Minggu, 18 Februari 2018 | 12.17 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Dikelola Oknum Aparat, Parkir Cindelaras Illegal

Dikelola Oknum Aparat, Parkir Cindelaras Illegal

Senin, 19 Juni 2017 - 12:58 WIB

IMG-34805

Jukir liar mengutip parkir. (Ga/metro24jam.com)

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Pengutipan retribusi parkir pengunjung di sebelah rumah makan Cindelaras, Jalan Asahan, Km 3, Nagori Siantar Estate, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun illegal karena menguntungkan pribadi semata.

Apalagi tidak ada izin dari Dinas Perhubungan (Dishub) Simalungun selaku pengelola perparkiran. “Mulai adanya kutipan parkir yang di Cindelaras. Gak ada kita urusi itu, lae. Izinnya juga gak ada kita keluarkan,” kata kepala seksi pengendalian operasional (kasi-Dalops) Dishub Simalungun, Jawarden Purba, Minggu (18/6) jam 13.30 wib.

Karcis kutipan parkir ilegal. (Gona/metro24jam.com)

Selain ilegal, tarif retribusi yang diterapkan kepada para pengunjung khususnya pemilik kereta di luar batas ketentuan. Di mana, untuk satu unit kereta, tarif parkir dikutip juru parkir (jukir) sebesar Rp2 ribu. “Seharusnya, kereta Rp1000. Bukan Rp2000,” sebut Jawarden.

Kemudian, selama pengutipan. Hasil retribusi parkir yang disetorkan kepada Dishub Simalungun terkesan gelengkan kepala. Sebab, yang disetorkan hanya Rp75 sampai Rp100 ribu. Padahal, dalam satu hari, diperkirakan lebih dari 100 unit kereta sekaligus mobil parkir.

Belakangan diketahui, pengutipan retribusi di lapak parkir illegal Cindelaras tersebut berjalan lancar dan bagaikan sesuka hati. Karena, dibekap sekaligus dikelola oknum aparat bernama Koko.

“Aparat yang mengelola parkir di Cindelaras itu. Terkadang hanya Rp75 sampai Rp100 ribu dikasih. Kayak mana mau dibilang,” ujar Jawarden.

Terpisah, anggota komisi I DPRD Simalungun, Bernhard Damanik ketika diminta tanggapannya, Minggu (18/6) sekira jam 17.40 wib, menjelaskan pengutipan retribusi perpakiran telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Pajak dan Retribusi Daerah. “Untuk satu unit kereta sebesar Rp1.000,” jelasnya.

Ketika disinggung mengenai kutipan retribusi parkir di Cindelaras illegal dan untuk 1 unit kereta sebesar Rp2 ribu? Ketua fraksi NasDem tersebut menegaskan, telah melanggar Perda. “Berarti itu menyalahi Perda,” tegasnya.

Menurut Bernhard, Pemkab Simalungun melalui instansi terkait perlu mempertanyakan hasil retribusi parkir tepi jalan di Kecamatan Siantar. Sebab, sesuai Perda tentang Pajak dan Retribusi, diwajibkan memberi kontribusi kepada daerah.

“Bagaimana bentuk kontribusi ke daerah? Kalau tidak ada, instansi terkait tersebut bekerjasama dengan pihak Kecamatan agar menyurati rumah makannya.

Terlepas siapa pengelolanya. Karena, sesuai Perda tersebut diwajibkan memberikan kontribusi kepada daerah,” ujarnya. (ga)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Perempuan Sergai Taklukkan Puncak Tertinggi Amerika Selatan
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:52 WIB

Perempuan Sergai Taklukkan Puncak Tertinggi Amerika Selatan

Seorang putri Indonesia asal Serdang Bedagai berhasil menaklukkan puncak Gunung Aconcagua di provinsi Mendoza, Argentina, yang memiliki ketinggian 6.962 meter ...
Poldasu Grebek Gudang Sawit Milik Oknum Dewan Simalungun, Puluhan Orang Diamankan
Siantar 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:20 WIB

Poldasu Grebek Gudang Sawit Milik Oknum Dewan Simalungun, Puluhan Orang Diamankan

Sepasukan personel Ditreskrimsus dibantu personel Brimob Poldasu, menggerebek gudang penimbunan Tandan Buah Sawit (TBS) di Nagori Baja Dolok dan Kecamatan ...
Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:04 WIB

Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap

Berakhir sudah aksi pelarian Dwi Suhatmoko (37). Setelah buron selama setengah tahun lebih, pria yang tinggal di Jalan Dwikora, Kelurahan ...
Curi Kotak Infaq, Penyabu Digiring ke Polsek
- Minggu, 18 Februari 2018 - 10:57 WIB

Curi Kotak Infaq, Penyabu Digiring ke Polsek

Seorang pencuri kotak infaq diamankan polisi usai kepergok warga dan pengurus mesjid saat beraksi di Masjid Ali Imran, Dusun 10, ...
Kepergok Curi Kreta, Feri Bengkak-bengkak Dihajar Massa
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 10:51 WIB

Kepergok Curi Kreta, Feri Bengkak-bengkak Dihajar Massa

Wajah Feri Efendi Pane (30), warga Jalan Mesjid, dekat Asrama Zipur, bengkak-bengkak dihajar massa usai kepergok mencuri kreta di Jalan ...
Cabuli Siswi SMA, Guru Honor Ditangkap dan Terancam Dipecat
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 10:38 WIB

Cabuli Siswi SMA, Guru Honor Ditangkap dan Terancam Dipecat

Syahrul Huda (29) warga Simpang Roda, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai ditangkap Sat Reksrim Polres Sergai atas kasus ...