Kamis, 21 Juni 2018 | 11.30 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Dikelola Oknum Aparat, Parkir Cindelaras Illegal

Dikelola Oknum Aparat, Parkir Cindelaras Illegal

Senin, 19 Juni 2017 - 12:58 WIB

IMG-34805

Jukir liar mengutip parkir. (Ga/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pengutipan retribusi parkir pengunjung di sebelah rumah makan Cindelaras, Jalan Asahan, Km 3, Nagori Siantar Estate, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun illegal karena menguntungkan pribadi semata.

Apalagi tidak ada izin dari Dinas Perhubungan (Dishub) Simalungun selaku pengelola perparkiran. “Mulai adanya kutipan parkir yang di Cindelaras. Gak ada kita urusi itu, lae. Izinnya juga gak ada kita keluarkan,” kata kepala seksi pengendalian operasional (kasi-Dalops) Dishub Simalungun, Jawarden Purba, Minggu (18/6) jam 13.30 wib.

Karcis kutipan parkir ilegal. (Gona/metro24jam.com)

Selain ilegal, tarif retribusi yang diterapkan kepada para pengunjung khususnya pemilik kereta di luar batas ketentuan. Di mana, untuk satu unit kereta, tarif parkir dikutip juru parkir (jukir) sebesar Rp2 ribu. “Seharusnya, kereta Rp1000. Bukan Rp2000,” sebut Jawarden.

Kemudian, selama pengutipan. Hasil retribusi parkir yang disetorkan kepada Dishub Simalungun terkesan gelengkan kepala. Sebab, yang disetorkan hanya Rp75 sampai Rp100 ribu. Padahal, dalam satu hari, diperkirakan lebih dari 100 unit kereta sekaligus mobil parkir.

Belakangan diketahui, pengutipan retribusi di lapak parkir illegal Cindelaras tersebut berjalan lancar dan bagaikan sesuka hati. Karena, dibekap sekaligus dikelola oknum aparat bernama Koko.

“Aparat yang mengelola parkir di Cindelaras itu. Terkadang hanya Rp75 sampai Rp100 ribu dikasih. Kayak mana mau dibilang,” ujar Jawarden.

Terpisah, anggota komisi I DPRD Simalungun, Bernhard Damanik ketika diminta tanggapannya, Minggu (18/6) sekira jam 17.40 wib, menjelaskan pengutipan retribusi perpakiran telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Pajak dan Retribusi Daerah. “Untuk satu unit kereta sebesar Rp1.000,” jelasnya.

Ketika disinggung mengenai kutipan retribusi parkir di Cindelaras illegal dan untuk 1 unit kereta sebesar Rp2 ribu? Ketua fraksi NasDem tersebut menegaskan, telah melanggar Perda. “Berarti itu menyalahi Perda,” tegasnya.

Menurut Bernhard, Pemkab Simalungun melalui instansi terkait perlu mempertanyakan hasil retribusi parkir tepi jalan di Kecamatan Siantar. Sebab, sesuai Perda tentang Pajak dan Retribusi, diwajibkan memberi kontribusi kepada daerah.

“Bagaimana bentuk kontribusi ke daerah? Kalau tidak ada, instansi terkait tersebut bekerjasama dengan pihak Kecamatan agar menyurati rumah makannya.

Terlepas siapa pengelolanya. Karena, sesuai Perda tersebut diwajibkan memberikan kontribusi kepada daerah,” ujarnya. (ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
KM Sinar Bangun Tenggelam, 3 Korban Lagi Ditemukan, BPBD Sumut: 178 Orang Hilang
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 08:21 WIB

KM Sinar Bangun Tenggelam, 3 Korban Lagi Ditemukan, BPBD Sumut: 178 Orang Hilang

Hingga Rabu (20/6/2018) siang, tiga korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba akhirnya ditemukan. Dua di antaranya ...
Jalur Jalan Berastagi Kembali Normal
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 07:33 WIB

Jalur Jalan Berastagi Kembali Normal

Jalan kota wisata Berastagi, Kabupaten Karo yang sejak hari pertama Idul Fitri sempat dipadati wisatawan, kini berangsur sepi. Pada H+5 ...
Tagih Uang Tip Sama Tamu, Pelayan Cafe KO Ditinju (Katanya yang Bogem Sipir Lapas)
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 07:25 WIB

Tagih Uang Tip Sama Tamu, Pelayan Cafe KO Ditinju (Katanya yang Bogem Sipir Lapas)

Echa (24), seorang waitress di Sempurna Cafe, Jalan Ringroad, mendapat bogem mentah alias tinju dari tamunya, hanya gara-gara menagih uang ...
Patricia Berdoa untuk Para Korban KMP Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 06:57 WIB

Patricia Berdoa untuk Para Korban KMP Sinar Bangun

Patricia Siahaan, istri dari Cawagub Sumut Sihar Sitorus ikut memberikan kekuatan pada keluarga korban Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun ...
Termasuk Ketua, 7 Anggota Komunitas Slankers Ikut Tenggelam Bersama KM Sinar Bangun
Metro 24 Jam - Kamis, 21 Juni 2018 - 06:52 WIB

Termasuk Ketua, 7 Anggota Komunitas Slankers Ikut Tenggelam Bersama KM Sinar Bangun

Tujuh di antara penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018) kemarin, diketahui merupakan anggota komunitas ...
Tiga Hari KM Sinar Bangun Tenggelam, PNS Pemko Medan Itu Belum Ditemukan
Metro 24 Jam - Rabu, 20 Juni 2018 - 18:31 WIB

Tiga Hari KM Sinar Bangun Tenggelam, PNS Pemko Medan Itu Belum Ditemukan

Tim gabungan Basarnas dan TNI, Polri, terus menelusuri sejumlah titik mencari penumpang Kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau ...