Minggu, 18 Februari 2018 | 12.19 WIB
Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>Tebingtinggi Belum Siap Sekolah 5 Hari

Tebingtinggi Belum Siap Sekolah 5 Hari

Senin, 19 Juni 2017 - 13:23 WIB

IMG-34699

Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan dalam acara buka puasa bersama PHBI Dinas Pendidikan. (ist/metro24jam.com)

TEBING TINGGI, metro24jam.com – Pemerintah Kota Tebingtinggi mengaku belum siap memberlakukan Peraturan Menteri Pendidikan No.23 Tahun 2017 tentang sekolah 5 hari dalam seminggu dan belajar 8 jam satu hari yang dimulai pukul 08.00-15.00 Wib.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan dalam acara buka puasa bersama yang dilaksanakan PHBI Dinas Pendidikan, Jumat(16/6/2017) di halaman Kantor Dinas Pendidikan yang dihadiri Kepala Sekolah dan Sekdako Johan Samose Harahap.

Ditegaskan wali kota, Tebingtinggi belum siap untuk itu, karena biaya makan siang anak-anak tersebut cukup besar, dan fisiknya juga belum kuat. “Siswa SMP masih dalam tahap peralihan, dalam hal ini masih bisa kita pertimbangkan,” jelasnya.

Kota Tebingtinggi untuk sementara masih keberatan, dan akan mengajukan kepada pemerintah pusat, dan itu sikap kita. Karenanya jangan artikan membantah, kita hanya mengingatkan yang mungkin terlupakan ada hal yang dipertimbangkan atau dipikirkan kembali,” ujarnya.

Pada bagian lain, wali kota menyampaikan betapa pentingnya pendidikan agama dalam dunia pendidikan, sekolah SD selama 6 tahun, dan seorang yang tamatan SD jika memperoleh pekerjaan akan menjadi pembantu di sekolah tersebut.

Sekolah Al Quran selama 6 tahun akan menjadi Tahfid, dan tidak pernah ada seorang Hafiz Al Quran menjadi pembantu, setidaknya seorang Tahfidz ditempatkan ditempat yang mulia.

“Karena itu kita tidak boleh melupakan bagaimana agama ditanamkan kepada anak-anak. Manusia bukan robot, manusia adalah makhluk sosial yang perlu di dalam dirinya unsur yang mengajarkan kebaikan dan mengingatkannya pada kematian,” ujarnya.

Disampaikannya pula dalam merayakan Idul Fitri yang sebentar lagi tiba, tidak perlu pusing-pusing dengan kesibukan beli ini, beli itu. Karena dalam bulan Ramadan sudah mengajarkan kita belanja untuk akhirat.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Tebingtinggi, H Pardamean Siregar menyampaikan, kegiatan buka puasa bersama ini merupakan agenda dari PHBI Dinas Pendidikan yang diselenggaran setiap tahunnya. “Kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan silaturahmi dan ukuah islamiyah di lingkungan Dinas Pendidikan,” katanya.

Acara buka puasa ini diisi dengan tausyiah yang disampaikan Ustadz Sihabuddin yang menyampaikan ada sifat manusia yang bisa membinasakan seseorang, yakni penyakit suhhul muntho (kikir), yang oleh Nabi Muhammad SAW untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan cara suka memberi sedekah.

Pada buka puasa ini diserahkan bantuan tali asih kepada 40 orang yatim piatu, penggali kubur, bilal mayit yang berasal dari daerah sekitar Kantor Dinas Pendidikan Tebingtinggi, Jalan Kolonel Laut Yos Sudarso. (*/go)


Loading...
KOMENTAR ANDA
Berita Terkini Lainnya
Perempuan Sergai Taklukkan Puncak Tertinggi Amerika Selatan
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:52 WIB

Perempuan Sergai Taklukkan Puncak Tertinggi Amerika Selatan

Seorang putri Indonesia asal Serdang Bedagai berhasil menaklukkan puncak Gunung Aconcagua di provinsi Mendoza, Argentina, yang memiliki ketinggian 6.962 meter ...
Poldasu Grebek Gudang Sawit Milik Oknum Dewan Simalungun, Puluhan Orang Diamankan
Siantar 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:20 WIB

Poldasu Grebek Gudang Sawit Milik Oknum Dewan Simalungun, Puluhan Orang Diamankan

Sepasukan personel Ditreskrimsus dibantu personel Brimob Poldasu, menggerebek gudang penimbunan Tandan Buah Sawit (TBS) di Nagori Baja Dolok dan Kecamatan ...
Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 11:04 WIB

Setengah Tahun Buron, Residivis Kasus Pencurian Ditangkap

Berakhir sudah aksi pelarian Dwi Suhatmoko (37). Setelah buron selama setengah tahun lebih, pria yang tinggal di Jalan Dwikora, Kelurahan ...
Curi Kotak Infaq, Penyabu Digiring ke Polsek
- Minggu, 18 Februari 2018 - 10:57 WIB

Curi Kotak Infaq, Penyabu Digiring ke Polsek

Seorang pencuri kotak infaq diamankan polisi usai kepergok warga dan pengurus mesjid saat beraksi di Masjid Ali Imran, Dusun 10, ...
Kepergok Curi Kreta, Feri Bengkak-bengkak Dihajar Massa
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 10:51 WIB

Kepergok Curi Kreta, Feri Bengkak-bengkak Dihajar Massa

Wajah Feri Efendi Pane (30), warga Jalan Mesjid, dekat Asrama Zipur, bengkak-bengkak dihajar massa usai kepergok mencuri kreta di Jalan ...
Cabuli Siswi SMA, Guru Honor Ditangkap dan Terancam Dipecat
Metro 24 Jam - Minggu, 18 Februari 2018 - 10:38 WIB

Cabuli Siswi SMA, Guru Honor Ditangkap dan Terancam Dipecat

Syahrul Huda (29) warga Simpang Roda, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai ditangkap Sat Reksrim Polres Sergai atas kasus ...