Jumat, 27 April 2018 | 10.00 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Belajar Pengembangan Kawasan, Pasca Sarjana USI Studi ke KIM Medan

Belajar Pengembangan Kawasan, Pasca Sarjana USI Studi ke KIM Medan

Senin, 19 Juni 2017 - 10:34 WIB

IMG-34706

Direktur Pasca Sarjana USI bersama para mahasiswa dan perwakilan KIM Medan (Els/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Guna peningkatan pemahaman implementasi perencanaan, sebanyak 80 orang mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Simalungun (USI) melakukan studi lapangan ke kawasan industri Medan (KIM) pada 10 Juni 2017 kemarin.

Studi lapangan bertujuan untuk penguatan teori-teori perencanaan yang diberikan dalam kelas, sehingga mahasiswa USI mendapatkan perbandingan teori dan implentasi.

Direktur Pasca Sarjana USI, Robert Tua Siregar kepada Siantar 24 Jam, Sabtu (17/6) di ruangannya, mengatakan, studi lapangan berlangsung hanya satu hari. Mereka di KIM Medan diterima langsung Manajer Keuangan KIM Medan, Baringin Simanjuntak SE MSi.

Selain mahasiswa, rombongan juga diikuti Ketua Prodi, Sarintan Damanik dan sejumlah dosen, seperti Mustafa Ginting dan Dr Galumbang Hutagalung.

“Dalam studi banding tersebut, mahasiswa mengunjungi terminal truk di kawasan tersebut dan tempat pengelolaan limbah. Kita juga kasih saran agar KIM Medan mengelola transportasi internal dan kemudian kita usulkan mengelola pendidikan advokasi bagi karyawan yang berjumlah 50 ribu orang,” ucapnya.

Sambung Robert, para mahasiswa pasca sarjana yang ikut dalam studi lapangan atau studi banding, berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan seperti, dari BP3D, PDAM, anggota DPRD dari berbagai daerah.

Robert mengatakan dipilihnya KIM Medan, agar dapat menjadi contoh implementasi sebuah perencanaan kawasan yang sudah berhasil.

Dan bagi seluruh mahasiswa Pasca Sarjana USI hal itu penting mengingat saat ini peserta didik lebih didomninasi dari kalangan aparatur sipil negeri (ASN).

Disampaikannya, ASN yang menimbah ilmu di USI berasal dari Pemko Siantar, Tebing Tinggi, Sibolga, Sergei, Batubara, Asahan, Labura, Labuhan Batu, Labusel, Simalungun, Tobasa, Samosir, Dairi, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, dan Tapteng. “Studi lapangan di KIM Medan diharapkan bisa menambah pengetahuan dan dapat dijadikan sebagai contoh dalam pengembangan kawasan di daerahnya masing-masing nantinya,” tukas Robert. (Els)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Baru Beli Sabu Ditangkap Polisi, Bandarnya Terciduk di Dalam Rumah
Metro 24 Jam - Jumat, 27 April 2018 - 06:44 WIB

Baru Beli Sabu Ditangkap Polisi, Bandarnya Terciduk di Dalam Rumah

Personel Polsek Tanjungbalai Selatan meringkus seorang pembeli sabu berikut bandarnya bernama Fauzi (46), warga Jalan Anwar Idris, Lingkungan IV, Kelurahan ...
Resmikan Posko Patriot, Sihar Disambut Barongsai dan Reog
Metro 24 Jam - Jumat, 27 April 2018 - 05:49 WIB

Resmikan Posko Patriot, Sihar Disambut Barongsai dan Reog

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus disambut barongsai dan reog diarak untuk menyapa warga Desa Helvetia Kecamatan Labuhan ...
Ali Ngabalin: Kalau Sumut tak Bisa Pilkada Damai, Biar Kami Orang Papua yang Jaga
Metro 24 Jam - Jumat, 27 April 2018 - 00:00 WIB

Ali Ngabalin: Kalau Sumut tak Bisa Pilkada Damai, Biar Kami Orang Papua yang Jaga

Ketua Badan Koordinator Mubaligh Indonesia, Dr H Ali Muchtar Ngabalin MA, menyebut Sumatera Utara (Sumut) adalah barometer Indonesia. Maka, mengantisipasi ...
Pulas Tertidur, HP Disikat Maling, Rekaman CCTV pun Hilang, Ali Toho Lapor Polisi
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 23:33 WIB

Pulas Tertidur, HP Disikat Maling, Rekaman CCTV pun Hilang, Ali Toho Lapor Polisi

Tiga unit HP milik Ali Toho (56), yang sedang di-charger di warung Jalan Pahlawan,Gang Roso, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Delitua ...
Ketangkap CCTV Curi Besi, Bulu Terciduk Rekannya Buron
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 22:59 WIB

Ketangkap CCTV Curi Besi, Bulu Terciduk Rekannya Buron

'Gelap' tak punya uang, Budianto alias Bulu nekat mencuri besi di bengkel las PT Cahaya Casindo Cemerlang. Sial bagi Bulu, ...
Divonis 5 Tahun 6 Bulan, Bayar UP Rp5 M Lebih, OK Arya: “Pusing Kepala Ku!”
Metro 24 Jam - Kamis, 26 April 2018 - 22:45 WIB

Divonis 5 Tahun 6 Bulan, Bayar UP Rp5 M Lebih, OK Arya: “Pusing Kepala Ku!”

Bupati Batubara non aktif, OK Arya Zulkarnaen, mengaku pusing setelah dijatuhi vonis 5 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp200 ...