Senin, 11 Desember 2017 | 20.23 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Alin Bantah Mienya Pakai Formalin

Alin Bantah Mienya Pakai Formalin

Senin, 19 Juni 2017 - 10:52 WIB

IMG-34726

Alin mengolah mie basah. (Ran/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Dituding menggunakan formalin dalam memperoduksi mie kuning basah di Jalan Pitola, Kelurahan Tomuan, Kecamatan Siantar Timur, Alin (54) sebagai pengelolanya dengan tegas membantah. Bahkan, pengusaha mie rumahan itu mengatakan pihak Dinas Kesehatan Siantar sering berkunjung tetapi tak pernah terbukti menggunakan bahan kimia berbahaya itu.

“Saya terkejut dibilang mie saya disebut mengandung formalin. Padahal, waktu hari Jumat tanggal 15 semalam ada orang dari dinas kesehatan datang langsung ke rumah saya dan menyaksikan pengelolaan mie buatan saya. Saat itu, kita tidak terbukti pakai formalin,” kata Alin (Alim, dalam pemberitaan sebelumnya–red), di lokasi usahanya kepada Siantar24Jam, Minggu (18/6) sekira jam 10.00 Wib.

Lebih lanjut dikatakan, beberapa hari sebelumnya lagi, dia juga didatangi pihak Dinas Kesehatan Siantar dan sebelumnya lagi ada yang mengaku datang dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tapi, hasilnya, mie olahannya tetap bebas dari bahan kimia seperti formalin maupun boraks.

“Kalau tidak salah, yang datang dari Dinas Kesehatan itu ada empat orang dan di antaranya marga Damanik, marga Pasaribu dan Boru Sitorus. Waktu itu mereka langsung menyaksikan pembuatan mie dan termasuk mengetes pakai alat. Nyatanya, mie saya dikatakan bebas formlin. Bahkan, waktu itu saya dianjurkan buat merek di depan rumah memperoduksi mie bebas formalin,” beber Alin didamping istrinya boru Sinaga.

Lebih lanjut dikatakan, dalam sehari dia bersama tiga orang tenaga kerja hanya memproduksi mie sekitar 120 Kg dan dijual kepada pedagang mie di sejumlah kelurahan kota Siantar. Sebagai tanda bebas formalin, kalau tidak habis mienya pasti basi dan dikembalikan kepadanya.

“Kalau mie saya tidak habis, penjual mie langganan saya pasti mengembalikannya lagi kepada saya dan saya pasti menggantinya. Kalau mengandung formalin, mie saya pasti tidak mudah basi,” kata Alin lagi.

Untuk mengolah mie basah tersebut, Alin mengaku menggunakan bahan-bahan alami. Itu dilakukan sesuai dengan permintaan dari pelanggan.

“Kalau mengandung formalin, pelanggan saya tidak mau. Karena itulah saya pastikan buatan saya bebas formalin dan saya selalu pakai pandan supaya daya tahannya agak lama dan baunya juga harum,” katanya sembari memperlihatkan surat bebas formalin dari Dinas Kesehatan tertanggal 15 Juni 2017.

Terkait dengan tudingan bahwa mie hasil olahannya disebut mengandung formalin, Alin sangat menyesalkannya. Bahkan, sebagai jaminan dia mengatakan siap dirazia sewaktu-waktu. “Mungkin ada yang sirik bahwa mie saya dibilang mengandung formalin,” katanya.

Pada kesempatan selanjutnya, Alin mengatakan bahwa pedagang mie yang membeli mienya adalah penjual mie bernama Erry di Jalan Siatas Barita yang masih di kelurahan Tomuan. Ketika Erry dikunjungi Siantar 24 Jam sekira jam 10.30 Wib, dia dengan tegas mengatakan bahwa mie yang tidak laku pasti dikembalikannya. “Kalau tidak laku, pasti basi dan saya mengembalikannya kepada bang Alin,” kata Erry di damping istrinya Lana. (ran)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tak Becus Kerja, DPRD Simalungun Diprotes Keras
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 19:17 WIB

Tak Becus Kerja, DPRD Simalungun Diprotes Keras

DPRD Simalungun mendapat protes keras dari Komite Nasional Pemuda Simalungun Indonesia (KNPSI), lantaran dinilai tak becus melakukan tugas dan fungsi ...
Mendadak Ngidam, Wanita ‘Jadi-jadian’ Ketahuan Simpan Sabu
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 14:09 WIB

Mendadak Ngidam, Wanita ‘Jadi-jadian’ Ketahuan Simpan Sabu

Ada-ada saja tingkah laku pecandu sabu satu ini. Demi mengelabui polisi, Efendi Sinaga alias Wulan (23), mendadak ngidam ketika bertemu ...
Gara-gara ‘Tukang Es’, Panjul dan Tompel Nyangkut di Polsek Perbaungan
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 13:20 WIB

Gara-gara ‘Tukang Es’, Panjul dan Tompel Nyangkut di Polsek Perbaungan

Julianto alias Panjul (24) warga Pasar 7, Gang Kuini, Desa Melati 2, Kecamatan Perbaungan, Sergai dan Andi Zulfikar alias Tompel ...
Perempuan Aceh Diciduk di Loket Bus Antar Provinsi, 1200 Ekstasi Gagal Berangkat ke Palembang
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 09:20 WIB

Perempuan Aceh Diciduk di Loket Bus Antar Provinsi, 1200 Ekstasi Gagal Berangkat ke Palembang

Sebanyak 1200 pil ekstasi gagal berangkat ke Palembang setelah kurirnya, Maulizar--seorang perempuan asal Aceh--diciduk personel Sat Narkoba Polres Tanjungbalai di ...
Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Beras Siantar Aman
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 08:55 WIB

Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Beras Siantar Aman

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 yang sudah semakin dekat, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Pematangsiantar memastikan persediaan ...
Hutan Sitahoan Dirambah Cukong Asal Siantar
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 08:48 WIB

Hutan Sitahoan Dirambah Cukong Asal Siantar

Ratusan hektar yang diduga sebagai kawasan hutan di Huta Sitahoan, Nagori Sipangan Bolon, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun ...