Jumat, 15 Desember 2017 | 13.26 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>78 WN China dan Taiwan Diadili di Negara Masing-Masing

78 WN China dan Taiwan Diadili di Negara Masing-Masing

Senin, 19 Juni 2017 - 13:27 WIB

IMG-34757

WNA yang sempat diamankan akan segera dideportasi. (file/metro24jam.com)

KEMENKUMHAM, metro24jam.com – Masih ingat dengan 78 Warga Negara Asing (WNA) yang ditangkap petugas Poldasu di sebuah gudang, Jalan Besar Tanjungmorawa-Kualanamu tepatnya Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang Selasa (16/5) lalu.

Hingga kini, seluruh WNA belum juga dideportasi. Namun, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Sumatera Utara (Kantor Kemenkum HAM Sumut) memastikan 78 WNA asal China dan Taiwan itu akan disidangkan di negaranya masing-masing.

Keputusan itu diambil mengingat dugaan tindak pidana yang dilakukan yakni memeras pejabat di negaranya masing-masing dengan modus seolah-olah aparat penegak hukum. Selain itu, setelah bekerja sama dengan interpol mengingat para korban berada di dua negara tersebut.

“Ke 78 WNA yang diamankan akan disidangkan di negaranya masing-masing yakni Tiongkok dan Taiwan,” kata Humas Kanwil Kemenkum HAM Sumut, Josua Ginting kepada wartawan, Minggu (18/6) sore.

Namun, sebelum dipulangkan dan diadili di negaranya, Divisi Imigrasi masih melakukan pemeriksaan satu per satu para WNA izin tinggal selama berada di Tanah Air.

Josua menjelaskan, Divisi Imigrasi juga sudah berkoordinasi dengan duta besar dan konsultan kedua negara tersebut. Bila selesai diperiksa, Divisi Imigrasi segera mendeportasi 78 WNA.

“Selesai diperiksa izin tinggalnya selama ini di Indonesia, Imigrasi akan segera mendeportasikan seluruh WNA ke negaranya masing-masing,” jelasnya.

Soal biaya pemulangan ke-78 WNA tersebut, Josua mengatakan, kedutaan kedua negara akan memfasilitasinya. “Pekerjaan kita hanya memeriksa dokumen kelengkapan mereka selama tinggal di Indonesia,” katanya sembari mengatakan ke-78 WN tersebut saat ini diamankan di Ruang Detensi Imigrasi (Rudenim) Belawan.

Diketahui, petugas Poldasu bekerjasama dengan Mabes Polri dan Interpol melakukan penggrebekan sebuah gudang di Jalan Besar Tanjungmorawa-Kualanamu tepatnya Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (16/5) lalu. Dari lokasi, tercatat ada 78 WN asal Taiwan dan Tiongkok, baik laki-laki dan perempuan dalam gudang persembunyian itu.

Dari 78 orang yang diamankan, diantaranya 24 warga Taiwan, sementara 54 orang lagi dari Tiongkok. Dari antara mereka, 49 laki-laki dan sisanya 29 perempuan.

Seluruh WNA itu bersama barang bukti diamankan ke Mako Poldasu guna proses hukum dan proses penyidikan. Diduga para WNA melakukan penipuan melalui dunia maya dengan korbannya berasal dari negara mereka sendiri. (rez)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Sudah 4 Bulan Kasus Belum P21, Keluarga Korban  Cabul Berdemo  di Polres Sergai
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:53 WIB

Sudah 4 Bulan Kasus Belum P21, Keluarga Korban Cabul Berdemo di Polres Sergai

Butet. Sebut saja demikian korban cabul yang deritanya dilapor ke Polres Sergai, Agustus lalu. Siswi SMP itu mengaku berulang kali ...
Setor Duit Ratusan Juta, Ketipu !!, Massa Korban  Loker Pabrik  Tamora Ngamuk
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:52 WIB

Setor Duit Ratusan Juta, Ketipu !!, Massa Korban Loker Pabrik Tamora Ngamuk

Bermodus menawarkan kerja di PT Kimia Farma dan PT Sosro, puluhan warga yang berasal dari berbagai wilayah di Sumatera Selatan ...
Diklaim Nihil Temuan Pidana, Hasil OTT Bos  RSUD Kisaran  Digeser Polisi ke Inspektorat
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:48 WIB

Diklaim Nihil Temuan Pidana, Hasil OTT Bos RSUD Kisaran Digeser Polisi ke Inspektorat

Digelar November lalu, operasi tangkap tangan (OTT) personil Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) Polres Asahan terhadap Direktur Utama RSUD Kisaran, dr ...
Bandel, PKL Petisah Kembali Digeruduk !!  Ricuh Hadapi Aksi 200 Satpol PP
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:43 WIB

Bandel, PKL Petisah Kembali Digeruduk !! Ricuh Hadapi Aksi 200 Satpol PP

Sedikitnya, 200 personel Satuan Polisi Pamong Praja (PP) Kota Medan kemarin (14/12) kembali beraksi di titik-titik larangan berdagang di kawasan ...
Tragis !! Ica Tewas di Malam Jahanam, Polisi Gelar Rekon Pembunuhan Janda Muda Tembung
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:40 WIB

Tragis !! Ica Tewas di Malam Jahanam, Polisi Gelar Rekon Pembunuhan Janda Muda Tembung

Nyaris 2 bulan berlalu, reka ulang tragedi kematian Khairunnisa alias Ica (20) digelar di halaman Mapolsek Percut Seituan, Kamis (14/12/2017) ...
Habis Persiapan Acara Natalan, Duh! Anak SD  Tewas Ketabrak  Odong-odong
Metro 24 Jam - Jumat, 15 Desember 2017 - 00:21 WIB

Habis Persiapan Acara Natalan, Duh! Anak SD Tewas Ketabrak Odong-odong

Jerit tangis terdengar hingga keluar ruang instalasi jenazah RS Patar Asih di Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin, Deliserdang. Peristiwa itu ternyata ...