Senin, 26 Juni 2017 | 15.52 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>78 WN China dan Taiwan Diadili di Negara Masing-Masing

78 WN China dan Taiwan Diadili di Negara Masing-Masing

Senin, 19 Juni 2017 - 13:27 WIB

IMG-34757

WNA yang sempat diamankan akan segera dideportasi. (file/metro24jam.com)

KEMENKUMHAM, metro24jam.com – Masih ingat dengan 78 Warga Negara Asing (WNA) yang ditangkap petugas Poldasu di sebuah gudang, Jalan Besar Tanjungmorawa-Kualanamu tepatnya Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang Selasa (16/5) lalu.

Hingga kini, seluruh WNA belum juga dideportasi. Namun, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Sumatera Utara (Kantor Kemenkum HAM Sumut) memastikan 78 WNA asal China dan Taiwan itu akan disidangkan di negaranya masing-masing.

Keputusan itu diambil mengingat dugaan tindak pidana yang dilakukan yakni memeras pejabat di negaranya masing-masing dengan modus seolah-olah aparat penegak hukum. Selain itu, setelah bekerja sama dengan interpol mengingat para korban berada di dua negara tersebut.

“Ke 78 WNA yang diamankan akan disidangkan di negaranya masing-masing yakni Tiongkok dan Taiwan,” kata Humas Kanwil Kemenkum HAM Sumut, Josua Ginting kepada wartawan, Minggu (18/6) sore.

Namun, sebelum dipulangkan dan diadili di negaranya, Divisi Imigrasi masih melakukan pemeriksaan satu per satu para WNA izin tinggal selama berada di Tanah Air.

Josua menjelaskan, Divisi Imigrasi juga sudah berkoordinasi dengan duta besar dan konsultan kedua negara tersebut. Bila selesai diperiksa, Divisi Imigrasi segera mendeportasi 78 WNA.

“Selesai diperiksa izin tinggalnya selama ini di Indonesia, Imigrasi akan segera mendeportasikan seluruh WNA ke negaranya masing-masing,” jelasnya.

Soal biaya pemulangan ke-78 WNA tersebut, Josua mengatakan, kedutaan kedua negara akan memfasilitasinya. “Pekerjaan kita hanya memeriksa dokumen kelengkapan mereka selama tinggal di Indonesia,” katanya sembari mengatakan ke-78 WN tersebut saat ini diamankan di Ruang Detensi Imigrasi (Rudenim) Belawan.

Diketahui, petugas Poldasu bekerjasama dengan Mabes Polri dan Interpol melakukan penggrebekan sebuah gudang di Jalan Besar Tanjungmorawa-Kualanamu tepatnya Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (16/5) lalu. Dari lokasi, tercatat ada 78 WN asal Taiwan dan Tiongkok, baik laki-laki dan perempuan dalam gudang persembunyian itu.

Dari 78 orang yang diamankan, diantaranya 24 warga Taiwan, sementara 54 orang lagi dari Tiongkok. Dari antara mereka, 49 laki-laki dan sisanya 29 perempuan.

Seluruh WNA itu bersama barang bukti diamankan ke Mako Poldasu guna proses hukum dan proses penyidikan. Diduga para WNA melakukan penipuan melalui dunia maya dengan korbannya berasal dari negara mereka sendiri. (rez)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Malam Labaran, Mapoldasu Diserang Teroris, 1 Polisi Tewas
Metro 24 Jam - Senin, 26 Juni 2017 - 10:36 WIB

Malam Labaran, Mapoldasu Diserang Teroris, 1 Polisi Tewas

Dua terduga teroris pos penjagaan pintu 3 Markas Polda Sumut Minggu (25/6) sekira jam 03.00 wib. Peristiwa itu mengakibatkan seorang ...
Dorrrr! Spesialis Maling Sarang Walet Tersungkur Ditembak Polisi
Metro 24 Jam - Sabtu, 24 Juni 2017 - 12:27 WIB

Dorrrr! Spesialis Maling Sarang Walet Tersungkur Ditembak Polisi

Seorang maling spesialis sarang walet, Dayan Royan Sitorus (38), warga Jalan Ir H Juanda, Kelurahan Gambir Baru, Kecamatan Kota Kisaran ...
Mau Mudik, Sekeluarga Terpaksa Lebaran di Rumah Sakit
Metro 24 Jam - Sabtu, 24 Juni 2017 - 12:06 WIB

Mau Mudik, Sekeluarga Terpaksa Lebaran di Rumah Sakit

Satu keluarga yang diduga hendak mudik, terpaksa berlebaran di rumah sakit setelah mobil Suzuki Karimun yang ditumpangi mereka bertabrakan dengan ...
Medan Utara Harapkan Perhatian Pemko Medan
Metro 24 Jam - Sabtu, 24 Juni 2017 - 03:43 WIB

Medan Utara Harapkan Perhatian Pemko Medan

Sejumlah keluhat disampaikan warga Medan Utara kepada Mulia Asri Rambe, dalam pelaksanaan reses ke II di Medan Marelan, Rabu (21/6) ...
Pasangan Sejenis Punya Buku Nikah, Farel Menyukai Laki-laki dan Perempuan, Sudah Dua Kali Menikah
Metro 24 Jam - Sabtu, 24 Juni 2017 - 03:30 WIB

Pasangan Sejenis Punya Buku Nikah, Farel Menyukai Laki-laki dan Perempuan, Sudah Dua Kali Menikah

Masih ingat dengan kasus pernikahan sejenis antara Nengsih alias Farel (25) dengan Salmah (24) di Jalan Birpot, Lingkungan III, ...
DPD KNPI Sumut Berbuka Puasa dengan Anak Yatim
Metro 24 Jam - Jumat, 23 Juni 2017 - 12:40 WIB

DPD KNPI Sumut Berbuka Puasa dengan Anak Yatim

DPD KNPI Sumatera Utara berbuka puasa bersama anak yatim di panti asuhan AL Washliyah Pinang Baris Rabu (21/6). Acara diawali ...