Sabtu, 24 Februari 2018 | 21.28 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Belajar Pengembangan Kawasan, Pasca Sarjana USI Studi ke KIM Medan

Belajar Pengembangan Kawasan, Pasca Sarjana USI Studi ke KIM Medan

Senin, 19 Juni 2017 - 10:34 WIB

IMG-34706

Direktur Pasca Sarjana USI bersama para mahasiswa dan perwakilan KIM Medan (Els/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Guna peningkatan pemahaman implementasi perencanaan, sebanyak 80 orang mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Simalungun (USI) melakukan studi lapangan ke kawasan industri Medan (KIM) pada 10 Juni 2017 kemarin.

Studi lapangan bertujuan untuk penguatan teori-teori perencanaan yang diberikan dalam kelas, sehingga mahasiswa USI mendapatkan perbandingan teori dan implentasi.

Direktur Pasca Sarjana USI, Robert Tua Siregar kepada Siantar 24 Jam, Sabtu (17/6) di ruangannya, mengatakan, studi lapangan berlangsung hanya satu hari. Mereka di KIM Medan diterima langsung Manajer Keuangan KIM Medan, Baringin Simanjuntak SE MSi.

Selain mahasiswa, rombongan juga diikuti Ketua Prodi, Sarintan Damanik dan sejumlah dosen, seperti Mustafa Ginting dan Dr Galumbang Hutagalung.

“Dalam studi banding tersebut, mahasiswa mengunjungi terminal truk di kawasan tersebut dan tempat pengelolaan limbah. Kita juga kasih saran agar KIM Medan mengelola transportasi internal dan kemudian kita usulkan mengelola pendidikan advokasi bagi karyawan yang berjumlah 50 ribu orang,” ucapnya.

Sambung Robert, para mahasiswa pasca sarjana yang ikut dalam studi lapangan atau studi banding, berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan seperti, dari BP3D, PDAM, anggota DPRD dari berbagai daerah.

Robert mengatakan dipilihnya KIM Medan, agar dapat menjadi contoh implementasi sebuah perencanaan kawasan yang sudah berhasil.

Dan bagi seluruh mahasiswa Pasca Sarjana USI hal itu penting mengingat saat ini peserta didik lebih didomninasi dari kalangan aparatur sipil negeri (ASN).

Disampaikannya, ASN yang menimbah ilmu di USI berasal dari Pemko Siantar, Tebing Tinggi, Sibolga, Sergei, Batubara, Asahan, Labura, Labuhan Batu, Labusel, Simalungun, Tobasa, Samosir, Dairi, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, dan Tapteng. “Studi lapangan di KIM Medan diharapkan bisa menambah pengetahuan dan dapat dijadikan sebagai contoh dalam pengembangan kawasan di daerahnya masing-masing nantinya,” tukas Robert. (Els)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Targe Tembus Pasar Internasional, Beras Organik Sergai Butuh Sertifikat LSO
BISNIS - Sabtu, 24 Februari 2018 - 21:25 WIB

Targe Tembus Pasar Internasional, Beras Organik Sergai Butuh Sertifikat LSO

Beras organik merk Sri Wangi produk Kelompok Tani Fajar di Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai yang berhasil menembus ...
Gelar Silahturahmi Alumni Al Azhar, GNPF MUI Sumut Deklarasi Dukung Eramas
Metro 24 Jam - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:35 WIB

Gelar Silahturahmi Alumni Al Azhar, GNPF MUI Sumut Deklarasi Dukung Eramas

Tokoh dan alumni Al Azhar Mesir menggelar silaturahmi di Medan, Jumat (23/2/2018). Silaturahmi bertema Menatap Indonesia Baru Bersama Tuan Guru ...
Pagar Merbau II Geger, Cewek ABG Ditikami 7 Liang
Metro 24 Jam - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:26 WIB

Pagar Merbau II Geger, Cewek ABG Ditikami 7 Liang

Warga Desa Pagar Merbau II, Kecamatan Pagar Merbau, digegerkan dengan temuan seorang gadis berusia sekira 16 tahun yang berlumuran darah ...
Sejak Dicabuli Gurunya, Bocah Ini Tak Sekolah dan Jadi Pemurung
Siantar 24 Jam - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:08 WIB

Sejak Dicabuli Gurunya, Bocah Ini Tak Sekolah dan Jadi Pemurung

Pasca mengalami pelecehan seksual secara berulang dari terduga pelaku, HP (50), oknum wali kelasnya, bocah perempuan, NS, (10) yang masih ...
Sihar Sitorus: Budayakan Literasi untuk Mendapatkan Kebenaraan Informasi
Metro 24 Jam - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:03 WIB

Sihar Sitorus: Budayakan Literasi untuk Mendapatkan Kebenaraan Informasi

Penyebaran informasi yang semakin masif dan canggih, membuat masyarakat dengan mudah mengaksesnya. Hal ini juga menjadi peluang bagi penyebar berita ...
Perumahan Alam Asri, Dibangun di Kawasan Hunian Sejuk
BISNIS - Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:59 WIB

Perumahan Alam Asri, Dibangun di Kawasan Hunian Sejuk

Hunian satu ini sangat pas untuk keluarga yang ingin memiliki tempat tinggal alami dan sejuk dengan udara segar pedesaan yang ...