Jumat, 15 Desember 2017 | 13.25 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Dikelola Oknum Aparat, Parkir Cindelaras Illegal

Dikelola Oknum Aparat, Parkir Cindelaras Illegal

Senin, 19 Juni 2017 - 12:58 WIB

IMG-34805

Jukir liar mengutip parkir. (Ga/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pengutipan retribusi parkir pengunjung di sebelah rumah makan Cindelaras, Jalan Asahan, Km 3, Nagori Siantar Estate, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun illegal karena menguntungkan pribadi semata.

Apalagi tidak ada izin dari Dinas Perhubungan (Dishub) Simalungun selaku pengelola perparkiran. “Mulai adanya kutipan parkir yang di Cindelaras. Gak ada kita urusi itu, lae. Izinnya juga gak ada kita keluarkan,” kata kepala seksi pengendalian operasional (kasi-Dalops) Dishub Simalungun, Jawarden Purba, Minggu (18/6) jam 13.30 wib.

Karcis kutipan parkir ilegal. (Gona/metro24jam.com)

Selain ilegal, tarif retribusi yang diterapkan kepada para pengunjung khususnya pemilik kereta di luar batas ketentuan. Di mana, untuk satu unit kereta, tarif parkir dikutip juru parkir (jukir) sebesar Rp2 ribu. “Seharusnya, kereta Rp1000. Bukan Rp2000,” sebut Jawarden.

Kemudian, selama pengutipan. Hasil retribusi parkir yang disetorkan kepada Dishub Simalungun terkesan gelengkan kepala. Sebab, yang disetorkan hanya Rp75 sampai Rp100 ribu. Padahal, dalam satu hari, diperkirakan lebih dari 100 unit kereta sekaligus mobil parkir.

Belakangan diketahui, pengutipan retribusi di lapak parkir illegal Cindelaras tersebut berjalan lancar dan bagaikan sesuka hati. Karena, dibekap sekaligus dikelola oknum aparat bernama Koko.

“Aparat yang mengelola parkir di Cindelaras itu. Terkadang hanya Rp75 sampai Rp100 ribu dikasih. Kayak mana mau dibilang,” ujar Jawarden.

Terpisah, anggota komisi I DPRD Simalungun, Bernhard Damanik ketika diminta tanggapannya, Minggu (18/6) sekira jam 17.40 wib, menjelaskan pengutipan retribusi perpakiran telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Pajak dan Retribusi Daerah. “Untuk satu unit kereta sebesar Rp1.000,” jelasnya.

Ketika disinggung mengenai kutipan retribusi parkir di Cindelaras illegal dan untuk 1 unit kereta sebesar Rp2 ribu? Ketua fraksi NasDem tersebut menegaskan, telah melanggar Perda. “Berarti itu menyalahi Perda,” tegasnya.

Menurut Bernhard, Pemkab Simalungun melalui instansi terkait perlu mempertanyakan hasil retribusi parkir tepi jalan di Kecamatan Siantar. Sebab, sesuai Perda tentang Pajak dan Retribusi, diwajibkan memberi kontribusi kepada daerah.

“Bagaimana bentuk kontribusi ke daerah? Kalau tidak ada, instansi terkait tersebut bekerjasama dengan pihak Kecamatan agar menyurati rumah makannya.

Terlepas siapa pengelolanya. Karena, sesuai Perda tersebut diwajibkan memberikan kontribusi kepada daerah,” ujarnya. (ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sudah 4 Bulan Kasus Belum P21, Keluarga Korban  Cabul Berdemo  di Polres Sergai
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:53 WIB

Sudah 4 Bulan Kasus Belum P21, Keluarga Korban Cabul Berdemo di Polres Sergai

Butet. Sebut saja demikian korban cabul yang deritanya dilapor ke Polres Sergai, Agustus lalu. Siswi SMP itu mengaku berulang kali ...
Setor Duit Ratusan Juta, Ketipu !!, Massa Korban  Loker Pabrik  Tamora Ngamuk
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:52 WIB

Setor Duit Ratusan Juta, Ketipu !!, Massa Korban Loker Pabrik Tamora Ngamuk

Bermodus menawarkan kerja di PT Kimia Farma dan PT Sosro, puluhan warga yang berasal dari berbagai wilayah di Sumatera Selatan ...
Diklaim Nihil Temuan Pidana, Hasil OTT Bos  RSUD Kisaran  Digeser Polisi ke Inspektorat
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:48 WIB

Diklaim Nihil Temuan Pidana, Hasil OTT Bos RSUD Kisaran Digeser Polisi ke Inspektorat

Digelar November lalu, operasi tangkap tangan (OTT) personil Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) Polres Asahan terhadap Direktur Utama RSUD Kisaran, dr ...
Bandel, PKL Petisah Kembali Digeruduk !!  Ricuh Hadapi Aksi 200 Satpol PP
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:43 WIB

Bandel, PKL Petisah Kembali Digeruduk !! Ricuh Hadapi Aksi 200 Satpol PP

Sedikitnya, 200 personel Satuan Polisi Pamong Praja (PP) Kota Medan kemarin (14/12) kembali beraksi di titik-titik larangan berdagang di kawasan ...
Tragis !! Ica Tewas di Malam Jahanam, Polisi Gelar Rekon Pembunuhan Janda Muda Tembung
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:40 WIB

Tragis !! Ica Tewas di Malam Jahanam, Polisi Gelar Rekon Pembunuhan Janda Muda Tembung

Nyaris 2 bulan berlalu, reka ulang tragedi kematian Khairunnisa alias Ica (20) digelar di halaman Mapolsek Percut Seituan, Kamis (14/12/2017) ...
Habis Persiapan Acara Natalan, Duh! Anak SD  Tewas Ketabrak  Odong-odong
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:21 WIB

Habis Persiapan Acara Natalan, Duh! Anak SD Tewas Ketabrak Odong-odong

Jerit tangis terdengar hingga keluar ruang instalasi jenazah RS Patar Asih di Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin, Deliserdang. Peristiwa itu ternyata ...