Senin, 11 Desember 2017 | 20.23 WIB
Metro24Jam>News>Siantar 24 Jam>Belajar Pengembangan Kawasan, Pasca Sarjana USI Studi ke KIM Medan

Belajar Pengembangan Kawasan, Pasca Sarjana USI Studi ke KIM Medan

Senin, 19 Juni 2017 - 10:34 WIB

IMG-34706

Direktur Pasca Sarjana USI bersama para mahasiswa dan perwakilan KIM Medan (Els/metro24jam.com)

SIANTAR, metro24jam.com – Guna peningkatan pemahaman implementasi perencanaan, sebanyak 80 orang mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Simalungun (USI) melakukan studi lapangan ke kawasan industri Medan (KIM) pada 10 Juni 2017 kemarin.

Studi lapangan bertujuan untuk penguatan teori-teori perencanaan yang diberikan dalam kelas, sehingga mahasiswa USI mendapatkan perbandingan teori dan implentasi.

Direktur Pasca Sarjana USI, Robert Tua Siregar kepada Siantar 24 Jam, Sabtu (17/6) di ruangannya, mengatakan, studi lapangan berlangsung hanya satu hari. Mereka di KIM Medan diterima langsung Manajer Keuangan KIM Medan, Baringin Simanjuntak SE MSi.

Selain mahasiswa, rombongan juga diikuti Ketua Prodi, Sarintan Damanik dan sejumlah dosen, seperti Mustafa Ginting dan Dr Galumbang Hutagalung.

“Dalam studi banding tersebut, mahasiswa mengunjungi terminal truk di kawasan tersebut dan tempat pengelolaan limbah. Kita juga kasih saran agar KIM Medan mengelola transportasi internal dan kemudian kita usulkan mengelola pendidikan advokasi bagi karyawan yang berjumlah 50 ribu orang,” ucapnya.

Sambung Robert, para mahasiswa pasca sarjana yang ikut dalam studi lapangan atau studi banding, berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan seperti, dari BP3D, PDAM, anggota DPRD dari berbagai daerah.

Robert mengatakan dipilihnya KIM Medan, agar dapat menjadi contoh implementasi sebuah perencanaan kawasan yang sudah berhasil.

Dan bagi seluruh mahasiswa Pasca Sarjana USI hal itu penting mengingat saat ini peserta didik lebih didomninasi dari kalangan aparatur sipil negeri (ASN).

Disampaikannya, ASN yang menimbah ilmu di USI berasal dari Pemko Siantar, Tebing Tinggi, Sibolga, Sergei, Batubara, Asahan, Labura, Labuhan Batu, Labusel, Simalungun, Tobasa, Samosir, Dairi, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, dan Tapteng. “Studi lapangan di KIM Medan diharapkan bisa menambah pengetahuan dan dapat dijadikan sebagai contoh dalam pengembangan kawasan di daerahnya masing-masing nantinya,” tukas Robert. (Els)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Tak Becus Kerja, DPRD Simalungun Diprotes Keras
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 19:17 WIB

Tak Becus Kerja, DPRD Simalungun Diprotes Keras

DPRD Simalungun mendapat protes keras dari Komite Nasional Pemuda Simalungun Indonesia (KNPSI), lantaran dinilai tak becus melakukan tugas dan fungsi ...
Mendadak Ngidam, Wanita ‘Jadi-jadian’ Ketahuan Simpan Sabu
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 14:09 WIB

Mendadak Ngidam, Wanita ‘Jadi-jadian’ Ketahuan Simpan Sabu

Ada-ada saja tingkah laku pecandu sabu satu ini. Demi mengelabui polisi, Efendi Sinaga alias Wulan (23), mendadak ngidam ketika bertemu ...
Gara-gara ‘Tukang Es’, Panjul dan Tompel Nyangkut di Polsek Perbaungan
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 13:20 WIB

Gara-gara ‘Tukang Es’, Panjul dan Tompel Nyangkut di Polsek Perbaungan

Julianto alias Panjul (24) warga Pasar 7, Gang Kuini, Desa Melati 2, Kecamatan Perbaungan, Sergai dan Andi Zulfikar alias Tompel ...
Perempuan Aceh Diciduk di Loket Bus Antar Provinsi, 1200 Ekstasi Gagal Berangkat ke Palembang
Metro 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 09:20 WIB

Perempuan Aceh Diciduk di Loket Bus Antar Provinsi, 1200 Ekstasi Gagal Berangkat ke Palembang

Sebanyak 1200 pil ekstasi gagal berangkat ke Palembang setelah kurirnya, Maulizar--seorang perempuan asal Aceh--diciduk personel Sat Narkoba Polres Tanjungbalai di ...
Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Beras Siantar Aman
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 08:55 WIB

Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Beras Siantar Aman

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 yang sudah semakin dekat, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Pematangsiantar memastikan persediaan ...
Hutan Sitahoan Dirambah Cukong Asal Siantar
Siantar 24 Jam - Senin, 11 Desember 2017 - 08:48 WIB

Hutan Sitahoan Dirambah Cukong Asal Siantar

Ratusan hektar yang diduga sebagai kawasan hutan di Huta Sitahoan, Nagori Sipangan Bolon, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Kabupaten Simalungun ...