Minggu, 18 Februari 2018 | 12.19 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>78 WN China dan Taiwan Diadili di Negara Masing-Masing

78 WN China dan Taiwan Diadili di Negara Masing-Masing

Senin, 19 Juni 2017 - 13:27 WIB

IMG-34757

WNA yang sempat diamankan akan segera dideportasi. (file/metro24jam.com)

KEMENKUMHAM, metro24jam.com – Masih ingat dengan 78 Warga Negara Asing (WNA) yang ditangkap petugas Poldasu di sebuah gudang, Jalan Besar Tanjungmorawa-Kualanamu tepatnya Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang Selasa (16/5) lalu.

Hingga kini, seluruh WNA belum juga dideportasi. Namun, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Sumatera Utara (Kantor Kemenkum HAM Sumut) memastikan 78 WNA asal China dan Taiwan itu akan disidangkan di negaranya masing-masing.

Keputusan itu diambil mengingat dugaan tindak pidana yang dilakukan yakni memeras pejabat di negaranya masing-masing dengan modus seolah-olah aparat penegak hukum. Selain itu, setelah bekerja sama dengan interpol mengingat para korban berada di dua negara tersebut.

“Ke 78 WNA yang diamankan akan disidangkan di negaranya masing-masing yakni Tiongkok dan Taiwan,” kata Humas Kanwil Kemenkum HAM Sumut, Josua Ginting kepada wartawan, Minggu (18/6) sore.

Namun, sebelum dipulangkan dan diadili di negaranya, Divisi Imigrasi masih melakukan pemeriksaan satu per satu para WNA izin tinggal selama berada di Tanah Air.

Josua menjelaskan, Divisi Imigrasi juga sudah berkoordinasi dengan duta besar dan konsultan kedua negara tersebut. Bila selesai diperiksa, Divisi Imigrasi segera mendeportasi 78 WNA.

“Selesai diperiksa izin tinggalnya selama ini di Indonesia, Imigrasi akan segera mendeportasikan seluruh WNA ke negaranya masing-masing,” jelasnya.

Soal biaya pemulangan ke-78 WNA tersebut, Josua mengatakan, kedutaan kedua negara akan memfasilitasinya. “Pekerjaan kita hanya memeriksa dokumen kelengkapan mereka selama tinggal di Indonesia,” katanya sembari mengatakan ke-78 WN tersebut saat ini diamankan di Ruang Detensi Imigrasi (Rudenim) Belawan.

Diketahui, petugas Poldasu bekerjasama dengan Mabes Polri dan Interpol melakukan penggrebekan sebuah gudang di Jalan Besar Tanjungmorawa-Kualanamu tepatnya Desa Telaga Sari, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (16/5) lalu. Dari lokasi, tercatat ada 78 WN asal Taiwan dan Tiongkok, baik laki-laki dan perempuan dalam gudang persembunyian itu.

Dari 78 orang yang diamankan, diantaranya 24 warga Taiwan, sementara 54 orang lagi dari Tiongkok. Dari antara mereka, 49 laki-laki dan sisanya 29 perempuan.

Seluruh WNA itu bersama barang bukti diamankan ke Mako Poldasu guna proses hukum dan proses penyidikan. Diduga para WNA melakukan penipuan melalui dunia maya dengan korbannya berasal dari negara mereka sendiri. (rez)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Perempuan Sergai Taklukkan Puncak Tertinggi Amerika Selatan
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:52 WIB

Perempuan Sergai Taklukkan Puncak Tertinggi Amerika Selatan

Seorang putri Indonesia asal Serdang Bedagai berhasil menaklukkan puncak Gunung Aconcagua di provinsi Mendoza, Argentina, yang memiliki ketinggian 6.962 meter ...
Poldasu Grebek Gudang Sawit Milik Oknum Dewan Simalungun, Puluhan Orang Diamankan
Siantar 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:20 WIB

Poldasu Grebek Gudang Sawit Milik Oknum Dewan Simalungun, Puluhan Orang Diamankan

Sepasukan personel Ditreskrimsus dibantu personel Brimob Poldasu, menggerebek gudang penimbunan Tandan Buah Sawit (TBS) di Nagori Baja Dolok dan Kecamatan ...
Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:04 WIB

Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap

Berakhir sudah aksi pelarian Dwi Suhatmoko (37). Setelah buron selama setengah tahun lebih, pria yang tinggal di Jalan Dwikora, Kelurahan ...
Curi Kotak Infaq, Penyabu Digiring ke Polsek
- Minggu, 18 Februari 2018 - 10:57 WIB

Curi Kotak Infaq, Penyabu Digiring ke Polsek

Seorang pencuri kotak infaq diamankan polisi usai kepergok warga dan pengurus mesjid saat beraksi di Masjid Ali Imran, Dusun 10, ...
Kepergok Curi Kreta, Feri Bengkak-bengkak Dihajar Massa
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 10:51 WIB

Kepergok Curi Kreta, Feri Bengkak-bengkak Dihajar Massa

Wajah Feri Efendi Pane (30), warga Jalan Mesjid, dekat Asrama Zipur, bengkak-bengkak dihajar massa usai kepergok mencuri kreta di Jalan ...
Cabuli Siswi SMA, Guru Honor Ditangkap dan Terancam Dipecat
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 10:38 WIB

Cabuli Siswi SMA, Guru Honor Ditangkap dan Terancam Dipecat

Syahrul Huda (29) warga Simpang Roda, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai ditangkap Sat Reksrim Polres Sergai atas kasus ...