Sabtu, 18 November 2017 | 11.29 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Warga Sumut & Aceh Kirim Bantuan 225 Ton Beras ke Somalia

Warga Sumut & Aceh Kirim Bantuan 225 Ton Beras ke Somalia

Senin, 19 Juni 2017 - 15:36 WIB

IMG-34717

Gubsu Erry Nuradi didampingi Vice Presiden ACT Rini Mariani dan lainnya menekan tombol sirine tanda dilepaskan kapal kemanusian pengangkut 225 ton beras menuju Somalia. (ist/metro24jam.com)

BELAWAN, metro24jam.com – Bencana kekeringan yang parah mengakibatkan jutaan warga Somalia dilanda kelaparan. Kondisi ini menggerakkan hati masyarakat untuk bergabung dalam gerakan Kapal Kemanusiaan yang dilakukan lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Saat ini, Kapal Kemanusiaan jilid II yang mengangkut bantuan beras sebanyak 225 ton telah dilepas keberangkatannya ke Afrika secara langsung oleh Gubsu Tengku Erry Nuradi dari Belawan International Container Terminal (BICT), Minggu (18/6/2017).

“Ini merupakan kegiatan yang sangat mulia, kegiatan membantu saudara kita yang sangat membutuhkan. Kita ketahui kalau Afrika merupakan negara yang mengalami musibah kekeringan dan ribuan orang setiap harinya mengalami kelaparan,” ujar Erry.

Turut Hadir Vice President ACT, Rini Mariani, GM BICT PT Pelindo I, Aris Zulkarnain, Direksi PT Kawasan Industri Medan (KIM), Ilmi Abdullah juga Ketua MUI Sumut, M Hatta.

Erry mengatakan, bantuan yang diberikan warga Sumut melalui gerakan ini telah menunjukkan kepada dunia bahwa kita memiliki kepedulian terhadap kemanusian. “Afrika yang mengalami krisis pangan dan masyarakatnya kelaparan membuat perhatian bagi bangsa di dunia, dan kita bersyukur Sumut merupakan bagian dari itu. Makanya, hari ini kita melepas bantuan beras untuk saudara kita yagn mengalami musibah,” kata Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengapresiasi upaya yang telah dilakukan ACT, juga PT Pelindo I dan Samudera Indonesia yang telah mempersiapakan kapal berisi bantuan dari warga untuk diberangkatkan ke Afrika. “Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan hal ini dapat menjadi cambuk bagi kita agar lebih berempati terhadap sesama terutama masyarakat yang berada di sekeliling kita,” terang Erry.

Lebih lanjut dalam kesempatan itu, Erry juga mengimbau terutama di bulan Ramadan ini tentunya masih banyak saudara kita yang membutuhkan perhatian. Oleh karena itulah, diharakannya terutama bagi umat Islam agar dapat menyalurkan zakatnya. “Tentunya dengan zakat yang kita berikan, kita bisa berbagi dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan,” imbau Erry.

Vice President ACT, Rini Mariani mengatakan, bantuan yang dilepas Gubsu tersebut merupakan Kapal Kemanusiaan jilid II. Sebelumnya, Kapal Kemanusian jilid I yang berisi bantuan lebih dari seribu ton beras sudah berlayar dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Sabtu (29/4) dan tiba di Pelabuhan Mogadishu Somalia pada (5/6/2017) lalu.

Diungkapkan Rini, pasca pengiriman bantuan Kapal Kemanusiaan jilid I, provinsi Sumut dan Aceh dalam waktu dua bulan dapat mengumpulkan bantuan untuk masyarakat Afrika sebanyak 225 ton beras. “Ini merupakan dua provinsi terbaik dalam penggalangan bantuan untuk Afrika,” kata Rini.

Menurut dia, keberangkatan kapal kemanusiaan di area Sumatera ada sembilan container beras. Di mana beras dari gudang masyarakat Aceh sebanyak 6 kontainer dan beras dari gudang Sumatera Utara ada 3 kontainer beras.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk keberangkatan Kapal Kemanusiaan jilid II ini dibagi dalam tiga kelompok berlayar yang diberangkatkan secara serentak. Namun, pelayaran dalam jumlah yang paling besar yakni sebanyak 225 ton beras merupakan pelayaran yang dilepas di Pelabuhan Belawan, sementara dua pelayaran lainnya dilepas di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan pelabuhan Perak Surabaya.

“Kemanusiaan tidak pernah mengenal batas wilayah seperti bantuan yang kita kirim dari Indonesia untuk Afrika. Bantuan ini membuktikan kalau kita masih memiliki jiwa kemanusiaan yang luar biasa. Sebab bangsa yang besar bukanlah bangsa yang kaya raya, tapi bangsa yang siap membantu jika ada negara yang membutuhkan,” kata Rini.

GM BICT PT Pelindo I, Aris Zulkarnain mengatakan pihaknya sangat mendukung gerakan Kapal Kemanusiaan ini, bahkan diharapkannya gerakan ini bisa dilakukan secara berkesinambungan. “Kami dari BICT akan bersedia memfasilitasi pengiriman bantuan ini dan kami harapkan tahun depan bantuan ini bisa lebih besar lagi. Sebab kalau bukan kita yang peduli siapa lagi,” ujar Aris. (moe/zul)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Kasus Penculikan Mahasiswa USU,  Bos Ormas Narkoba Diburon !
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 08:36 WIB

Kasus Penculikan Mahasiswa USU, Bos Ormas Narkoba Diburon !

Lima lelaki yang 2 hari lalu ditangkap polisi dari sebuah kamar di Hotel Madani, Jalan SM Raja, Medan, akhirnya buka ...
Bahas RKA Dinas Kesehatan, Dua Anggota DPRD Deliserdang Nyaris Baku Hantam
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 08:21 WIB

Bahas RKA Dinas Kesehatan, Dua Anggota DPRD Deliserdang Nyaris Baku Hantam

Insiden memalukan terjadi saat akan dimulainya Rapat Pembahasan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Dinas Kesehatan Deliserdang. Ruang Rapat Komisi A DPRD ...
Dukung BOPDT, Penangkaran Aek Nauli Dihuni 4 Ekor Gajah
Siantar 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 07:47 WIB

Dukung BOPDT, Penangkaran Aek Nauli Dihuni 4 Ekor Gajah

Para pengunjung yang berlibur di kawasan Parapat Danau Toba tampaknya segera akan menikmati pemandangan dan hiburan baru di kawasan tersebut. ...
PTPN IV Biang Kerok Rusaknya Saluran Irigasi, 500 Ha Sawah Terancam Tertimbun Longsor
Siantar 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 07:03 WIB

PTPN IV Biang Kerok Rusaknya Saluran Irigasi, 500 Ha Sawah Terancam Tertimbun Longsor

PTPN IV dituding sebagai “biang kerok” kerusakan saluran irigasi (drainase) di Nagori Bah Jambi II, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, ...
Panwas Simalungun Harus Rangkul Media
Siantar 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 06:45 WIB

Panwas Simalungun Harus Rangkul Media

Panwas Simalungun menggelar diskusi melibatkan para Panwas Kecamatan, untuk pembekalan dan penguatan kerja pengawasan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. ...
Geger !!  Bunuh Diri , Setengah Nyali, Terjadi di Pusat Pasar Sidikalang
Metro 24 Jam - Sabtu, 18 November 2017 - 06:12 WIB

Geger !! Bunuh Diri , Setengah Nyali, Terjadi di Pusat Pasar Sidikalang

Sutrisno Hasugian. Pelajar kelas 12 di SMK Maranatha itu kemarin (17/11/2017) bikin aksi menggemparkan banyak orang di Pusat Pasar Sidikalang. ...