk Para Korban KMP Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 06:57 WIB

Patricia Berdoa untuk Para Korban KMP Sinar Bangun

Patricia Siahaan, istri dari Cawagub Sumut Sihar Sitorus ikut memberikan kekuatan pada keluarga korban Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun ...
Termasuk Ketua, 7 Anggota Komunitas Slankers Ikut Tenggelam Bersama KM Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 06:52 WIB

Termasuk Ketua, 7 Anggota Komunitas Slankers Ikut Tenggelam Bersama KM Sinar Bangun

Tujuh di antara penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018) kemarin, diketahui merupakan anggota komunitas ...
Tiga Hari KM Sinar Bangun Tenggelam, PNS Pemko Medan Itu Belum Ditemukan
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Juni 2018 - 18:31 WIB

Tiga Hari KM Sinar Bangun Tenggelam, PNS Pemko Medan Itu Belum Ditemukan

Tim gabungan Basarnas dan TNI, Polri, terus menelusuri sejumlah titik mencari penumpang Kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau ...