Kamis, 26 April 2018 | 07.10 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Khairul Anwar Tambunan: Menjaga Amanah Orangtua

Khairul Anwar Tambunan: Menjaga Amanah Orangtua

Selasa, 20 Juni 2017 - 05:33 WIB

IMG-34909

Khairil Anwar Tambunan

SIANTAR, metro24jam.com – Sebelum meninggal, ibunya berpesan agar usaha jahit menjahit yang dirintis selama beberapa tahun lalu tetap dilanjutkan. Maka, sebagai anak paling besar dari lima bersaudara, Khairul Anwar Tambunan bertanggungjawab menjalankan amanah itu.

“Yah, sekarang aku tetap melanjutkan usaha jahitan di rumah kami ini. Kata ibuku lagi, jangan pernah menyerah atas apa yang menjadi tanggung jawab. Harus tetap menyayangi adik-adik dan selalu rajin beribadah,” kata Khairul Anwar Tambunan mengingat pesan ibunya.

Saat disambangi di rumahnya Jalan Maluku, Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat, Khairul Anwar tetap gigih melanjutkan usaha orang tuanya sampai sekarang. Bahkan, ayahnya yang semula tidak bisa menjahit dan kerja serabutan diajari jadi penjahit.

Dari hasil usaha tersebut, Khairul Anwar bisa kuliah di AMIK Tunas Bangsa (AMIK) jurusan Manajemen yang sekarang memasuki semester lima.

“Usaha jahit menjahit ini merupakan usaha utama keluarga. Termasuk membantu biaya kuliah dan sekolah adik-adik,” kata Khairul yang ternyata juga membuka usaha penjualan paket kartu internet di depan Masjid Dakwah Jalan Jawa.

Menurut Khairul, kalau hanya menunggu jahitan tentu sulit.

“Jadi, apapun dikerjakan sebagai sampingan asal halal dan bias member tambahan penghasilan,” bebernya sembari menjelaskan berbagai macam pesanan yang bisa dikerjakan.

Antar lain menjahit pakaian, gorden dan asesoris untuk tempat tisu maupun keset atau alas kaki.

Kalau soal suka duka menurut lelaki kelahiran 1995 ini selalu ada. “Sukanya, pesanan yang kita kerjakan sesuai dengan selera konsumen. Sedangkan dukanya, ada pesanan yang telat diambil bahkan tidak diambil.

Terus, ada yang marah-marah meski kita sudah berusaha memuaskan pelanggan,” katanya.

Bicara soal Kota Siantar, Khairul mengatakan pembangunannya terus berkembang pesat seperti kota-kota lain di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Tapi, hal yang perlu diperhatikan menurutnya supaya pemerintah memperhatikan kehidupan Usaha Kecil Menengah (UKM) ke bawah.

“Usaha menengah ke bawah sepertinya masih belum dipandang sebagai suatu kekuatan ekonomi kerakyatan. Terbukti, program pemerintah kota belum menyentuh sampai ke tingkat bawah,” katanya.(yud)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
PN Medan Ricuh ! Terdakwa dan Saksi Korban Baku Hantam
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 04:59 WIB

PN Medan Ricuh ! Terdakwa dan Saksi Korban Baku Hantam

Ruang Kartika, Gedung Pengadilan Negeri (PN) Medan, mendadak ricuh, Rabu (25/4/2018) sore. Pasalnya, terdakwa kasus dugaan penganiayaan, Fery Syahputra bersama ...
Oplos Gas Subsidi ke Tabung 12 Kg, Empat Orang Diringkus Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 04:54 WIB

Oplos Gas Subsidi ke Tabung 12 Kg, Empat Orang Diringkus Polisi

Satuan Reserse Kriminal Polres Deliserdang melalui Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) berhasil menangkap empat orang pelaku pengoplosan gas bersubsidi ukuran ...
Perbaikan Cross Drain di Berastagi Dikerjakan
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 04:44 WIB

Perbaikan Cross Drain di Berastagi Dikerjakan

Perbaikan cross drain (saluran drainase melintang) di Km 63, tepatnya di simpang Jalan Listrik Atas-Jalan Djamin Ginting, Berastagi, yang dimulai Selasa ...
Sambut HUT Polri ke-72, Polsek dan Muspika Percut Sei Tuan Tanding Futsal dengan Wartawan
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 04:39 WIB

Sambut HUT Polri ke-72, Polsek dan Muspika Percut Sei Tuan Tanding Futsal dengan Wartawan

Menyambut Hut Polri ke-72, Kepolisian Sektor Percut Sei Tuan menggelar olahraga bersama dengan Muspika, unsur TNI dari Koramil serta wartawan ...
Remas Payudara Siswi SMA Lalu Puaskan Birahi Sendiri, Pria Ini Terancam 15 Tahun Penjara
Metro 24 Jam - Rabu, 25 April 2018 - 22:13 WIB

Remas Payudara Siswi SMA Lalu Puaskan Birahi Sendiri, Pria Ini Terancam 15 Tahun Penjara

Syahputra (34), warga Sei Kambing B II, Kecamatan Helvetia terancam dibui lama. Pria yang hidup melajang itu ditangkap lantaran melakukan ...
Inacraft 2018, Stand Deliserdang Dipadati Pengunjung, Tenun Sutra Paling Diminati
Metro 24 Jam - Rabu, 25 April 2018 - 21:05 WIB

Inacraft 2018, Stand Deliserdang Dipadati Pengunjung, Tenun Sutra Paling Diminati

Kabupaten Deliserdang mengikuti pameran International Handicraft (Inacraft) 2018 di Assembly Hall JCC Senayan, Jakarta. Pameran dibuka oleh Wakil Presiden RI ...